SWARA – Libur panjang sebentar lagi. Apakah kamu punya rencana liburan? Kalau belum, apakah kamu masih galau ingin naik apa saat liburan? Mau naik transportasi umum nggak dapat tiket, mau sewa atau naik mobil pribadi, tapi takut boros. Ada solusinya, sih. Kamu bisa merancang resolusi di tahun baru untuk punya mobil murah, nyaman, dan irit bahan bakar.

 

Harus kamu tahu, nggak semua mobil bikin tekor. Soalnya, ada beberapa mobil yang memang diketahui irit. Pas banget buat kamu yang mau liburan tapi belum punya tiket dan takut pengeluaran bengkak karena boros bahan bakar.

 

Nah, kalau kamu mulai mempertimbangkan opsi ini, yuk, ketahui dulu potret mobil hemat BBM sepanjang masa.

 

Artikel Terkait: Topik Seputar Memilih Mobil

  1. 5 Alasan Akhir Tahun Adalah Waktu yang Tepat untuk Beli Mobil
  2. Harga Terbaru Beberapa Tipe Mobil Lansiran Jeep
  3. 5 Mobil Jadul yang Cocok bagi Penyuka Gaya Klasik

 

1. Daihatsu Sigra Tipe X

1

Sumber: Daihatsu Tunas Garut

 

Masuk ke dalam kategori mobil-mobil paling irit BBM, mobil yang merupakan kelas LCGC ini mengonsumsi bensin hanya 19 kilometer per liter, dengan catatan janis bensin yang digunakan adalah yang beroktan 92.
Hanya saja, kamu harus memilih Daihatsu Sigra varian X jika ingin menggunakan mobil ini untuk pergi liburan. Karena hanya varian X lah yang lolos uji ASEAN NCAP dengan predikat yang cukup baik.

 

2. Daihatsu Ayla 1.0 D M/T

2

Sumber: Daihatsu Ayla

 

Dilansir dari situs resmi Daihatsu Indonesia, mobil jenis LCGC pabrikan Daihatsu ini dijual dengan harga paling murah Rp94 jutaan. Meski murah, kamu nggak perlu khawatir untuk urusan keamanan. Mobil ini dilengkapi fitur dengan keamanan standar seperti, seat belt di baris pertama dan kedua, side impact beam, dan head rest buat penumpang belakang.

 

Daihatsu Ayla dilengkapi dengan body color bumper, material color outer door handle, dan material color manual outer mirror pada bagian eksterior. Sedangkan bagian interior diisi dengan steer wheel ukuran 13 inci, fabric seat material, board door trim, molded head lining, dark instrument panel, sun visor, dan garnish pada pilar B.

 

3.Honda Brio Satya

3

Sumber gambar: Mobilkamu

 

Berikutnya adalah mobil LCGC paling laris, Honda Brio Satya. Nggak hanya memiliki tampilan stylish, mobil ramah lingkungan pabrikan Honda ini juga memukau pada bagian dapur pacunya. Menggunakan mesin i-VTEC 1.2 Liter membuat mobil ini dapat melesat dengan tenaga 90 PS pada 6.000 rpm dan torsi mencapai 110 Nm pada 4.800 rpm.

 

Pada bagian interior, city car ini dilengkapi dengan fitur keamanan Dual Front SRS Airbag. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi sistem pengereman ABS + EBD.

 

4. Daihatsu Go Panca

4

Sumber gambar: Autonetmagz

 

Berikutnya merupakan keluaran pabrikan Datsun, Datsun Go Panca yang merupakan salah satu pionir kelas LCGC di Indonesia. Dikhususkan sebagai mobil perkotaan atau lebih umum disebut dengan city car, mobil ini pas banget buat kamu yang ingin keliling kota destinasi wisatamu nanti.

 

Pasalnya sebagai mobil LCGC, Datsun Go Panca memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Dengan spesifikasi mesin 1.198cc, Datsun Go Panca mampu melesat dengan tenaga sebesar 68 PS dengan torsi 104 Nm.

 

Kalau kamu ingin membelinya, mobil ini juga nggak terlalu mahal. Malah bisa dibilang termasuk dalam mobil-mobil murah. Datsun Go Panca dibanderol dengan harga Rp114 juta saja.

 

5. Suzuki Karimun Wagon R

5

Sumber gambar: Detik Oto

 

Mobil LCGC berikutnya keluar dari pabrikan Suzuki, yakni Suzuki Karimun Wagon R. Mobil ini mengusung mesin dengan teknologi DOHC berkapasitas 998cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 68 PS pada 6.200 rpm dan torsi sebesar 90 Nm pada 3.500 rpm.

 

Mobil ini termasuk sebagai mobil murah, dibanderol dengan harga Rp105 jutaan, tetapi dijamin nggak bikin kamu merasa rugi. Pasalnya, mobil ini didesain dengan bodi kukuh dengan dimensi panjang 3.600 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggia 1.700 mm. Selain itu, Suzuki Karimum Wagon R juga menawarkan interior mewah dan stylish.

 

Artikel Terkait: Tips Merawat Mobil

  1. Nggak Mahal, Ini 5 Cara Hemat Merawat Mobil BMW
  2. 8 Hal yang Harus Diketahui saat Merawat Mobil Manual
  3. 8 Hal yang Harus Diketahui Saat Merawat Mobil Matic

 

Nah, itulah lima mobil irit bahan bakar, nyaman dikendarai, dan bisa jadi rekomendasi mobil untuk kamu sewa ketika pergi liburan untuk keliling destinasi wisata. Di sisi lain, kamu juga bisa beli sendiri untuk menemani aktivitas setiap hari.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

Tunaiku   HENDRATANU WIJAYA

 

 

 

 

 

Tunaiku