SWARA-Saya punya satu hobi unik yaitu membuat furnitur rumah ala do it yourself (DIY). Ide kreasi pun bisa datang dari mana saja, lho. Bisa datang dari pikiran sendiri, hasil kepo di Pinterest atau mencontek ide teman, he-he. Bahkan, saya suka survei kafe untuk mencari inspirasi.

 

Maklum saja, saya nggak ada cukup duit untuk beli furnitur di toko yang mahalnya kebangetan. Maka, saya memilih untuk buat sendiri. Dengan sedikit kreativitas, kamu bisa bikin aneka furnitur dengan bujet murah meriah.

 

Bayangkan saja, kamu bisa bikin lemari pakaian dengan bujet di bawah Rp1 juta. Padahal nih, kalau beli di toko, kamu bisa menghabiskan uang Rp2 juta untuk beli lemari. Dengan membuat sendiri, kamu juga bisa membuat furnitur dengan model kesukaan. Furnitur yang buat sendiri di rumah ini nggak hanya ekonomis, tetapi juga punya nilai seni.

 

Kalau kamu ada ide besar untuk menyempurnakan rumahmu dengan furnitur yang cantik dan unik, bisa meminjam modal dari Tunaiku, lho. Kini, Tunaiku menawarkan pinjaman mulai dari Rp2 juta sampai Rp 20 juta. Kamu pun bisa memilih tenor 6-20 bulan. Asik banget, bukan?

 

Artikel terkait: Biaya Melakukan Renovasi Rumah

  1. 4 Inspirasi Renovasi Rumah Bujet Rp2-20 juta, Pilih Pinjaman Tunaiku Aja!
  2. Ketahui Kisaran Biaya Renovasi Rumah Minimalis 2 Lantai
  3. 7 Kiat Jitu Menghemat Bujet Renovasi Rumah, Yuk Ikuti!

 

Makanya, yuk cari ide-ide kreatif furnitur rumah buat sendiri. Kalau sudah ada ide dan butuh tambahan modal, bisa meminjam di Tunaiku, ya.

 

Ini dia beberapa inspirasi furnitur yang buat sendiri di rumah yang bisa kamu contek.

1. Wallplanter kayu

A post shared by D’Or Designs (@byestell17) on

Kalau kamu punya lahan yang sempit dan ngebet untuk berkebun, bisa mempertimbangkan untuk membuat wallplanter kayu. Kamu bisa membeli beberapa potong kayu dan paku. Siapkan juga palu untuk merakit potongan kayu tersebut. Cukup siapkan dana Rp 100 ribu sampai Rp200 ribu untuk beli kayu, beli sesuai dengan kebutuhan.

 

Buat kerangka berbentuk kotak dari potongan kayu tersebut. Lalu, tambahkan beberapa kayu dan paku pada kerangka tersebut secara horizontal. Beri sedikit celah pada tiap kayu agar bisa untuk menaruh tanaman.

 

Nanti, kamu tinggal menggantung pot minimalis ini di tembok. Agar menarik, bisa kamu cat warna-warni agar menarik. Total kamu hanya perlu mengeluarkan dana sekitar Rp300 ribu saja.

 

2. Sulap limbah jadi kursi santai

A post shared by ALFIRA (@alfr_store01) on


Selain untuk pot, ban bekas juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kursi, lho. Wah, bagaimana ya caranya? Caranya gampang banget, kamu tinggal membeli 4 ban bekas dengan harga sekitar Rp600ribu. Beli juga kain dengan corak yang dinginkan. Siapkan bujet hingga Rp100 ribu.

 

Cuci bersih ban bekas sebelum kamu lilit dengan kain. Pilih kain dengan corak unik sesuai selera. Setelah ban terbungkus rapat, tambahkan bantal kecil di tengah lingkaran.

Kamu pun sudah punya kursi santai dengan bentuk unik dan hemat bujet. Untuk membuat satu kursi santai dari ban bekas ini, kamu cukup menyiapkan bujet sekitar Rp200 ribu. Kini, kamu sudah punya empat kursi dari ban bekas dengan hanya mengeluarkan bujet sekitar Rp700 ribu saja.

 

3. Lemari unik dari kayu pallet

Pamor furnitur dari kayu memang nggak ada matinya, ya. Lagi-lagi, kamu bisa memanfaatkan kayu untuk furnitur yang buat sendiri di rumah. Kali ini, kamu bisa memanfaatkan kayu palet yang cukup murah harganya. Kamu bisa mendapatkan kayu palet ukuran 130x2x10 dengan harga Rp300 ribu,  sudah dapat 20 batang!

 

Untuk membuat lemari, beli kayu palet dengan berbagai ukuran. Siapkan sekitar 10 kayu palet ukuran panjang dan 15 kayu palet ukuran pendek. Lalu paku antar bagian dengan bentuk susun khas lemari. Kamu nggak perlu jadi tukang profesional untuk bisa membuatnya

 

Karena corak dan warna kayu yang unik, kesan berantakan ini malah membuat lemari buatanmu terlihat bergaya vintage, lho. Pertahankan warna dasar kayu agar lemari buatanmu tetap keren. Untuk membuat satu lemari unik ini, kamu hanya perlu menyiapkan bujet sekitar Rp500 ribu saja.

 

4. Pintu geser ala Jepang

Menurut saya pribadi, ada satu hal yang membuat rumah tradisional Jepang itu nampak eksotis yaitu karena pintu gesernya. Mayoritas rumah Indonesia memang nggak memakai pintu geser. Sehingga, saya pun tertarik untuk memakai pintu geser  agar terlihat unik.

 

Jika tertarik, kamu bisa kok memanfaatkan potongan kayu palet untuk membuat pintu geser ini. Dengan memakai sekitar 15 sampai 20 kayu palet, kamu sudah bisa membuat satu pintu geser cantik. Maka, bujet yang dibutuhkan hanya sekitar Rp300 ribu saja.

 

Nanti, kamu tinggal memaku beberapa potong kayu palet ini sesuai dengan pola pintu. Tinggal tambahkan alat penggeser saja, maka pintu geser dari kayu palet sudah siap digunakan.

 

5. Dipan palet

A post shared by Alex (@alextlev) on

Saat melihat harga dipan, nyali saya langsung menciut duluan sebelum bermimpi untuk membelinya. Mengapa? Harga dipan memang cukup fantastis, bahkan bisa mencapai angka Rp4 juta. Semua kembali lagi pada jenis kayu yang dipakai untuk membuat dipan. Kalau terbuat dari jati, harganya pasti makin mahal.

 

Daripada minder dengan harga dipan di toko, kamu bisa membuat dipan sendiri untuk tempat tidur. Dipan dari kayu palet ini memang lagi hits, jadi jangan sampai ketinggalan tren dong, ya. Kamu bisa membeli sekitar 30-40 batang kayu palet sesuai dengan ukuran dipan yang diinginkan. .

 

Maka dana yang dibutuhkan sekitar Rp600 ribu untuk kayu palet dua set, satu set berisi 20 batang. Ini pun kamu sudah dapat kayu palet jati belanda, lho. Kamu bisa merakitnya menyerupai dipan. Pastikan terdapat tiga penyangga dari kayu pada tiap ujung dan tengah dipan agar makin kuat.

 

Artikel terkait: Pinjaman untuk Renovasi Rumah

  1. Pinjaman KTA Tunaiku Bantu Sisca Febrianti Wujudkan Mimpi Merenovasi Rumah
  2. Renovasi Rumah Pakai Pinjaman Tanpa Agunan? Ini yang Harus Kamu Perhatikan
  3. Rincian Biaya Renovasi Rumah yang Tunaiku Bisa Bantu

 

Setelah selesai, kamu cukup membeli kasur matras dengan harga mulai dari Rp800 ribu. Maka, kamu hanya perlu menyiapkan dana sekitar Rp1,4 juta untuk membuat pallet bed unyu tersebut.

 

Sekarang setelah tahu beberapa ide furnitur rumah buat sendiri,  kamu bisa mulai menyiapkan bahannya. Kalau memang dana belum ada, bisa meminjam di Tunaiku sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat berkreasi.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

4

 

 


Setyo Kinanthi SETYO KINANTHI