SWARA – Membangun rumah impian memang memerlukan modal yang nggak sedikit. Namun, kalau pintar dalam mengatur keuangan, tentu rumah ideal akan lebih mudah kita miliki. Salah satu cara untuk menekan biaya pembangunan adalah pembuatan rumah minimalis yang saat ini sedang tren. Dilengkapi dengan tips-tips jitu yang akan saya bagikan, rumah minimalis dan hemat bukan hanya impian lagi lho. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

 

1. Anggaran biaya yang detail sangat membantu

Perencanaan pembangunan yang matang akan sangat membantu dalam pembuatan rumah. Kamu bisa tentukan terlebih dahulu dana, type rumah minimalis seperti apa yang akan kamu buat, dan jangka waktu pembangunan rumah. Selain akan mempermudah berjalannya pembangunan, hal ini bisa mengantisipasi jika ternyata ada hal-hal di luar rencana yang mungkin terjadi, sehingga dana darurat bisa kamu siapkan lebih awal.

 

Artikel Terkait: Tips Membangun Rumah Impian

  1. Tips Membangun Rumah Antigempa dari Jepang
  2. Ingin Membangun Rumah Murah? Perhatikan 8 Hal Ini!
  3. 3 Tips Hemat Membangun Rumah Tanpa Developer

 

2. Rumah tipe minimalis menjadi pilihan

Rumah tipe minimalis bukan hanya rumah yang sederhana dan apa adanya. Rumah minimalis adalah rumah dengan fungsi yang lebih efisien sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah, namun tetap mempertahankan kemewahan dan desain modern. Tentukan terlebih dahulu kebutuhan sehari-hari keluargamu dan hindari membangun ruangan yang dirasa nggak terlalu kamu butuhkan. Sebagai gantinya, buat ruangan multifungsi yang bisa kamu manfaatkan untuk lebih dari satu kegiatan, seperti ruang tamu sekaligus ruang keluarga atau dapur sekaligus ruang makan. Kamu bisa mencari referensi rumah melalui internet tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa arsitek.

 

3. Hindari bentuk bangunan bersudut dan melengkung

Dalam membangun rumah minimalis kamu lebih baik mengadopsi bentuk standar seperti persegi untuk memaksimalkan bahan bangunan dan menghemat biaya dari tukang bangunan. Bentuk-bentuk rumah yang kurang umum seperti banyak sudut atau melengkung, akan menyisakan bahan bangunan yang nggak terpakai. Tukang bangunan akan lebih sulit membangun rumahmu, sehingga waktu yang dijadwalkan juga akan lebih panjang dan berakibat borosnya pengeluaran.

 

4. Bandingkan harga bahan bangunan

Bahan bangunan menjadi salah satu faktor pengeluaran uang yang paling banyak, sehingga kamu perlu menekannya agar lebih hemat. Jangan ragu untuk melakukan survei panjang untuk menentukan bahan bangunan mana yang lebih murah namun memiliki kualitas baik. Kamu juga bisa bertanya pada saudara atau teman yang sudah pernah membangun rumah untuk mendapatkan referensi harga bahan bangunan. Solusi hemat lainnya, kamu bisa memilih bahan bangunan lokal seperti semen, cat, dan batu bata lokal yang harganya lebih murah daripada merek luar.

 

Artikel Terkait: Inspirasi Desain Rumah Terkini

  1. Tren Rumah Minimalis di 2018 Ini Masih Bisa Kamu Coba di 2019
  2. Tren Warna 2019 untuk Interior Rumah Minimalis, Cek Rekomendasinya!
  3. 10 Inspirasi Desain Rumah Bergaya Scandinavian

 

5. Selektif memilih tukang bangunan

Jasa tukang bangunan juga menjadi anggaran biaya yang paling besar selain bahan bangunan. Pilihlah jasa tukang bangunan borongan dibanding harian karena akan lebih hemat dari jangka waktu pembangunan. Kamu juga lebih mudah menghitung pengeluaran jika sistemnya borongan. Carilah tukang bangunan di daerah pinggiran kota karena biasanya harga di pinggiran kota lebih murah. Kamu tinggal menambah biaya transportasi bagi para tukang bangunannya yang nggak seberapa jika dibandingkan dengan harga di pusat kota.

 

Membangun rumah yang akan digunakan sehari-hari bersama keluarga tercinta memang membutuhkan usaha yang lebih agar dana masih tersisa untuk kebutuhan lain. Jangan terburu-buru saat akan membangun rumah, karena persiapan yang matang dengan tips-tips di atas menjadi faktor penentu pengeluaran uangmu.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

   PAULUS RISANG