SWARA – Banyak sekali bisnis besar yang dijalankan oleh pasangan. Mulai dari Forever 21, hingga brand fashion GAP. Banyak sekali varian bisnis yang mungkin dijalankan oleh pasangan. Hal ini akan berdampak baik pada hubungan pasangan karena intensitas waktu untuk bertemu dan berkomunikasi semakin banyak. Kamu pun akan semakin mengenal pasangan, dalam hal profesionalitas.

 

Menurut Joe Issid dalam Pros and Cons of Working With Your Spouse, ada beberapa keuntungan dan kerugian bekerja dengan pasangan. Keuntungan terbesar terletak pada motivasi bekerja dan kedekatan secara emosional. Namun kerugian akan didapat dalam hal pemisahan antara hal personal dan profesional serta kompensasi perusahaan.

 

Namun, jangan ragu untuk berbisnis dengan pasangan. Peluang untungnya masih besar kok. Berikut ini 7 ide bisnis yang cocok dilakukan bersama pasangan!

 

1. Jasa penitipan hewan

 

 

Image result for couple with dog

 

 

Banyak sekali pecinta hewan di Indonesia. Hewan peliharaan bisa menjadi teman di saat sendiri maupun bahagia. Sayangnya, sebagai pekerja, mungkin saja ada penugasan ke luar kota yang tidak memungkinkan apabila pemilik hewan membawa peliharaannya. Menitipkan hewan ke penitipan hewan bisa menjadi pilihan. Di kota-kota besar, banyak sekali jasa penitipan hewan yang dicari saat momen liburan panjang. Bisnis ini bisa dijalankan dengan modal yang tidak banyak. Sediakan kandang yang bersih dan juga berbagai fasilitas untuk anjing.

 

2. Bisnis kuliner

 

 

Image result for culinary

 

 

Kamu suka memasak atau suka dengan hal-hal berbau kuliner? Tidak ada salahnya membuka bisnis ini. Pilih lokasi yang strategis dan menu khas yang menjadi signature sehingga dapat diterima oleh pelanggan ya.

 

 

Artikel terkait pernikahan: Bagaimana pernikahan impianmu?

7 Ide Dekorasi Wedding yang Tren 2019 untuk Pernikahanmu

5 Tren Resepsi Pernikahan Sepanjang Tahun 2018 yang Inspiratif

4 Inspirasi yang Bisa Kamu Jadikan untuk Mahar Pernikahan

 

 

3. Bisnis art

 

 

Image result for museum art

 

 

Seni bisa menjadi peluang usaha. Kamu bisa membuat bros, lukisan, ataupun kerajinan lainnya. Kamu tinggal mencari tahu karya seni apa yang sedang diminati dan dapat segera kamu eksekusi bersama pasanganmu. Buat karya seni yang unik untuk dipasarkan secara online maupun offline.

 

4. Bisnis event organizer

 

 

Image result for event organizer

 

 

Bisnis ini sangat menjanjikan. Saat ini event bisa berjalan dengan lancar karena campur tangan dari event organizer. Kamu bisa mencari toko murah yang menyediakan kebutuhan pelangganmu, namun dengan kualitas yang baik. Kelola uang pelanggan dengan baik supaya pelanggan percaya dengan jasa yang kamu jual.

 

5. Café

 

 

Image result for homey cafe

 

 

Jika kamu ingin membuka usaha namun terkendala bisnis yang pas-pasan, kamu bisa membuka café. Sebagai pemula, bukalah café kecil dulu. Ketika usahamu mulai berkembang, kamu bisa mulai memperbesar cafemu. Kamu bisa membicarakan masalah menu ataupun plotting tempat untuk membuat pelangganmu nyaman.

 

6. Bisnis kos-kosan

 

 

Image result for boarding house

 

 

Investasi apa yang tidak akan rugi? Tanah dan kos-kosan. Jika kamu memiliki tanah di area yang strategis, maka ini adalah ide yang cemerlang. Biaya kos-kosan yang minimal 500 ribu per bulan per kamar akan mendatangkan untung yang besar tanpa harus menjual produk lainnya.

 

7. Bisnis freelance

 

 

Image result for freelance

 

 

Kamu juga bisa membuka bisnis freelance bersama pasanganmu. Misalnya bisnis penerjemah freelance, website desain, website developer, dan masih banyak lagi. Karena bekerja freelance, kalian bisa gajian lebih dari dua kali per bulan!

 

Itulah tujuh ide bisnis bersama pasangan. Ada yang membuatmu tertarik?

 

 


Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas