SWARA – Di tahun 2020, tren menghias rumah dengan tanaman semakin berkembang. Hal ini dipengaruhi juga oleh situasi pandemi yang mengharuskan orang untuk tetap menjaga diri di rumah, sehingga merasa perlu untuk mendekorasi rumah agar tetap nyaman seharian.

 

Sebenarnya, ada banyak bahan-bahan dekorasi yang bisa digunakan untuk mempercantik rumah. Hanya saja, tanaman hias secara khusus menjadi objek dekorasi yang cukup diminati, karena bisa menambah kesan segar dan natural di dalam rumah. 

 

Kalau kamu juga tertarik untuk menghias rumah dengan tanaman, berikut ini rekomendasi tanaman hias yang hits di tahun 2020: 

 

  • Hoya

 

 

Ingin Menghias Rumah? Ini Tanaman Hias yang Hits di 2020

 

Mungkin tidak banyak orang yang mengenal tanaman ini. Tapi, di kalangan pecinta tanaman, tanaman Hoya cukup populer, terutama karena bentuknya yang unik.

 

Hoya merupakan jenis tanaman merambat yang bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 3 meter. Bunga dari tanaman Hoya memiliki bentuk yang menyerupai bintang. Daun-daunnya pun sangat berkilau dan tampak seperti dilapisi oleh lilin. 

 

Karena bentuk bunga dan daun yang unik, tidak jarang orang-orang mengira tanaman Hoya adalah tanaman buatan. Padahal, Hoya merupakan tanaman asli yang tumbuh di wilayah Asia, seperti Filipina, Thailand, India, Malaysia, Vietnam, dan Indonesia.

 

Kamu bisa mendapatkan tanaman Hoya dengan membelinya di ecommerce atau toko tanaman online. Kisaran harganya mulai dari Rp20 ribu sampai dengan ratusan ribu rupiah. 

 

  • Alocasia

 

 

Ingin Menghias Rumah? Ini Tanaman Hias yang Hits di 2020

 

Dari segi penampilan, tanaman Alocasia tampak serupa dengan kebanyakan tanaman lainnya. Namun, karena bentuk daunnya yang indah, tanaman ini sering digunakan untuk menghias rumah. 

 

Alocasia bisa tumbuh di alam liar, seperti di hutan terbuka. Bentuk daunnya unik, dengan adanya urat-urat di bagian daun. Selain itu, tanaman ini juga memiliki bentuk akar yang eksotis.

 

Untuk bisa mendapatkan tanaman Alocasia, kamu hanya perlu mencarinya di situs belanja online seperti ecommerce atau di media sosial. Harganya pun relatif murah, hanya Rp25 ribu untuk Alocasia berukuran kecil dan ratusan ribu untuk Alocasia ukuran besar. 

 

  • Monstera

 

 

Ingin Menghias Rumah? Ini Tanaman Hias yang Hits di 2020

 

Jika kamu pecinta tanaman hias, tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Monstera atau yang dikenal juga dengan nama Janda Bolong akhir-akhir ini memang sedang hits dan banyak dicari orang. 

 

Popularitas Monstera datang dari bentuk daunnya yang unik dan tampak instagrammable saat difoto. Umumnya, daun tanaman ini memiliki warna hijau terang, tapi terkadang bisa juga berwarna agak kekuningan.

 

Salah satu jenis tanaman monstera yang paling diincar adalah monstera dengan varietas Adansonii Variegata. Varietas satu ini tergolong langka dan dijual dengan harga yang sangat mahal.

 

Tidak seperti dua tanaman hias yang telah disebutkan sebelumnya, Monstera dijual dengan harga yang relatif tinggi. Dilansir dari Kompas, Monstera jenis Adansonii Variegata dibanderol dengan harga mulai jutaan hingga puluhan juta rupiah. 

 

  • Begonia

 

 

Ingin Menghias Rumah? Ini Tanaman Hias yang Hits di 2020

 

Kalau diperhatikan, kebanyakan tanaman yang digunakan untuk menghias rumah adalah yang memiliki bentuk bunga atau daun yang unik. Hal ini juga bisa ditemukan pada tanaman begonia.

 

Daun Begonia mempunyai bentuk yang tidak simetris. Hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri dan membuat daun Begonia tampak indah. Tidak hanya itu, keunikan lainnya ada pada bunga tanaman Begonia yang berwarna merah menyala.

 

Tanaman Begonia sebenarnya merupakan tanaman liar yang tumbuh di negara-negara tropis. Terkadang, Begonia bisa ditemukan tanpa sengaja di tempat umum seperti taman, hutan, dan lain sebagainya.

 

Kalau mau membeli Begonia, kamu bisa mendapatkannya dengan kisaran harga sekitar Rp30 ribu sampai dengan ratusan ribu rupiah. Harga ini ditentukan oleh ukuran tanaman serta warna daun dan bunganya.

 

  • Sansevieria

 

 

Ingin Menghias Rumah? Ini Tanaman Hias yang Hits di 2020

 

Di Indonesia, tanaman satu ini lebih dikenal dengan sebutan Lidah Mertua. Perawatan tanaman ini tergolong cukup mudah, karena daunnya berukuran besar, padat, dan tebal. Jadi, kamu bisa membersihkannya dengan cepat.

 

Bentuk daun inilah yang menjadi ciri khas sekaligus daya tarik Sansevieria. Daunnya runcing dan memiliki beberapa warna. 

 

Bahkan, selain sebagai hiasan, Sansevieria juga memberikan manfaat lain bagi rumahmu, seperti membersihkan udara dari polusi dan membuat udara dalam rumah menjadi lebih segar. Sansevieria juga akan menyerap gelombang radiasi dari barang-barang elektronik di sekitarnya.

 

Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu besar jika ingin menghias rumah dengan Sansevieria. Satu tanaman Sansevieria beserta pot bisa kamu dapatkan mulai dari Rp10 ribu sampai ratusan ribu rupiah.

 

Itulah beberapa tanaman untuk menghias rumah yang sedang hits di tahun 2020. Kalau kamu ingin rumahmu tetap terasa nyaman, tanaman hias ini bisa menjadi solusinya.