SWARA – Cinta memang luar biasa. Kenangan yang dihasilkan selalu membekas indah di hati dan pikiran setiap orang, seperti pengalaman cinta pertama. 

 

 

Mengenang cinta pertama memang menyenangkan. Namun, apakah baik masih selalu mengingat kenangan bersama orang lain sementara kamu sudah membangun masa depan dengan pasangan pilihanmu? Ternyata masih banyak orang yang mengalaminya dan justru menganggap hal ini adalah wajar dan sepele. Padahal, hal ini bisa membahayakan pernikahan, lho. 

 

Jika sedang mengalaminya, ingin agar bisa segera melupakan mantan, dan fokus melanjutkan perjalanan pernikahanmu sekarang, kamu bisa melakukan cara-cara ini.

 

1. Syukuri pernikahan yang sudah kamu jalani

Memang manusia nggak dilahirkan dengan sempurna. Namun, kamu harus yakin pasanganmu adalah jodoh yang sudah ditakdirkan untukmu. Daripada kamu sulit untuk melupakan mantan, lebih baik alihkan perhatianmu dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki pasangan dibanding mantan. 

 

Lihat apa kelebihannya dan jangan lihat kekurangannya karena kekurangan adalah bagian dari nggak sempurnanya manusia. Dengan begini kamu bisa jauh lebih bersyukur memiliki pasangan seperti dia dan bayangan mantan akan tertutup oleh sosok pasanganmu saat ini.

 

Artikel Terkait: Move On dari Mantan

  1. Sekantor dengan Mantan? Begini Caranya Jaga Hubungan agar Tetap Profesional
  2. Gagal Move on dari Mantan, Ini Ternyata Penyebabnya Kata Zodiak!
  3. 5 Kiat Jitu Move On dari Mantan sekaligus Mengejar Kesuksesan

 

2. Lupakan mantan secara perlahan

Psikologis manusia membuat orang justru semakin teringat saat berusaha keras melupakannya. Biarkan hal-hal indah yang kamu lalui dengan pasanganmu yang sekarang menutupi kenangan yang pernah kamu lalui dengan mantanmu secara alami. 

 

Kamu juga bisa mendorong melupakannya secara pelan-pelan dengan nggak menyimpan lagi barang-barang yang pernah diberikan mantan kepadamu. Ganti semua barang dengan barang-barang yang diberikan pasanganmu yang baru.

 

3. Putuskan untuk nggak menghubunginya di media sosial

Menjalin silaturahmi tentu penting. Namun, jangan sampai mempertaruhkan kehidupan pernikahan dengan masih berhubungan dengan mantan yang sudah menjadi masa lalu. Salah satu cara untuk menjaga jarak dengan mantan adalah nggak melakukan interaksi di media sosial. Kurangi mencari tahu apa yang sedang mantan lakukan melalui media sosial. Hindari mengomentari atau menyapa mantan melalui media sosial atau ponsel, dan fokuslah terhadap pasanganmu saat ini.

 

4. Berdamai dengan diri sendiri

Kamu harus bisa memahami diri kamu sendiri dan sadar dengan apa yang kamu lakukan. Biarkanlah mantan berlalu sebagai kenangan di masa lalu yang bisa kamu ambil pelajarannya untuk menjalani episode baru hubungan percintaan dengan pasanganmu saat ini. 

 

Fokus untuk membangun rumah tangga, karena ada banyak hal yang harus diurus daripada terus berlarut dalam kenangan masa lalu. Menyibukkan diri dengan hal-hal yang membahagiakan pasangan dan anak-anak serta membangun keluarga yang kuat akan lebih jauh bermanfaat daripada kamu hanya mengingat masa lalu.

 

Artikel Terkait: Kiat Menjaga Hubungan dalam Pernikahan

  1. Resep Awet Bikin Lima Tahun Pernikahan Aman dari Guncangan
  2. Mau Tahu Kebohongan Seputar Pernikahan, Percayalah Tak Ada Pasangan yang Sempurna
  3. Punya Pasangan Beda Karakter? Ini Cara Membuat Ekstrovert dan Introvert tetap Harmonis dalam Pernikahan

 

5. Bangun cinta yang lebih kuat dengan pasangan

Kerahkan energi dan waktumu untuk membangun perasaan cintamu saat ini, yaitu dengan pasanganmu. Bangun hal-hal romantis bersama pasangan untuk menguatkan rasa cinta. Dari situ kamu akan menemukan banyak hal lain yang hanya dimiliki saat bersama pasanganmu yang membuatmu jadi lebih mensyukuri terhadap pernikahan yang sudah kamu jalani. 

 

Itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk melupakan mantan dan fokus dengan pernikahan yang sedang kamu jalani. Ada banyak selebriti yang berhasil menunjukkan bahwa dirinya bisa lebih bahagia dengan pasangan yang baru dan sukses melupakan mantan, seperti Ryan Reynold yang sukses move on dari Scarlett Johansson dan bahagia bersama Blake Lively, atau selebriti Indonesia Irwansyah yang dulu terlihat sangat serasi dengan Acha Septriasa, tetapi kini hubungan pernikahannya tetap bahagia bersama Zaskia Sungkar.