SWARA – Menikah tak hanya membutuhkan restu dari kedua belah pihak, tetapi juga membutuhkan biaya yang cukup besar untuk menggelar resepsi pernikahan. Apalagi jika pernikahan dengan menggunakan adat daerah. 

 

 

Namun, pernikahan adat Sunda bisa dilakukan dengan sederhana dan meriah. Jadi, nggak akan menguras biaya yang terlalu besar. Jika kamu sedang memikirkan untuk menikah dengan bujet yang murah, saya akan berikan informasi berapa rincian biaya yang perlu kamu keluarkan untuk melangsungkan pernikahan adat Sunda yang sederhana dan meriah.

 

1. Sewa gedung dan dekorasi

Selain menyewa gedung, salah satu aspek yang cukup menguras biaya adalah dekorasi. Apalagi, jika menginginkan dekorasi yang Instagramable. Namun, hal ini bisa ditekan. Meskipun mengusung pernikahan adat, tempat yang digunakan bisa disesuaikan dengan keinginan kedua mempelai. 

 

Kamu bisa memilih venue yang memang sudah memiliki dekorasi awal sehingga kamu nggak perlu repot menambah banyak ornamen lagi. Seperti di kafe atau rumah makan yang sudah memiliki dekorasi bawaan. Saat ini cukup banyak rumah makan dan kafe yang memiliki dekorasi rustic atau vintage sehingga kamu hanya perlu menyewanya untuk acara pernikahan. Menyewa restoran atau kafe harganya bisa bervariasi mulai Rp5 jutaan sampai belasan juta.

 

Artikel Terkait: Biaya Pernikahan Adat

  1. Wow, Ini 4 Pernikahan Adat Termahal di Indonesia!
  2. Mempersiapkan Tabungan untuk 7 Pernikahan Adat Termahal di Indonesia
  3. Berapa Rata-Rata Biaya Pernikahan Adat di Indonesia?

 

2. Katering

Menariknya jika kamu menyewa rumah makan atau kafe, kamu bisa sekaligus memesan dengan paket kateringnya. Katering yang disediakan disesuaikan dengan menu yang ada di restoran. Untuk harga venue sekaligus katering sejumlah 350 pax biaya yang dihabiskan adalah sekitar Rp22 juta. 

 

Sedangkan jika nggak digabungkan dengan gedung, katering khas Sunda bisa didapat dengan harga Rp45 ribu per pax. Jika memesan lebih banyak maka pihak katering bisa memberikan potongan harga. Menu adat Sunda bisa berupa nasi liwet, karedok, lotek, hingga nasi timbel.

 

3. Wardrobe

Untuk pakaian kamu bisa menyewa, membeli atau membuat pakaian khusus untuk pernikahan. Pakaian seragam untuk keluarga kamu bisa membelinya agar lebih murah daripada harus menjahitkan bahan. Sedangkan untuk pakaian adat pernikahan lebih baik menyewa, karena pakaian adat cenderung nggak akan dipakai berkali-kali setelah dipakai untuk acara pernikahan. Jangan ragu untuk menyewa di teman atau saudara yang memiliki jasa persewaan pakaian adat untuk menghemat  biaya. Biaya total untuk pakaian bisa ditekan menjadi Rp3 juta saja.

 

4. Makeup

Untuk urusan makeup kamu tak perlu boros dengan memilih makeup artist terkenal. Jangan ragu untuk menggunakan jasa teman yang juga bisa makeup. Kamu bisa menghemat banyak biaya, kamu juga bisa sekaligus mempromosikan hasil makeup temanmu sebagai balas jasa karena sudah diberi harga teman. Makeup dan hairdo menghabiskan biaya sekitar Rp500 ribuan saja.

 

Artikel Terkait: Ragam Prosesi Pernikahan Adat Plus Biayanya

  1. Yuk, Intip Prosesi Upacara Pernikahan Adat Jawa Plus Hitung Biayanya
  2. Kenali Lebih dalam Prosesi Pernikahan Adat Bali Beserta Kisaran Biayanya
  3. Kenali Lebih Dalam Prosesi Pernikahan Adat Batak beserta Kisaran Biayanya

 

5. Seserahan dan upacara adat

Salah satu hal yang wajib untuk pernikahan adat adalah seserahan dan upacaranya yang khas. Untuk adat Sunda ada beberapa acara yang harus dilakukan, seperti seserahan, siraman, ngeuyeuk seureuh, sungkeman, wejangan, saweran, meuleum harupat, nincak endog, hingga muka panto. Upacara adat ini bisa dilakukan dengan bujet Rp2 juta sudah lengkap dengan MC.

 

Biaya pernikahan sederhana dan meriah adat Sunda ini hanya membutuhkan biaya sekitar Rp30 juta. Sedangkan biaya lain seperti undangan, kamu bisa mengakalinya dengan mengirimkan undangan melalui pesan WhatsApp saja. Bisa juga dengan membuat video pendek yang berisi undangan untuk menghadiri acara pernikahan kamu dan pasangan yang tentu akan jauh lebih hemat daripada mencetak undangan. Itulah rincian biaya pernikahan adat Sunda, semoga kamu bisa segera melangsungkan upacara pernikahan dengan hemat, ya.