Biaya pernikahan tidak harus menghabiskan anggaran hingga ratusan juta rupiah. Meski banyak orang seringkali mengeluarkan biaya besar untuk resepsi pernikahan, sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai besaran biaya pernikahan.

 

Jika kamu adalah tipikal orang yang memegang prinsip hidup minimalis, maka era new normal seperti saat ini akan menjadi keuntungan bagimu untuk melaksanakan resepsi pernikahan. 

 

Selain kamu bisa mengundang sedikit tamu, kamu juga dapat menghemat untuk biaya yang lainnya.

 

Rincian Biaya Pernikahan

 

Untuk kamu yang tengah merencanakan pernikahan, kamu perlu mengetahui sejumlah biaya yang perlu kamu penuhi agar pernikahanmu bisa berlangsung secara sakral dan bermakna. 

 

Sedikitnya terdapat 8 rincian biaya pernikahan yang perlu kamu persiapkan.

 

1. Biaya KUA

 

Dilansir dari Kompas.com, biaya akad nikah yang berlangsung di kantor urusan agama (KUA) sebenarnya sama sekali tidak dipungut biaya. Akad nikah di KUA hanya bisa dilakukan saat jam kerja operasional KUA setempat, dari hari Senin sampai dengan Jumat.

 

Namun, jika prosesi akad nikah dilakukan di luar jam operasional KUA, maka terdapat biaya yang telah ditetapkan oleh negara yakni sebesar Rp600.000. 

 

Biaya nikah KUA tersebut akan masuk ke kas negara sebagai Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Kementerian Agama.

 

Biaya ini berlaku untuk pasangan yang menikah di luar kantor KUA seperti penyelenggaraan akad nikah di rumah pribadi, masjid, hingga gedung pertemuan.

 

2. Biaya sewa gedung

 

Idealnya, calon pengantin wajib melakukan booking terhadap gedung nikah jauh-jauh hari sekitar 6 bulan hingga 1 tahun sebelum hari pernikahan. 

 

Sebagai estimasi, biaya sewa gedung yang dikelola pemerintah di kawasan Jabodetabek dengan daya tampung 500 orang hingga 1.000 orang ada di kisaran Rp11 juta – Rp35 juta. 

 

Harga sewa venue paling murah biasanya adalah aula Masjid yang harganya ada di kisaran Rp5 juta.

 

Jika anggaranmu untuk venue pernikahan memang berlebih dan kamu enggan repot-repot mencari gedung yang available dalam waktu mepet, menyewa  ballroom hotel bisa menjadi opsi. 

 

Di kawasan Jabodetabek, biaya sewa ballroom hotel ada di kisaran Rp75 juta hingga ratusan juta rupiah.

 

3. Biaya mahar dan seserahan

 

Anggaran untuk mahar dan seserahan termasuk ke dalam komponen biaya yang paling fleksibel dan bisa kamu tekan. Namun, menekan biaya untuk mahar dan seserahan tentunya harus berdasarkan kesepakatan dengan calon pasangan.

 

Umumnya, isi dari seserahan ini terdiri dari barang-barang yang sering calon mempelai wanita pakai. Seperti make up, tas, sepatu, baju dan celana, makanan hingga buah-buahan. Seminimal mungkin budget untuk seserahan bisa mencapai Rp1,5 juta – Rp2 juta.

 

Sementara, mahar adalah harta yang diberikan oleh pihak mempelai pria kepada pihak mempelai wanita. 

 

Harga untuk mahar pun bisa kamu sepakati dengan calon pasanganmu. Sebagai bahan pertimbangan, saat ini harga emas mulia ada di kisaran Rp900.000 per gram.

 

4. Biaya pembuatan undangan dan souvenir

 

Menggunakan undangan pernikahan dalam format digital akan cukup menekan budget untuk biaya mencetak undangan fisik. Anggaran yang perlu kamu siapkan untuk biaya desain kartu undangan digital standarmu tidak kan melebihi Rp100.000.  

 

Kalaupun menurutmu kamu masih perlu mencetak undangan fisik untuk beberapa tamu undanganmu, biaya yang kamu butuhkan untuk mencetak undangan berkisar Rp4.0000-7.000 per buah.

 

Kamu juga perlu souvenir untuk tamu-tamu undanganmu. Souvenir untuk pernikahan bisa bermacam-macam, bergantung pada kesepakatan kalian berdua. Agar memorable, disarankan agar memilih souvenir yang mencerminkan kamu dan pasanganmu.

 

Pinjaman Mudah Cicilan Ringan Modal KTP

 

5. Biaya katering

 

Biaya yang dibutuhkan untuk katering biasanya menjadi anggaran yang paling tinggi. Saat ini, banyak sekali vendor katering pernikahan sehingga kamu bisa memilih katering berkualitas dengan harga sesuai budget.

 

Sebagai gambaran, budget katering paket murah berkisar dari Rp50.000 per orang sampai dengan Rp75.000 per orang. Jika dikalikan dengan 500 undangan, maka anggaran yang kamu perlukan mencapai Rp25-37,5 juta.

