Beranda > Gaya Hidup > Pengen Beli Rumah? Ini Dia 6 Tipe Hunian yang Bisa Dipilih sesuai Kebutuhan dan Budget-mu

Pengen Beli Rumah? Ini Dia 6 Tipe Hunian yang Bisa Dipilih sesuai Kebutuhan dan Budget-mu

Pengen Beli Rumah? Ini Dia 6 Tipe Hunian yang Bisa Dipilih sesuai Kebutuhan dan Budget-muwatermark

TUNAIKU.COM – Rumah bukan sekadar bangunan untuk berteduh dan tidur. Lebih dari itu, rumah adalah tujuan untuk pulang, membangun keluarga, dan membesarkan anak-anak kita.  Makanya, beli rumah sendiri jelas nggak boleh ditunda-tunda. Tapi, sebelum kamu membeli sebuah hunian, kamu perlu mengenal berbagai tipe hunian yang tersedia terlebih dulu.

 

Berdasarkan jenisnya, hunian dibedakan menjadi rumah tapak, rumah susun, ruko, dan lain-lain. Rumah tapak pun ada beberapa macam. Yuk, kenali dulu 6 tipe rumah tapak yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan budget-mu!

 

Tipe 21

Dengan luas yang hanya 21 meter persegi, rumah ini terlihat mungil dan minimalis. Dimensi biasanya berupa 3 x 7 meter, 5,25 x 4 meter, atau 6 x 3,5 meter. Pada rumah tipe 21 dengan satu lantai, hanya terdapat 1 kamar tidur. Cocok buatmu yang pengantin baru atau yang menyukai gaya hidup minimalis.

 

Kalau merasa perlu ruang lebih, hunian ini pun bisa kamu perluas menjadi 2 lantai lewat konsep rumah tumbuh. Harga rumah tipe 21 biasanya berkisar antara Rp 80-300 jutaan.

 

Tipe 36

Inilah tipe standar rumah minimalis buat keluarga kecil dengan satu anak atau yang baru menikah. Dengan dimensi 6 x 6 meter atau 9 x 4 meter, rumah ini biasanya sudah dilengkapi dengan dua kamar tidur. Harganya pun masih sangat terjangkau kantong, antara Rp 120-400 juta per unitnya.

 

Tipe 45

Karena luasnya pas dan harganya yang masih terjangkau, rumah tipe 45 menjadi salah satu tipe  hunian yang paling banyak dicari. Biasanya, rumah tipe ini memiliki 2-3 kamar tidur dan memiliki ruang tamu dan ruang keluarga yang terpisah. Ingin tahu harganya? Kamu bisa memiliki rumah tipe ini dengan merogoh kocek sekitar Rp 150-500 juta.

 

Tipe 54

Rumah tipe 54 biasanya menawarkan ruangan yang lega dengan 3 kamar tidur, menjadikannya sebagai salah satu hunian favorit bagi kalangan menengah ke atas. Dimensi bangunan umumnya dibuat  9 x 6 meter atau 13,5 x 4 meter. Sementara, per unitnya biasanya dibanderol dengan harga antara Rp 250-800 juta.

 

Tipe 60

Punya dana yang cukup melimpah dan ingin mengeksplorasi rumah sesuai gaya kamu? Rumah tipe 60 ini mampu memberi kamu perasaan luas dan lapang saat tinggal di dalamnya, sehingga kamu pun bisa beraktivitas dengan leluasa, baik itu kerja maupun bersantai. Untuk harganya, kamu bisa menebusnya dengan Rp 300-900 jutaan.

 

Tipe 72

Nah, kalau kamu ingin mengajak orang tua untuk tinggal bersama pasangan dan anak-anak di rumahmu, nggak ada salahnya untuk berinvestasi ke tipe hunian yang satu ini. Dengan kamar yang jumlahnya cukup banyak dan ruangan yang luas, sanak keluargamu bisa beraktivitas di dalam rumah dengan bebas.

 

Tapi, harga rumah tipe 72 memang nggak murah, yaitu berkisar antara Rp 500 juta hingga milyaran rupiah. Selain itu, perawatan rumah sebesar ini juga tentu lebih sulit dibandingkan rumah yang mungil.

 

Kira-kira hunian tipe mana yang bakal menjadi pilihanmu? Yang manapun itu, semoga ia menjadi tempat pulang yang paling nyaman!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett