SWARA – Kota-kota besar di Indonesia, terutama Jakarta, terus tumbuh menjadi semakin padat dan ruwet. Masifnya pembangunan membuat harga properti kian melonjak tak tergapai masyarakat kelas menengah ke bawah. Itu sebabnya, banyak orang yang akhirnya mengambil alternatif dengan membeli rumah di pinggiran kota.

Meski cukup jauh dari pusat kota, memilih hunian di area suburban sebenarnya bukanlah ide yang buruk, bahkan justru menguntungkan, lho! Nggak percaya? Ini dia keuntungannya plus pertimbangan yang kamu butuhkan saat memilih rumah di pinggir kota.

 

1. Harga lebih terjangkau

Salah satu alasan utama orang memilih hunian di pinggir kota adalah harga yang lebih terjangkau. Membeli hunian di pinggir kota adalah salah satu cara mewujudkan impian memiliki rumah sendiri meski penghasilan pas-pasan. Dengan skema KPR bersubsidi, masyarakat yang berpenghasilan UMR pun dapat mempunyai hunian berupa rumah tapak dengan ukuran yang manusiawi, lengkap dengan halamannya.

 

2. Suasana yang lebih tenang dan nyaman

Tinggal dekat dengan kota berarti kamu akan akrab dengan suasana yang padat dan bising. Nggak cuma di jalan, tapi juga di dekat tempat tinggalmu. Kalau ingin suasana yang lebih tenang, nyaman, serta nggak terlalu padat penduduknya, memilih hunian di pinggiran adalah pilihan yang tepat.

 

3. Lingkungan yang lebih sejuk dan asri

Daerah yang memiliki tingkat kepadatan tinggi dengan gedung dan rumah berdempetan jelas bikin hawa makin sumpek dan panas. Belum lagi ketiadaan ruang terbuka hijau yang memadai. Sebaliknya, tinggal di pinggir kota memungkinkanmu untuk memperoleh lingkungan yang masih sejuk dan asri karena belum banyak pembangunan dan manusia di daerah tersebut.

 

4. Investasi yang menguntungkan

Memiliki hunian berupa rumah tapak di pinggiran kota jelas merupakan investasi yang menguntungkan, karena daerah tersebut selalu memiliki kemungkinan untuk berkembang pesat. Jika demikian, dalam beberapa tahun harga propertimu bisa naik berkali-kali lipat, lho!

 

Artikel terkait: Pembiayaan DP nol

  1. Menggali Lebih Dalam Pembiayaan Rumah Dengan DP Nol Rupiah
  2. 5 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Program Rumah Murah
  3. Dengan Pinjaman Tunai, DP Rumah Tahun Depan Bisa Tercapai

 

Sebelum memilih hunian di area suburban, pertimbangkan beberapa hal berikut!

Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli rumah di pinggir kota. Yang pertama adalah aksesnya. Pastikan kondisi jalan cukup bagus dan dekat dengan akses transportasi publik, sehingga kamu nggak masalah jika harus menempuh perjalanan jauh untuk bekerja di pusat kota.

 

Yang berikutnya adalah fasilitas yang tersedia di dekat rumahmu. Di manakah pasar, sekolah, tempat ibadah, serta rumah sakit terdekat yang bisa dijangkau dari rumahmu? Semakin mudah akses fasilitas publik dari rumahmu, maka akan semakin baik.

 

Terakhir, yaitu kondisi tanah. Sebelum dibangun menjadi perumahan, tanah tersebut mungkin berupa sawah yang memerlukan pengerasan terlebih dulu. Jangan ragu untuk menanyakannya atau mengecek langsung untuk menghindari terjadinya bangunan yang retak atau ambles gara-gara tanahnya nggak stabil.

 

Artikel terkait: Membeli rumah di Jakarta

  1. Ketahui Hal-Hal Ini Bila Hendak Beli Rumah di Jakarta!
  2. Buat Kamu yang Berencana Mengajukan KPR, Simak 5 Mitos KPR Berikut Ini!
  3. Sst, Aturan Kepemilikan Rumah di Tahun 2017 Akan Semakin Mudah, Lho!

 

Jadi, makin tertarik untuk membeli rumah di pinggir kota? Buruan siapkan dananya dari sekarang, yuk!

 

Ada keperluan mendadak dan butuh pinjaman tunai yang cepat dan mudah? Ajukan ke Tunaiku saja, Kawan Tunaiku!

 


Artikel ini dapat juga dibaca melaluiĀ Duniafintech.com.