SWARA – Pernikahan yang bahagia dan awet adalah impian semua orang. Baik itu untuk pasangan baru apalagi untuk pasangan yang sudah lama menjalaninya. Nah, bagi kamu yang baru menjalani masa awal pernikahan, ada tips pernikahan awet dan bahagia yang bisa kamu terapkan agar semua berjalan sesuai dengan keinginanmu.

Sama seperti saya yang beberapa waktu lalu pusing dengan bagaimana caranya agar hubungan saya dan pasangan bahagia dan awet. Ternyata, kuncinya sangat sederhana.  Hanya kebiasaan saja. Meski terdengar sangat sepele, kebiasan yang baik bisa menjadi penguat dalam pernikahanmu, lho! Lalu, apa saja hal simpel yang bisa kamu lakukan?

Artikel Terkait: Cara agar Hubungan Kamu dan Pasangan Bahagia

  1. 6 Aktivitas Bareng Pasangan yang Dukung Hubungan Sehat dan Bahagia
  2. Kata Ahli Fengsui, Ini 5 Cara Bikin Kualitas Hubungan dengan Pasangan Meningkat
  3. 5 Ide Kegiatan untuk Berbaikan dengan Pasangan Setelah Bertengkar

1. Tidak berusaha mengubah pasangan

Setiap orang memiliki kekurangan. Begitu juga dengan pasanganmu. Tak ada yang sempurna di dunia ini. Bila pasanganmu punya kebiasaan yang kurang disiplin atau merokok, tak apa. Jangan selalu memprotes kebiasaan buruk mereka dan coba mengubahnya. Mungkin kamu bisa melakukannya, tapi cobalah perlahan dan jangan memaksakan.

2. Bahasa yang tepat

Hal lain yang bisa kamu lakukan di awal pernikahan agar selalu jadi langgeng adalah menggunakan bahasa yang tepat. Misalnya saja suami saya, dia suka sekali menaruh pakaian kotor di sembarang tempat. Tapi saya tak bilang ‘aku benci kamu menaruh pakaian kotor di sana’, melainkan ‘aku senang kamu menaruh pakaian kotor di tempatnya.’

3. Ungkapkan apresiasi

Memberi pujian pada orang lain memang terdengar mudah. Tapi sungguh, hal ini sering dilupakan oleh setiap pasangan. Dalam sebuah pernikahan yang bahagia, setidaknya kamu dan pasangan harus saling tersenyum, memeluk atau saling melihat dan memberi pujian pada mereka. Tak usah yang lebay, mengatakan dia baik saja sudah cukup.

4. Fokus pada hal yang positif

Kamu harus tahu, pasangan yang tak bahagia akan mudah menemukan kesalahan pasanganmu. Namun, bila kamu berusaha menemukan hal yang positif dari pasanganmu, kamu juga akan menemukannya. Tips pernikahan awet dan bahagia yang satu ini memang terdengar gampang, tapi tak sedikit orang yang gagal melakukannya, lho!

5. Jangan memihak musuhnya

Semua orang pasti memiliki orang yang tak disenangi, kan? Termasuk pasanganmu. Kamu harus tahu kapan pasanganmu membutuhkan dukungan dan kapan dia hanya meminta pendapat. Bila saat mereka membutuhkan dukungan dari kamu, contohnya saja karena atasannya di kantor, jangan sampai kamu memihak pada atasannya.

6. Punya ritual spesial

Bila kamu ingin hubungan pernikahan tetap berjalan langgeng dan bahagia, ada baiknya kamu dan pasangan punya ritual yang spesial seperti kencan yang teratur dan lainnya. Tak perlu yang mahal, kamu bisa pergi ke taman bersama sambil menikmati kopi berdua. Bisa juga dengan menikmati teh di sore weekend bersama di halaman rumah.

Artikel Terkait: Menjaga Hubungan dengan Pasangan

  1. Kalau Uang Sering jadi Penyebab Pertengkaran, Ini Cara Mengatasinya
  2. 7 Tipe Obrolan Ini Harus Kamu Miliki dengan Pasangan
  3. Masalah Rumah Tangga yang Sering Muncul dan Cara Ampuh Menghadapinya

7. Lakukan berbagai hal kecil yang berharga

Agar rumah tanggamu bisa berbahagia, ada baiknya kamu tak terlalu fokus dengan hal besar yang sangat kamu inginkan. Misalnya kamu ingin pasangan berhenti merokok dan lainnya. Hal ini otomatis akan membuat pernikahanmu tak bahagia. Lakukan saja berbagai hal kecil yang berharga seperti memberinya sebuah pelukan atau kejutan.

Nah, tidak terlalu sulit untuk menerapkan tips pernikahan awet dan bahagia di atas, kan? Kunci utama dari pernikahan yang langgeng itu sendiri adalah komunikasi yang baik.

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Tunaiku