SWARA – Bulan Maret ini sebenarnya masih memasuki musim penghujan. Namun, nggak bisa dimungkiri kalau kadang kala cuaca panas yang ekstrem tetap ada. Hal ini sesuai dengan yang diprediksi oleh BMKG bahwa musim kemarau akan datang lebih cepat. 

 

 

Bicara soal musim kemarau, pasti kamu nggak akan asing dengan yang namanya cuaca panas. Saking panasnya, rumah pun jadi gerah. Kamu perlu melakukan sesuatu agar rumahmu tetap sejuk. 

 

1. Membuat taman

Tentunya kamu sudah tahu kalau tanaman yang kamu tanam di taman akan mengeluarkan O2 melalui proses respirasi. O2 inilah yang akan membuat rumahmu sejuk. Nah, semakin banyak O2 yang dilepaskan tentu saja semakin sejuk rumahmu. Jadi ada baiknya kamu memenuhi halamanmu dengan tanaman.

 

2. Letakkan tanaman di teras atau balkon

Ada baiknya juga kamu meletakkan beberapa tanaman di balkon, teras, dan depan jendela. Keberadaan tanaman ini tentu saja bisa membuat rumahmu menjadi sejuk.

 

Artikel Terkait: Tanaman yang Bisa Kamu Tanam

  1. 10 Jenis Tanaman Hias yang Bisa Kamu Jadikan Sebagai Pemanis di Lingkungan Rumah!
  2. Percantik Rumah dengan Menanam 5 Tanaman Merambat ini
  3. 6 Jenis Tanaman Hias yang Tengah Tren dan Mempercantik Rumah

 

3. Menjaga sirkulasi udara

Rumah akan semakin panas dan pengap bila nggak memiliki sirkulasi udara baik. Jadi ya kamu harus menjaga agar sirkulasi udara dalam rumah selalu lancar. Caranya adalah dengan memasang ventilasi dan membangun atap yang lebih tinggi.

 

4. Ventilasi silang

Ada baiknya juga kamu memasang ventilasi silang. Ventilasi silang ini maksudnya meletakkan pintu berhadapan dengan jendela pada dinding yang berlawanan arah.

 

5. Memasang tirai bambu

Sebenarnya biar nggak panas kamu bisa memasang tirai bambu di jendela. Tirai jenis bambu ini akan membuat 80% sinar matahari nggak masuk ke rumah. Namun, rumahmu juga akan tetap sejuk karena dari celah tirai bambu angin yang semilir bisa masuk.

 

6. Pasang kaca film

Nggak bisa dimungkiri kalau memasang tirai membuatmu nggak bisa memandangi pemandangan luar. Wah, tentu saja rugi ya kalau kamu memiliki taman yang sejuk nan indah di luar sana. Untuk itu, memasang kaca film menjadi solusi buat kamu. Kaca film ini memungkinkan mengurangi intensitas cahaya masuk ke dalam rumah.

 

7. Buka pintu dalam rumah

Pastinya dalam rumahmu ada beberapa ruangan. Beberapa ruangan itu ada yang memiliki pintu dan ada juga yang nggak. Nah, khusus untuk ruangan yang berpintu, ada baiknya kamu membukanya. Ruangan yang tertutup akan membuat udara di dalamnya terjebak sehingga hawa semakin panas.

 

8. Cat atap dengan warna putih

Tahukah kamu kalau warna putih mampu memantulkan sinar matahari sehingga mencegah pemanasan global? Oleh karenanya, kamu bisa mengecat atap rumahmu dengan warna putih.

 

Artikel Terkait: Cat yang Bisa Kamu Pilih

  1. Inspirasi Warna Cat Rumah yang Bikin Hunian Makin Nyaman
  2. Yuk Cari Tahu Warna Cat Rumah yang Tepat, Sesuai Zodiak
  3. Tipe-tipe Cat Rumah dan Tips Aplikasinya

 

9. Memasang bahan tekstil warna terang

Yap, warna putih atau terang mampu memantulkan cahaya. Nah, saat musim panas nanti ada baiknya kamu mengganti klambu, tirai, karpet, dan lainnya dengan warna putih biar rumah tetap sejuk.  

 

10. Minimalkan penggunaan elektronik

Sadarkah kamu kalau beberapa alat elektronik itu akan mengeluarkan panas saat digunakan? Hawa panas ini pun akan bertahan dalam rumah dan tentu saja mengurangi kesejukan dalam rumah. Untuk itu, akan lebih baik dan bijaksana bila kamu mempergunakannya saat dibutuhkan saja.

 

Itu dia beberapa tips buat mempertahankan kesejukan rumahmu. Yuk, sambut musim kemarau dengan persiapan maksimal.