SWARA – Jelang akhir tahun, suasana liburan mulai terasa semakin dekat. Kalau kamu berencana untuk bepergian ke luar kota, sebaiknya pilihlah untuk liburan pakai mobil dengan alasan kesehatan dan keamanan.

 

Saat ini, penyebaran kasus Covid-19 masih terus terjadi. Kalau kamu berlibur menggunakan kendaraan umum, kamu berpotensi untuk banyak berinteraksi dengan orang lain. Hal ini tentu beresiko memicu penyebaran virus.

 

Oleh karena itu, liburan pakai mobil bisa jadi solusi yang tepat supaya kamu tetap bisa menikmati liburan dengan sehat dan aman. 

 

Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Liburan Pakai Mobil

 

Bagi sebagian orang, bepergian dengan membawa mobil sendiri mungkin akan terasa melelahkan. Tidak seperti saat menggunakan transportasi umum, karena kamu bisa beristirahat dengan tenang sepanjang perjalanan.

 

Akan tetapi, rasa lelah itu sebenarnya bisa diatasi, kok. Berikut ini beberapa hal yang kamu perlu persiapkan saat akan liburan pakai mobil:

 

  • Jaga kesehatan tubuh

 

Liburan pasti akan semakin menyenangkan kalau dinikmati dalam kondisi sehat. Sebelum memutuskan untuk berlibur, sebaiknya lakukan pemeriksaan terlebih dahulu, salah satunya dengan swab test atau rapid test antigen. 

 

Kedua tes tersebut juga menjadi persyaratan bagi pendatang yang ingin masuk ke kota-kota besar sepanjang masa liburan akhir tahun. Pendatang yang menggunakan kendaraan atau mobil pribadi tetap harus menunjukkan hasil negatif dari tes ini. 

 

  • Pastikan kondisi mobil sehat

 

Bukan hanya kesehatan tubuhmu yang perlu diperhatikan, kesehatan mobil juga harus dijaga. Sebab, kamu akan bergantung sepenuhnya pada kemampuan mobilmu untuk membawamu pergi berlibur.

 

Sebelum berangkat, pastikan air radiator mobil dalam kondisi penuh dan oli mesin ada pada volume yang cukup. Perhatikan juga kondisi rem, filter dan selang bensin, timing belt, saringan udara, dan lampu. Jangan sampai ada salah satu bagian yang mengalami kerusakan fatal, sampai membahayakan perjalananmu nantinya.

 

  • Mencari tahu tentang syarat dan protokol kesehatan

 

Di masa libur Natal dan Tahun Baru ini, pemerintah sudah menetapkan banyak persyaratan baru. Persyaratan ini akan berlaku selama musim liburan akhir tahun. Sebaiknya, cari tahu mengenai syarat-syarat baru serta pelaksanaan protokol kesehatan di kota yang kamu tuju.

 

Misalnya, jika kamu berencana untuk liburan ke Yogyakarta, maka kamu harus membawa hasil negatif dari uji rapid test antigen. Selain itu, kamu hanya boleh berkunjung ke tempat wisata dari jam 09.00 WIB sampai 22.00 WIB. 

 

  • Istirahat yang cukup

 

Sebelum berangkat, akan lebih baik kalau kamu bisa mengambil waktu untuk istirahat yang cukup. Perjalanan dengan mobil pasti akan melelahkan, jadi kamu harus memiliki energi yang cukup untuk membawa mobil sampai ke tujuan.

 

Selain itu, istirahat yang cukup juga bisa membantu kamu untuk tetap memiliki kondisi tubuh yang tetap sehat. Jadi, kamu pun bisa terhindar dari berbagai penyakit. 

 

Tips Liburan Pakai Mobil dengan Aman

 

Selain mempersiapkan kesehatan diri dan mobil, kamu juga bisa mengikuti tips berikut ini agar bisa liburan pakai mobil dengan aman: 

 

  • Bawa cadangan alat kesehatan

 

Karena kasus penyebaran virus corona masih belum berakhir, kamu tidak boleh lupa untuk selalu membawa peralatan kesehatan seperti masker, hand sanitizer, dan lain sebagainya. Akan lebih baik lagi kalau kamu bisa membawa cadangan dalam jumlah yang cukup untuk perjalananmu.

 

  • Berhenti menyetir saat mengantuk

 

Jangan paksakan diri untuk tetap menyetir saat mengantuk. Dilansir dari Kompas, kamu bisa mengambil waktu untuk menepi selama kurang lebih 30 menit untuk tidur sebentar. Walau hanya 30 menit, tapi itu sudah cukup untuk mengembalikan energi.

 

  • Mencari alternatif jalan

 

Sepanjang perjalanan, kamu bisa memanfaatkan aplikasi seperti Google Maps untuk mencari alternatif jalan menuju tujuan. Alternatif jalan ini bisa membantumu untuk bisa mencari jalan pintas, jalan yang tidak macet, dan sampai di tujuan dengan lebih cepat. 

 

  • Membawa bekal makanan dan minuman

 

Perjalanan menuju tempat tujuan tentu tidak singkat. Jadi, untuk memastikan kondisi tubuhmu tetap sehat, kamu tidak boleh lupa membawa bekal makanan dan minuman. Hal ini penting supaya kamu tidak menjadi lemas dan mudah jatuh sakit selama perjalanan.

 

  • Membayar secara cashless

 

Di tengah perjalanan, kamu mungkin perlu mengistirahat diri di rest area atau mengisi bensin di pom bensin. Apa pun transaksi yang kamu lakukan sepanjang perjalanan, usahakan untuk hanya menggunakan pembayaran secara cashless

 

Pembayaran cashless bisa meminimalisir kontak dengan orang lain, sehingga mencegah terjadinya penyebaran virus corona. 

 

Itulah beberapa tips dan hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai liburan pakai mobil di akhir tahun. Jangan lupa untuk tetap mengutamakan keamanan dan kesehatan selama masa liburanmu.