SWARA – Memasuki musim kemarau maka semua harus bersiap menghadapi cuaca yang panas dan menyengat. Nggak hanya mempersiapkan diri agar terus bisa fit dan sehat tetapi juga memastikan kendaraan akan terus terawat melewati jalanan yang beruap dan panas. Merawat kendaraan di musim panas pun ternyata ada tips dan triknya. Agar tidak menjadi masalah saat kamu beraktivitas maka simak cara merawat kendaraan sebagai berikut.

 

Artikel terkait: Cara memilih motor yang paling pas

  1. Nyaman dan Gaya, Ini 5 Motor yang Cocok untuk Perempuan
  2. 4 Tips Bijak Memilih Motor untuk Kebutuhan Sehari-hari
  3. Kenali 5 Tipe Motor dan Kegunaannya agar Tidak Salah Pakai

 

1. Jaga mesin kendaraan agar tetap dingin

Sedingin-dinginnya mesin kendaraan, tentu tidak sama dengan es batu. Apalagi kalau setiap hari dipakai untuk beraktivitas, misal pergi kerja. Dalam setiap kendaraan pasti ada selang pendingin. Pada waktu mesin belum dipakai, periksa selang tersebut. Kemudian peras biar tidak licin dan mudah bocor ketika digunakan untuk beraktivitas selanjutnya.

 

2. Cek tekanan ban

Pengecekan ini harus dilakukan, terutama sebelum kamu berkendara. Jangan sampai angin di dalamnya kurang. Nanti bisa habis termakan velg. Setiap produsen kendaraan memiliki standar tekanan ban masing-masing. Tapi pada umumnya, tekanan ban yang pas itu tidak kurang dari 40. Untuk lebih jelasnya, coba telusuri kembali spesifikasi kendaraanmu.

 

3. Rajin-Rajin menutup tirai

Peran tirai ini tidak bisa diremehkan pada saat cuaca lagi panas-panasnya. Ini khusus kamu yang mau merawat kendaraan jenis mobil, ya. Fungsi paling utama dari penutupan tirai ini untuk melindungi dashboard dari kemungkinan serangan sinar ultraviolet. Sinar ini sangat berbahaya untuk kulit manusia, apalagi komponen kendaraan.

 

4. Cuci kendaraan secara berkala

Entah mobil, motor, bus, dan lainnya selalu membutuhkan perawatan nomor 4 ini. Tidak bisa ditawar lagi. Sisihkan waktumu untuk membersihkan dan merawat kendaraan di cuaca panas. Lagi pula tidak makan banyak waktu, kan? Paling-paling lebih lama ketika waktu kamu habiskan untuk berbincang ria dengan teman-teman sebaya.

 

5. Rutin membersihkan penyaring udara pada mesin

Selain menjaga mesin agar selalu dingin, saringan udaranya juga wajib dibersihkan. Kalau tidak, nanti mudah batuk saat diajak berkeliling. Dalam setiap perjalanan, pasti saringan udara akan sering menangkap debu, kotoran, dan lainnya. Jika dibiarkan lama-lama, kinerja mesin akan terpengaruh. Untuk meminimalisir kesalahan, bisa konsultasi dengan teknisi.

 

6. Perhatikan ac kendaraan

Cara ini hanya bisa diterapkan khusus kamu yang punya mobil, bus, atau sejenis minibus. Peranan AC itu sangat penting. Jadi, dalam waktu berkala, harap bawa saja ke bengkel atau panggil teknisi untuk mengontrol kesehatan AC. Soalnya kalau sampai bocor, mesin mobil juga akan terpengaruh. Air-air yang keluar bisa menetes di kaca bahkan sampai mesin.

 

7. Sediakan cairan pencuci kaca depan

Tersedianya cairan pencuci kaca depan menandakan kalau kamu loyal dengan keamanan berkendara. Dalam cuaca panas, partikel kaca akan mudah memuai. Maka, penting sekali kaca kendaraanmu disemprot. Kemudian dibilas dengan wiper. Harap perhatikan pula kualitas cairannya. Biar kinerja wiper jadi maksimal dan tidak tersendat di tengah jalan.

 

Artikel terkait: Cara beli motor dengan harga murah

  1. Begini Cara Mudah Menghitung Simulasi Kredit Motor Tanpa Ribet
  2. Ini 10 Trik Membeli Motor Murah Berkualitas Tinggi Tanpa Tertipu
  3. Butuh Sepeda Motor Untuk Bekerja? Ini Kiat Beli Motor Kredit Pakai Pinajaman Tunaiku  

 

8. Membersihkan kaca secara manual

Saat cuaca lagi panas-panasnya, peranan kaca untuk melindungi interior kendaraan sangat besar. Oleh sebab itu, kaca wajib dibersihkan setiap hari. Tapi harap lakukan dengan manual. Jangan pakai mesin yang serba otomatis. Biar tidak menimbulkan goresan yang akan merusak nilai estetika kendaraanmu. Kalau motor sih tidak perlu.

Setiap kali berkendara, selalu siapkan air mineral. Biar kamu terhindar dari potensi dehidrasi. Jangan terlalu banyak pula membawa barang yang bisa bikin kendaraan semakin panas. Merawat kendaraan tidak sesulit yang kita bayangkan. Justru kesulitan itu biasanya datang dari rasa malas kita sendiri. Bukan dari pihak luar. Oleh karena itu, sayangi kendaraanmu.

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

1


TUNAIKUSWARA TUNAI