 

6. Biaya dekorasi

 

Menggelar resepsi pernikahan baik di rumah, gedung, ataupun aula masjid tetap memerlukan dekorasi untuk menambah kesan sakral dari pernikahan meski berlangsung secara sederhana.

 

Harga dekorasi untuk pernikahan yang berlangsung di rumah umumnya bisa lebih murah dibanding dekorasi pernikahan yang berlangsung di gedung. Sebagai estimasi, harga dekorasi pernikahan di rumah berkisar mulai Rp5 juta – Rp10 juta.

 

Sementara harga dekorasi pernikahan di gedung dan aula dimulai dari belasan juta hingga ratusan juta rupiah.

 

7. Biaya riasan dan gaun pengantin

 

Berdasarkan hasil riset yang saya lakukan, umumnya layanan rias dan penyedia gaun pengantin disediakan oleh satu vendor

 

Untuk menekan biaya, kamu bisa menggunakan paket rias sekaligus busana yang ditawarkan vendor dengan kisaran harga mulai dari Rp4 juta hingga belasan juta.

 

Harga tersebut bergantung pada seberapa banyak orang yang mau dirias dan disediakan busana untuk resepsi karena perlu kamu ingat bahwa selain pengantin, keluarga dari pihak pengantin juga membutuhkan perias wajah dan busana untuk resepsi.

 

8. Biaya dokumentasi

 

Dalam bisnis jasa fotografi, minimal harga dokumentasi untuk gelaran pernikahan di mulai dari Rp1 juta sampai yang termahal mencapai ratusan juta rupiah.

 

Biasanya harga termurah belum termasuk dengan biaya untuk melakukan foto pre-wedding. Jadi bila kamu menginginkan foto pre-wedding kamu dan pasanganmu dipajang pada hari pernikahan, maka kamu harus mengeluarkan biaya yang hampir setara.

 

Sebelum menentukan calon vendor mana yang akan kamu pilih untuk mendokumentasikan pernikahanmu, ingatlah untuk mengomunikasikan dengan calon vendor mengenai konsep pernikahanmu serta produk akhir seperti apa yang kamu dan pasanganmu inginkan.

 

Artikel Terkait: Biaya Nikah Saat Pandemi Jauh Lebih Hemat, Begini Caranya

 

Contoh Biaya Pernikahan Sederhana

 

Dengan berbagai pemaparan estimasi biaya komponen pernikahan di atas, kamu jadi bisa menentukan dari sisi mana kamu bisa menekan budget pernikahanmu.

 

a. Perkiraan pernikahan di gedung sederhana

 

Kalau kamu mau menekan biaya sewa untuk venue pernikahanmu seminimal mungkin, kamu bisa menggunakan rumahmu atau rumah orang tua sebagai tempat digelarnya resepsi pernikahan.

 

Kalau kamu merasa kondisi rumahmu kurang memberi kesan sakral dari resepsi pernikahan yang akan kamu jalani, kamu bisa memilih untuk melakukan resepsi di aula masjid yang biaya sewanya kurang dari Rp5 juta.

 

b. Biaya pernikahan di KUA

 

Seperti yang telah saya paparkan sebelumnya, biaya akad nikah yang berlangsung di KUA sama sekali tidak dipungut biaya. 

 

Namun yang perlu diingat adalah, melakukan akad nikah di KUA hanya bisa dilakukan saat jam kerja operasional KUA setempat, dari hari Senin sampai dengan Jumat.

 

Tips Hemat Mengatur Biaya Pernikahan

 

Setelah mampu menekan biaya pernikahan dari komponen untuk venue untuk akad, untuk menghemat keseluruhan biaya pernikahan tidak ada salahnya kamu memikirkan opsi untuk mengurangi jumlah tamu undanganmu.

 

Opsi tersebut selaras dengan kondisi pandemi saat ini membuat gelaran resepsi pernikahan tidak bisa dihadiri oleh banyak orang. Pemilihan venue yang sederhana akan lebih sesuai dengan situasi dan kondisi ini. Kamu pun cukup mengundang 30-50 tamu untuk resepsi.

 

Artikel Terkait: Menikah Tanpa Bantuan Biaya dari Orang Tua? Bisa, Perhatikan Hal Ini

 

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir akan banyak teman dan kerabat yang tidak bisa mengikuti prosesi pernikahanmu. Karena, gelaran pernikahan juga bisa dilakukan secara virtual menggunakan berbagai platform aplikasi, seperti zoom, google meet, maupun cisco webex.

 

Jumlah tamu undangan yang tidak sampai 100 orang juga akan menekan berbagai biaya komponen lainnya seperti biaya katering, undangan, dan souvenir.

 

Kesakralan jalannya prosesi pernikahan tidak berbanding lurus dengan banyaknya jumlah tamu yang hadir dalam pernikahanmu. 

 

Menjalani prosesi pernikahan secara bersahaja dengan biaya pernikahan minimal justru membuat pasangan dapat menyisihkan dana lebih untuk tabungan keluargamu kelak.