Beranda > Gaya Hidup > Perlukah Anak Belajar Bahasa Asing Sejak Dini? Berikut Manfaatnya!

Perlukah Anak Belajar Bahasa Asing Sejak Dini? Berikut Manfaatnya!

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Perlukah Anak Belajar Bahasa Asing Sejak Dini? Berikut Manfaatnya!watermark

TUNAIKU.COM – Semakin majunya perkembangan zaman, kualitas SDM pun harus ditingkatkan. Nggak hanya dalam aspek teknologi, kemampuan bahasa pun juga. Pasalnya semakin majunya zaman, membuat segi kehidupan kita pun lebih global. Penguasaan bahasa asing pun menjadi sangat penting.

 

Untuk itu, sangat penting bagi orang tua menanamkan pendidikan bahasa asing sejak dini. Pendidikan bisa didapatkan dari sekolah, les tambahan, atau belajar sendiri melalui film dan lagu. Pendidikan semacam ini memang sangat penting. 

 

Artikel Terkait: Pola Pengasuhan Anak Ini Bisa Kamu Terapkan

  1. Cara Terbaik Mengasuh Anak Angkat atau Anak Adopsi
  2. Jurus Kompak Besarkan Anak Bersama dengan Mertua
  3. Hai Orang Tua, Kepribadian Anak Ternyata Bisa Diketahui dari Kecil

 

Lalu sejak kapan bahasa asing bisa diajarkan pada anak? Sedini mungkin, bahkan saat mereka menginjak prasekolah (tiga tahun pertamanya). Semakin dini pendidikan asing diberikan, tentu memberikan manfaat lebih maksimal. Ini dia beberapa manfaatnya!

 

1. Lebih peka terhadap bahasa dan pendengarannya

Pembelajaran bahasa asing sejak dini bisa membuat buah hati lebih peka terhadap kemampuan berbahasa dan juga pendengarannya. Kepekaan ini akan memudahkan mereka dalam mengucapkan dan memahami bahasa. Jika sejak kecil sudah sering didengarkan bahasa asing, buah hati pun jadi lebih peka terhadap bahasa asing itu sendiri. Nantinya dia akan lebih mudah dalam memahami dan melafalkannya.

 

2. Daya kreativitas dan imajinasinya terasah

Kreativitas dan daya imajinasi itu sangat penting. Dua hal tadi bisa menjadi modal buah hati untuk survive di kehidupan mendatang. Nah, belajar bahasa sejak dini ini secara nggak langsung bisa mengasah daya kreativitas dan imajinasi anak. So, jangan ragu untuk memperkenalkan bahasa asing sejak usianya masih dini.

 

3. Membuat lebih paham pada bahasa ibu

Semakin dini anak belajar bahasa asing, dia akan paham bahwa bahasa ibu (Bahasa Indonesia) yang paling mudah dipahami. Jika bahasa asing yang susah dipahami saja sudah dipelajari sejak dini, otomatis bahasa ibu jadi lebih mudah untuk dipahami anak. Jadi secara nggak langsung, dengan belajar bahasa asing buah hati akan lebih mudah dalam memahami bahasa sendiri. 

 

4. Wawasan budayanya berkembang

Dengan mempelajari bahasa asing, anak jadi paham akan budaya asing yang ada di suatu negara. Well, nggak bisa dimungkiri kalau bahasa dan budaya itu nggak bisa dipisahkan. Jadi kalau mempelajari bahasa suatu daerah, otomatis si anak juga mempelajari budayanya. Wawasan anak pun jadi lebih berkembang dan terbuka dengan budaya baru.

 

Artikel Terkait: Pentingnya Belajar Bahasa Asing Sejak Dini

  1. Kamu Sedang Mendalami Bahasa Asing? Perhatikan Hal Ini!
  2. Bahasa Asing Jadi Investasi, Ini 10 Alasan Wajib Menguasainya
  3. Sejak Umur Berapa Anak Sebaiknya Diajarkan Bahasa Asing? Perhatikan 5 Hal ini!

 

5. Membuatnya lebih siap menghadapi kehidupan

Nantinya, penguasaan bahasa asing sangat berguna bagi kehidupan. Entah itu untuk melamar beasiswa, pekerjaan, pertukaran pelajar, traveling ke luar negeri, dan lain sebagainya. Jika si anak sudah dikenalkan bahasa asing sejak dini, mereka akan lebih siap dalam menghadapi semua itu.

 

Itu dia 5 manfaat yang didapatkan jika si anak belajar bahasa asing sejak dini. Banyak manfaatnya, kan? Jadi jangan ragu untuk mengenalkannya dari awal, ya.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan. 

 

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett