SWARA – Salah satu bagian penting dalam prosesi pernikahan yang patut mendapatkan perhatian maksimal adalah foto prewedding. Pasalnya, foto prewedding ini bisa menunjukkan betapa kompak dan bahagianya kamu bersama pasangan. Sayangnya, banyak yang bilang kalau biaya foto prewedding ini nggak sedikit.

 

Memang benar kalau biaya foto prewedding itu mahal. Hal ini karena fotografer yang disewa adalah mereka yang sudah profesional dan memiliki jam terbang tinggi. Pun dengan pemilihan lokasi dan aksesori dalam foto. Untuk itu, kamu perlu beberapa tips untuk memangkas biaya foto prewedding. 

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Foto Prewedding

  1. Siapa Bilang Prewedding Butuh Biaya Mahal? Berikut Tips Mengatur Bujet Prewedding yang Tepat
  2. Unik dan Anti Ribet, Ini 10 Konsep Foto Pre-Wedding yang Direkomendasikan
  3. 9 Pilihan Lokasi Prewedding Outdoor Romantis dan Murah di Yogyakarta

 

Buat kamu yang mau melakukan foto prewedding, coba perhatikan beberapa tips berikut ini!

 

1. Gunakan foto saat pacaran

Teman-teman saya yang sudah pacaran cukup lama biasanya memiliki stok koleksi foto yang sangat banyak. Karena mereka juga memiliki hobi fotografi, hasilnya pun nggak bisa dipandang sebelah mata. Nah, sebenarnya stok foto lama ini bisa digunakan untuk foto prewedding. Jadi, biaya prewedding bisa kamu gunakan untuk menambah biaya katering.

 

2. Gunakan jasa teman yang sedang meniti karier

Di zaman yang sudah serba canggih ini, pasti banyak temanmu yang memiliki hobi fotografi. Beberapa dari mereka pasti ada juga yang tengah meniti karier di bidang ini. Bisa, dong, kamu menggunakan jasa mereka. Soal harga, tentu belum dipatok terlalu tinggi dan pastinya kemampuannya nggak kalah dari fotografer lainnya.

 

3. Gunakan kostummu sendiri

Orang-orang yang melakukan foto prewedding biasanya harus menambah biaya untuk sewa kostum. Padahal, foto prewedding nggak melulu menggunakan gaun yang indah dan mahal, lho. Kamu bisa memilih tema tertentu, seperti tema vintage yang bisa menggunakan koleksi baju lamamu. Jadilah kamu nggak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa kostum.

 

Artikel Terkait: Ide Kostum dalam Pernikahan

  1. 10 Inspirasi Foto Prewed dengan Kebaya yang Akan Membuatmu Makin Menawan
  2. 13 Foto Pengantin Jawa yang Sangat Memukau dengan Pakaian Adat
  3. Simpel dan Menawan, 8 Gaun Pernikahan Layak Kamu Jadikan Inspirasi

 

4. Asah kemampuan bermake-up

Mereka yang mengeluarkan uang cukup banyak di biaya prewedding juga biasanya memilih MUA yang sudah profesional. Padahal, kalau hanya untuk foto prewedding kamu bisa mengasah kemampuan bermakeup-mu sendiri, lho. Kalau dirasa belum memiliki make up yang lengkap, kamu bisa meminjam temanmu.

 

5. Ambil lokasi yang mudah dijangkau

Soal pemilihan lokasi juga mengambil peran penting. Lokasi foto prewedding yang jauh tentu memakan biaya transportasi dan juga makan. Akan lebih baik jika kamu memilih lokasi yang dekat tanpa biaya sewa.

 

6. Gunakan barang-barang vintage untuk dekorasi

Meski memilih lokasi dekat, kamu pun nggak kalah hits dengan teman-temanmu. Semua kembali pada bagaimana kamu mengatur lokasi dengan dekorasi-dekorasi lucu. Sebagai contoh, kamu memilih tema vintage. Jadi, kamu bisa gunakan kostum dan barang-barang vintage di rumah nenekmu. Atau kamu juga bisa foto prewedding di rumah nenekmu.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memangkas biaya foto prewedding yang tinggi. Dengan menerapkannya kamu bahkan bisa menghemat uang berjuta-juta. Bayangkan, biaya kateringmu bisa tertolong hanya dengan menghemat biaya foto prewedding. Yuk, diterapkan!