SWARA – Saat ini banyak kendaraan yang dirancang menggunakan teknologi ramah lingkungan yang dapat menekan penggunaan bahan sehingga bisa lebih irit. Namun, bagaimana dengan pemilik kendaraan pribadi yang belum mengadopsi teknologi ramah lingkungan? Apakah nggak bisa menghemat penggunaan bahan bakar?

Tenang, meski mobil atau motormu belum ramah lingkungan, kamu tetap bisa membuatnya irit bahan bakar. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

 

Artikel terkait: Info lainnya seputar otomotif

  1. 5 Perbedaan Pria dan Wanita saat Memutuskan Membeli Mobil
  2. 7 Rekomendasi Motor Sport Murah yang Bisa Kamu Koleksi
  3. Siap-siap, Motor Ini Akan Segera Masuk ke Indonesia! Dapatkan dengan Pinjaman Uang Bayar Bulanan!

 

1. Melakukan perawatan mesin secara berkala

Kondisi mesin yang prima akan membantu kendaraanmu lebih efektif dalam penggunaan bahan bakarnya. Lakukan perawatan secara berkala, salah satunya lewat pengaturan klep.

Klep adalah pengatur pembakaran yang dikeluarkan oleh bahan bakar. Jika intensitas buka tutup klep terjadi terlalu cepat, laju kendaraan bisa lebih cepat. Akan tetapi, konsekuensi dari hal ini adalah pemakaian bahan bakar menjadi lebih besar. Oleh karena itu, ada baiknya kalau kamu mengatur klep sesuai dengan kebutuhanmu. Sehingga, pemakaian bahan bakar menjadi lebih efektif.

 

2. Periksa pembakaran

Selain klep, cek juga kondisi busi. Busi merupakan komponen dari mesin yang berfungsi memantik pembakaran pada piston kendaraan. Pembakaran yang baik mampu membantu piston bekerja lebih baik untuk mendistribusikan panas sehingga tenaga yang dihasilkan lebih efektif.

 

3. Hindari pengereman mendadak

Pengereman mendadak akan menyebabkan penggunaan bahan bakar secara berlebih saat kondisi pedal gas ditekan dengan mendadak. Aturlah kecepatan dan cobalah untuk menjaga kecepatan dalam kondisi stabil saat kendaraan berjalan.

4. Tekanan pada ban cukup

Kendaraan dengan tekanan udara yang kurang akan membuat laju roda lebih berat, sehingga menyebabkan mesin kendaraan bekerja lebih keras saat melaju. Tenaga yang dibutuhkan untuk memutar kendaraan berbanding lurus dengan pemakaian bahan bakar. Kondisi ban dengan tekanan yang kurang mengakibatkan pemakaian bahan bakar berlebih.

 

5. Pahami beban maksimal kendaraan

Selain tingkat tekanan pada ban, beban pada kendaraan juga memengaruhi efektivitas tenaga yang digunakan. Jika beban melebihi kapasitas, otomatis tenaga yang dibutuhkan lebih besar. Untuk menghasilkan tenaga besar, penggunaan bahan bakar juga ikut besar.

 

Artikel terkait: Kebiasaan yang bisa merusak mobil

  1. 7 Kebiasaan yang Sepele dan Tanpa Disadari Bisa Merusak Mobil
  2. Kenali 7 Jenis Kerusakan Ban Mobil dan Cara Mengatasinya
  3. 7 Cara Merawat Mobil di Musim Hujan Agar Tidak Cepat Rusak

 

6. Matikan AC saat macet

Ketika terjebak kemacetan, pemakaian AC menjadi salah satu penyebab pemborosan bahan bakar. Pasalnya, ketika AC dinyalakan secara terus menerus, kerja mesin akan semakin berat, yang secara otomatis akan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar. Tips lainnya terkait penggunaan AC adalah, jangan membuka jendela mobil saat kamu menyalakan AC, sebab AC akan lebih sulit untuk menurunkan temperatur dalam kabin, dan hal ini juga menyebabkan kerja AC semakin berat.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


TunaikuHENDRATANU WIJAYA