Inspirasi dan Edukasi Finansial dari Amar Bank – Apakah kamu ingin mengetahui bagaimana pengajuan dan syarat kredit motor? Kamu sudah berada di artikel yang tepat.

 

Kendaraan rasanya sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat Indonesia. Modal transportasi umum yang masih terbatas serta besarnya wilayah-wilayah di Indonesia membuat masing-masing orang harus memiliki kendaraan pribadi sendiri untuk berpergian.

 

Sepeda motor menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk bepergian. Harga sepeda motor yang cukup terjangkau serta efisiensi yang baik, membuat banyak masyarakat Indonesia memilih untuk membeli sepeda motor.

 

Kini Swara Tunaiku menyediakan fitur Kalkulator Finansial. Ini bisa membantumu untuk mengatur rencana budget pernikahan, bisnis, renovasi rumah, traveling atau liburan. Yuk, cobain fiturnya di sini.

 

Dalam membeli motor, banyak orang memilih untuk melakukan pembelian secara kredit atau cicilan. Tentu saja hal ini diikuti oleh syarat kredit motor yang harus dipenuhi.

 

Yuk, kita bahas syarat kredit motor beserta prosedur pengajuannya, bagi kalian yang ingin membeli motor secara kredit.

 

Baca juga: Tips Beli Motor Bekas agar Tidak Menyesal Kemudian Hari

 

Syarat kredit motor

 

 

Sebenarnya syarat kredit motor tidaklah terlalu berat. Rata-rata setiap masyarakat yang telah bekerja, mampu untuk memenuhi syarat kredit motor.

 

Syarat kredit motor dapat berbeda-beda antara seseorang dengan seseorang lainnya, tergantung jenis pekerjaannya.

 

Karyawan, wiraswasta, hingga orang-orang dengan profesi tertentu memiliki syarat kredit motor yang berbeda-beda.

 

Rata-rata, syarat dan dokumen yang harus dilampirkan sebagai syarat kredit motor adalah sebagai berikut:

 

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Lama kerja minimal 1 tahun
  • Usia minimal 21 tahun / sudah menikah / pernah menikah
  • Fotokopi KTP pemohon yang masih berlaku
  • Fotokopi KTP pasangan yang masih berlaku (jika sudah menikah)
  • SalinanKartu Keluarga (KK) atau akte nikah
  • Fotokopi bukti kepemilikan rumah atau bukti tempat tinggal (rekening listrik/ telepon/ PAM/ PBB/ AJB)
  • Fotokopi bukti penghasilan berupa slip gaji atau surat keterangan gaji (slip gaji minimal 3 bulan terakhir) atau dokumen-dokumen pendirian perusahaan jika pemohon adalah seorang wiraswastawan
  • Salinan NPWP jika pembiayaan dana lebih dari 50 juta
  • Usia maksimal pemohon pada saat lunas kredit adalah 55 tahun

 

Kamu juga bisa mengajukan pinjaman di Tunaiku sampai Rp20 juta dengan tenor 20 bulan. Tunaiku adalah platform pinjaman yang berada di bawah pengawasan OJK sehingga aman untuk digunakan. Pelajari di sini.

 

Baca juga: Utamakan Kenyamanan, Begini Tips Memilih Mobil untuk Kebutuhan Keluarga

 

Cara pengajuan kredit motor

 

Pertama-tama yang perlu diperhatikan adalah kemampuan kalian dalam membayar cicilan kredit motor. Pastikan besaran cicilan perbulan tidak lebih dari 30% dari pemasukan kalian per bulan. Itupun jika kalian tidak memiliki cicilan-cicilan lain.

 

Jika ternyata total cicilan kalian sudah lebih dari 30% dari penghasilan kalian, lebih baik kalian menunda dulu untuk mencicil motor, atau carilah motor yang lebih terjangkau.

 

Selanjutnya, jika hitung-hitungannya sudah dapat, kalian dapat langsung mengajukan cicilan ke lembaga kredit/leasing. Biasanya ini juga dapat dibantu oleh dealer tempat kalian membeli motor tersebut.

 

Pilihlah yang bunganya paling bersahabat, jangan sampai terjerat oleh lembaga leasing yang tidak jelas, nanti ujung-ujungnya malah dapat membahayakan kalian. 

 

Bunga cicilan ini harus kalian perhatikan juga loh. Selain itu, kalian harus perhitung juga biaya-biaya lain di luar bunga yang kadang dibebankan oleh perusahaan leasing.

 

renovasi rumah pinjaman uang online mudah tunaiku amar bank

 

Baca juga: Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Membeli Mobil untuk Usaha

 

Tips agar pengajuan kredit diterima oleh pihak leasing

 

Ketika kita berutang, trust atau kepercayaan adalah hal yang utama. Semua lembaga kredit seperti leasing, bank, hingga fintech, selalu menjunjung tinggi asas kepercayaan. In fact, kredit itu sendiri adalah kepercayaan!

 

Kalian harus menjadi orang yang terpercaya jika kalian ingin mengajukan kredit motor. Jangan ada itikad tidak baik untuk tidak membayar, lalu kemudian playing victim ketika ditagih.

 

Jika catatan utang kalian bersih, tentu akan lebih mudah untuk mendapatkan kredit dari lembaga leasing. Bahkan, tidak perlu mencari, kadang lembaga leasing yang akan menawarkan dengan sendirinya.

 

Itu jika catatan kredit kalian baik, jika buruk, wah, bisa-bisa yang mau menerima hanya rentenir saja, tentunya dengan bunga mencekik.

 

Kejujuran adalah hal yang utama. Jika memang pendapatannya masih dinilai kurang besar untuk mendapatkan kredit, ya sudah, tidak perlu untuk membesar-besarkan pendapatan, ujung-ujungnya hanya akan meninggalkan catatan hitam di credit score kalian.

 

Jika memang syarat kredit motor sudah aman, sudah dapat terpenuhi semua, maka tentu pengajuan kredit motor kalian akan diterima oleh pihak leasing dengan mudah dan cepat.

 

Ajukan pinjaman sebesar Rp20 juta agar keinginan mendapatkan motormu cepat terwujudkan. Ajukan pinjaman di Tunaiku yang telah mendapatkan izin dan diawasi oleh OJK di sini.