Beranda > Gaya Hidup > Sebelum Berkendara ke Luar Kota, Periksa Mobil dengan Cara-cara Ini

Sebelum Berkendara ke Luar Kota, Periksa Mobil dengan Cara-cara Ini

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
Sebelum Berkendara ke Luar Kota, Periksa Mobil dengan Cara-cara Iniwatermark

TUNAIKU.COM – Salah satu persiapan yang enggak boleh kamu lewatkan saat pergi ke luar kota adalah persiapan untuk keselamatan, apalagi kalau kamu yang memegang setir kendaraan. Berkendara ke mana saja perlu mempertimbangkan keselamatan, terlebih lagi kalau kamu hendak berkendara ke luar kota. Mengendarai mobil dengan jarak cukup jauh memberikan risiko keselamatan yang lebih besar dibandingkan jarak dekat.


Kamu harus melakukan persiapan ekstra. Sebab, keselamatan bukan suatu kebetulan. Coba periksa mobil kamu sebelum berangkat dengan cara-cara berikut!

Artikel terkait: Referensi mobil-mobil keren dan bergaya!

  1. 5 Mobil Jadul yang Cocok bagi Penyuka Gaya Klasik
  2. 5 Mobil Bekas City Car yang Bisa Kamu Dapatkan di Bawah Rp100 Juta
  3. Ini 7 Mobil Mewah Koleksi Seleb Indonesia, Harganya Wow!

 

1. Cek cairan dalam mesin mobil

Jangan lupa untuk memeriksa cairan dalam mesin mobil dan ganti oli. Kemudian, periksa juga coolant radiator, minyak rem, dan pembersih kaca mobil. Dengan melakukan pemeriksaan cairan ini, kamu bisa meminimalisir potensi mobil mogok di tengah jalan.

2. Periksa kondisi ban

Periksa keempat mobil ban kamu dan pastikan semuanya dalam kondisi baik. Kamu bisa memulainya dengan memeriksa besar tekanan udara di setiap ban. Selain itu, sebaiknya kamu juga melihat tapak mobil dan pastikan enggak ada dinding ban yang bocor.

3. Periksa kebersihan mobil

Kebersihan mempengaruhi kenyamananmu selama berkendara. Cuci mobilmu sebelum pergi dan pastikan jendela mobil bersih supaya enggak mengganggu penglihatanmu. Berikutnya, cek penyaring udara mobil. Persediaan udara yang segar dapat membuat performa mobil semakin nyaman dan efisien.

CTABARU1

Mobile Site CTA

4. Cek jadwal ganti oli

Pada umumnya, ganti oli mobil dianjurkan setiap 10.000 km atau dalam jangka waktu enam bulan. Perjalanan yang jauh akan mendorong mobil bekerja lebih keras, maka dari itu lakukan ganti oli mobil sesuai anjuran.

5. Cek lampu dan sinyal

Pastikan lampu dan sinyal berfungsi dengan baik. Kali ini kamu butuh seseorang untuk memeriksa bagian ini. Kamu cukup duduk di kursi setir dan nyalakan setiap sinyal. Kemudian minta bantuan orang tersebut untuk memeriksa semua lampu. Jika ada yang enggak berfungsi, segeralah membawa mobil ke bengkel.

6. Periksa baterai

Cek baut kutub aki, lalu bersihkan kotoran atau kerak yang menempel pada aki tersebut. Periksa juga level air aki. Kalau ternyata kurang, kamu tinggal tambahkan dengan air murni. Tetapi ingat, jangan tambahkan air aki yang mengandung air zur (H2SO4) agar kualitas aki mobil tetap terjaga.

7. Kunjungi bengkel terpercaya

Supaya keamanan lebih terjamin, jangan ragu untuk membawa mobil ke bengkel yang sudah terpercaya. Di sana kamu akan bertemu teknisi mobil yang sudah profesional. Apalagi buat kamu yang masih cukup awam tentang mobil, serahkan seluruh pemeriksaan mobil keada yang lebih ahli.



Sudah siap berkendara jarak jauh? Pastikan hal-hal di atas sudah kamu lakukan sebelum meluncur ya!

 

Artikel terkait: Sehat jasmani dan rohani dengan hobi berikut!

  1. Hobi Berikut Ini Nggak Hanya Menyenangkan, Tapi Juga menyehatkan!
  2. Alasan Mengapa Hobi Berolahraga Bisa Membuat Hidup lebih Bahagia
  3. Hobi Memelihara Hewan Eksotis yang Bisa Membuat Hati Senang

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett