Beranda > Gaya Hidup > Saat Liburan, Lebih Baik Pakai Uang Tunai atau Tidak? Perhatikan 10 Hal Ini

Saat Liburan, Lebih Baik Pakai Uang Tunai atau Tidak? Perhatikan 10 Hal Ini

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Saat Liburan, Lebih Baik Pakai Uang Tunai atau Tidak? Perhatikan 10 Hal Iniwatermark

TUNAIKU.COM – Teman-teman saya yang hobi traveling suka berdebat, terutama mengenai metode pembayaran yang paling cocok saat liburan. Ada yang bilang liburan itu lebih baik cashless karena cenderung lebih aman. Sementara itu, ada juga yang bersikukuh bahwa menggunakan uang tunai jauh lebih praktis dan efektif untuk mengontrol pengeluaran.

 

Masing-masing metode punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk tahu mana metode yang paling cocok buat kamu, yuk pertimbangkan beberapa hal ini!

 

1. Mengurangi risiko kehilangan

Membawa uang tunai pasti ada risikonya. Apa lagi kalau uang yang kamu bawa berjumlah besar. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, bawa saja uang tunai secukupnya. Kalau kurang, toh kamu bisa selalu menarik uang dari ATM menggunakan kartu debit.

 

2. Ada potensi kejahatan

Di mana pun kamu berada, potensi kejahatan selalu ada. Inilah kenapa kamu harus cerdik dalam mengatur uang tunai yang dibawa selama liburan. Jangan membawa uang tunai terlalu banyak kalau ingin menghindari risiko menjadi korban kejahatan, ya.

 

Artikel Terkait: Baca juga artikel tentang liburan berikut!

  1. 7 Benda Wajib Dibawa Saat Liburan Daripada Beli Mahal di Tempat Tujuan
  2. Liburan ke Thailand dengan Bujet Minim Tahun Depan? Simak Tips dari 3 Orang Ini!
  3. Ini Dia Caranya Bisa Nginap Gratis Selama Traveling

 

3. Menyimpan uang di berbagai tempat

Saat liburan, sebaiknya simpan uangmu di beberapa tempat yang berbeda. Misalnya, sebagian uang bisa kamu simpan di tas pinggang. Sementara itu, sisanya bisa kamu simpan di lipatan kaus kaki, kantong celana, atau kantong kecil di ranselmu. Dengan begitu, kalau uang di satu tempat hilang, kamu masih punya cadangan di tempat lainny

 

4. Simpan semua kartu di tempat yang aman

Nggak ada orang yang kepingin mengalami kejadian buruk saat liburan. Salah satu cara menghindarinya adalah dengan menyimpan semua kartu penting, seperti kartu debit atau kredit, di tempat aman yang sulit dijangkau orang asing.

 

5. Lakukan riset kecil-kecilan

Sebelum berangkat, sebaiknya kenali dulu kondisi tempat yang akan kamu kunjungi. Apakah ATM mudah ditemukan di sana? Kalau iya, tandanya kamu bisa membawa uang secukupnya. Jika diperlukan, kamu tinggal menarik uang dari ATM, deh.

 

6. Sesuaikan kebutuhan dengan tipe pengeluaran

Saat berlibur ke luar negeri, banyak hotel mewajibkan kamu menyerahkan deposito. Saran saya, lebih baik gunakan kartu kredit untuk keperluan tersebut. Nantinya, hotel akan mengembalikan depositomu setelah kamu check out. Kamu juga bisa menggunakan kartu kredit untuk makan di restoran atau berbelanja di mal. Sementara itu, uang tunai cukup kamu gunakan untuk beli oleh-oleh di pasar tradisional atau makan di warung kaki lima.

 

Artikel Terkait: Hubungan keuangan dengan liburan

  1. Pinjam Uang Cepat untuk Tambah Bujet Liburan di Tengah Tahun
  2. Pinjaman Tunaiku Bisa Wujudkan Liburanmu ke Jepang!
  3. Benarkah Masalah Finansial Jadi Penyebab Rencana Liburan Jadi Hanya Sekadar ‘Wacana’

 

7. Risiko dibajak

Saat menggesek kartu debit atau kredit, ada risiko data kamu akan dicuri, terutama karena dua jenis kartu tersebut memang rentan disalahgunakan. Sebaliknya, kamu pasti akan terhindar dari risiko tersebut kalau melakukan transaksi tunai.

 

8. Biaya transaksi

Terkadang, ATM bank penerbit kartumu nggak tersedia di tempat liburanmu. Kalau situasinya begitu, mau nggak mau kamu harus menarik tunai di ATM lain. Nah, transaksi ini biasanya dikenakan biaya tambahan. Besar atau kecilnya tergantung kebijakan bank, tapi umumnya jumlahnya cukup besar kalau kamu menarik tunai menggunakan kartu kredit.

 

9. Efektivitas

Menggunakan uang tunai adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk menekan pengeluaran saat liburan. Agar semakin efektif, cobalah menyimpan bujet untuk transportasi, makan, hiburan, dan bujet lainnya di beberapa amplop yang berbeda. Percaya deh, pengeluaranmu pasti akan lebih terkontrol setelahnya, terutama karena kamu nggak akan tergoda untuk membuat pengeluaran di luar bujet.

 

10. Jumlah minimum pembayaran

Jika menggunakan kartu kredit atau debit, biasanya ada batas nominal yang harus kamu bayarkan. Inilah kenapa menggunakan uang tunai lebih praktis. Kamu jadi nggak perlu membeli barang lain hanya untuk memenuhi batas nominal tersebut.

 

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih metode pembayaran selama berlibur. Apa pun metode yang dipilih, pastikan kamu selalu bertransaksi dengan aman, ya!

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.
Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett