SWARA – Kehidupan pernikahan yang terasa jenuh membuat pertengkaran dengan pasangan makin sering terjadi. Di samping itu, ada lawan jenis yang sering bersinggungan denganmu sehingga bisa membuat api rumah tangga berkobar karena kamu menemukan kenyamanan lain. 

 

Di situ kamu sadar bahwa bakal ada risiko perselingkuhan. Namun, kamu juga tergoda untuk melakukannya sebagai pelarian terhadap kejenuhanmu dengan pasangan. Jika sudah begini, kamu harus mengikuti cara-cara ini untuk menghindari godaan perselingkuhan.

 

1. Cari alasan apa yang membuatmu ingin berselingkuh

Memang perasaan suka terkadang datang dengan tiba-tiba. Namun, memutuskan untuk menjalin hubungan tentu bukan sebuah keputusan yang juga datang tiba-tiba. Pasti ada suatu alasan mengapa kamu ingin melakukannya. 

 

Cari tahu alasan apa yang membuat kamu lebih tertarik pada orang baru dibandingkan pasanganmu. Pahami apakah kamu berselingkuh karena sikap pasangan, atau justru keinginanmu sendiri karena nggak puas terhadap sikap pasangan. 

 

Artikel Terkait: Pertengkaran dalam Pernikahan

  1. 3 Masalah Finansial Rumah Tangga yang Bisa Memicu Perselisihan
  2. Apakah Sekali Selingkuh Selamanya Akan Selingkuh? Ini Penjelasan Ahli
  3. Mau Tahu Kebohongan Seputar Pernikahan, Percayalah Tak Ada Pasangan yang Sempurna

 

2. Pahami pasti suatu saat akan ketahuan

Kamu harus paham risiko dari perselingkuhan yang bisa menghancurkan hubunganmu dengan pasangan. Sebaik-baiknya menyembunyikan, pasti pasangan akan tahu juga. Tak jarang perselingkuhan akan berakhir buruk kepada hubungan rumah tangga dengan pasangan yang sah. 

 

Jika pasangan memaafkanmu, dia nggak akan lupa tentang perselingkuhan yang pernah kamu lakukan dan hanya akan menjadi bom waktu sebelum benar-benar merusak rumah tanggamu. Terlebih, selingkuh nggak ada obatnya. Orang yang sudah selingkuh sekali, maka dia akan mencoba untuk berselingkuh terus, sehingga sebaiknya kamu hindari sebelum terjangkit penyakit selingkuh ini.

 

3. Bicarakan dengan jujur kepada pasangan

Jika kamu sudah memahami hal apa yang nggak dimiliki pasanganmu sehingga kamu tergoda untuk selingkuh, komunikasikan hal itu kepada pasangan. Kamu akan tahu mengapa pasanganmu nggak melakukan hal itu kepadamu. Pasti ada alasan mengapa seseorang memiliki suatu sikap. 

 

Jika sudah berkomunikasi dengan jujur, kamu dan pasangan akan menemukan solusi terbaik untuk bisa mempertahankan rumah tangga yang sedang kamu jalani.

 

4. Jangan pernah membandingkan pasangan dengan orang lain

Pepatah rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri memang sering terjadi dalam hubungan. Melihat orang lain memiliki hal yang nggak dimiliki pasangan bisa membuatmu berpikiran macam-macam dan membanding-bandingkan dengan sifat yang dimiliki pasangan. 

 

Kamu harus pahami bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bisa saja orang lain nggak memiliki kelebihan yang dimiliki pasangan kamu, bukan?

 

5. Jaga jarak dengan lawan jenis

Lingkungan kerja yang melibatkan lawan jenis tak bisa dihindari. Berawal dari sering bertemu karena bekerja bisa menumbuhkan benih-benih perasaan suka yang lama-kelamaan menjadi cinta. Jika kamu sudah memiliki pasangan, menjaga jarak dengan lawan jenis yang ada di lingkungan kerja bisa menjadi cara jitu agar benih-benih tersebut nggak muncul. 

 

Artikel Terkait: Tips Mengatur Finansial dalam Rumah Tangga

  1. Atasi Masalah Finansial dalam Rumah Tangga Agar Tetap Harmonis, Ini Solusinya!
  2. 5 Tips Hemat Mengatur Uang Bulanan Ala Ibu Rumah Tangga Jepang
  3. Ingin Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga? Ini 7 Cara Atur Keuangan dengan Gaji Rp4 Juta!

 

6. Ingat hal-hal yang sudah kamu korbankan demi bersama pasanganmu

Banyak hal yang sudah kita usahakan dan korbankan agar bisa menjalani hubungan dengan pasangan sejauh ini. Apa kamu yakin mau mengorbankan itu semua demi orang lain yang baru saja datang di kehidupanmu? Belum tentu orang lain bisa sebanding dengan pengorbanan usaha yang sudah kamu lakukan terhadap pasanganmu, bukan? 

 

Ingatlah terhadap komitmen yang sudah kamu sepakati bersama pasanganmu dengan nggak mengkhianati segala usaha dan pengorbanan yang sudah dilakukan bersama.

 

7. Syukuri apa yang sudah dimiliki

Mengapa orang lain terlihat lebih memesona dibandingkan pasangan kita? Hal itu karena kamu nggak mensyukuri apa yang sudah kamu miliki. Dengan mensyukuri hubungan yang sudah kamu miliki, kamu jadi bisa melihat hal-hal baik apa yang sudah kamu dapatkan dari pasangan yang belum tentu akan ada di orang lain. 

 

Rawatlah hubungan yang sudah kamu miliki sehingga kamu nggak akan sempat untuk tergoda dengan orang lain yang mengakibatkan perselingkuhan.

 

Itulah cara-cara untuk mengatasi godaan perselingkuhan yang datang kepadamu. Kamu tetap harus ingat risiko terburuk berselingkuh adalah hubungan rumah tangga yang berakhir. Anak-anak pun menjadi korbannya karena harus kehilangan salah satu orangtua kandung mereka yang tentu menyebabkan luka tersendiri.