Beranda > Gaya Hidup > Ngetrip ke Korea? Ingat 9 Tradisi yang Penting Ini!

Ngetrip ke Korea? Ingat 9 Tradisi yang Penting Ini!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Ngetrip ke Korea? Ingat 9 Tradisi yang Penting Ini!watermark

TUNAIKU.COM – Merencanakan liburan sudah pasti adalah hal yang menyenangkan, apalagi kalau berlibur ke luar negeri. Saat liburan ke luar negeri, kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman, seperti teman saya saat pertama kali liburan ke Singapura. Selalu ada pengalaman seru yang nggak terlupakan karena dompetnya pernah tertinggal di dalam bus. Namun, uniknya dia bisa menemukan kembali dompetnya karena di Singapura terdapat banyak sekali CCTV di tempat umum yang bisa memantau semua hal yang terjadi. 

 

Selain mengetahui seperti apa tempat yang akan kita kunjungi saat pergi ke luar negeri, kamu ternyata juga perlu tahu budaya setempat yang masih berlaku. Apalagi negara-negara Asia masih menjunjung tinggi budaya, termasuk Korea. Nah, buat kamu yang punya rencana untuk jalan-jalan ke Korea, kamu perlu tahu apa saja budaya yang ada di Korea biar lebih paham dan bisa menikmatinya saat berwisata. Apa saja budaya dan tips yang harus diikuti? Yuk, simak di bawah ini!

 

1. Pahami kata-kata sederhana

Seperti orang di negara-negara Asia pada umumnya, orang Korea juga terkenal ramah dan sering menyapa kepada turis asing, lho. Mereka biasa menyapa dengan kalimat-kalimat pendek. Nah, agar kamu bisa berinteraksi sekaligus menghargai mereka, kamu perlu menghafalkan beberapa kata sapaan pendek, misalnya annyeonghaseyo (halo), kamsahamnida (terima kasih), sillyehamnida (permisi), dan lain sebagainya.

 

Artikel Terkait: Serba-serbi di Korea

  1. 9 Tren Operasi Plastik yang Digemari di Korea Saat Ini, Tertarik?
  2. 10 Tempat Wisata Gratis yang Wajib Kamu Kunjungi Kalau Sedang Ke Negeri Ginseng, Korea Selatan!
  3. 8 Restoran Halal di Korea yang Bisa Kamu Kunjungi

 

2. Cara memanggil orang di Korea

Ada banyak cara memanggil orang dari kejauhan salah satunya dengan melambaikan tangan. Namun di Korea sebaiknya kamu jangan memanggil orang dengan melambaikan tangan yang menghadap ke atas karena dianggap seperti memanggil hewan peliharaan. Hati-hati, ya!

 

3. Nggak boleh memberi tip

Saat berada di restoran atau hotel, terkadang kamu terbiasa memberi tip kepada pelayan sebagai ucapan terima kasih. Namun, di Korea hal itu justru dianggap melecehkan, lho. Jadi, cukup ucapkan terima kasih, ya.

 

4. Banyak street food menjelang pagi hari

Negara seperti Thailand dan Korea terkenal dengan makanan jalanannya. Di Korea, street food ini bisa mulai kamu temui jam 4 subuh, lho. Orang Korea suka sekali berpesta hingga menjelang pagi, dan setelah berpesta mereka kelaparan, jadi street food di Korea akan ramai pada jam-jam subuh.

 

5. Budaya makan bersama

Jika kamu pernah makan makanan Korea di Indonesia seperti Bibimbap, kamu tentu merasa mangkuk yang disajikan begitu besar. Ternyata bukan karena porsi makan orang Korea banyak. Namun, porsi yang besar itu untuk dimakan berdua sebab orang Korea suka makan sepiring berdua, lho.

 

6. Berisik saat makan

Jika di Indonesia mengeluarkan suara saat makan adalah hal yang kurang sopan, lain halnya di Korea. Mereka justru menganggap berisik saat makan adalah bentuk penghargaan bagi restoran yang menyajikan makanannya, sehingga suara sendawa bahkan suara menyeruput kuah makanan merupakan hal yang baik di sana.

 

7. Aturan saat naik bus

Saat naik bus, kamu harus menghargai orang lansia, wanita hamil, dan orang berkebutuhan khusus. Sehingga bagian depan kursi bus sebaiknya diberikan untuk mereka dulu, ya.

 

8. Cara menghitung usia di Korea

Di Korea, usia kamu bisa lebih tua dari usia asalmu, lho. Mereka menghitung usia sejak dari masa kandungan. Jadi saat menyebutkan usia, kamu perlu menambahkan sekitar 9 bulan dari usia asli kamu.

 

Artikel Terkait: Wisata Ala Korea di Indonesia

  1. Nikmati Kelezatan Masakan Korea di 7 Restoran Korea Surabaya Ini
  2. Tak Perlu Jauh-jauh ke Korea untuk Menikmati Kota Seoul, di Bandung Kamu Bisa Mengunjungi Little Seoul Ini!
  3. Resto BBQ Korea Terbaik di Surabaya

 

9. Cowok suka dandan adalah wajar

Jika kamu menggemari artis Kpop dan Kdrama cowok karena mereka imut dan bersih, hal ini wajar. Karena di Korea cowok-cowoknya memang suka banget dandan. Bahkan, bukan hal tabu jika cowok-cowok di sana berjalan sambil saling berpegangan tangan. 

 

Unik bukan, budaya yang ada di Korea? Mengetahui budaya di tempat tujuanmu traveling sangat penting karena kamu jadi tahu rambu-rambu dan kebiasaan yang berlaku di sana, sehingga kamu juga paham hal-hal apa yang boleh dilakukan dan nggak boleh dilakukan. Sudah siap jalan-jalan ke Korea belum, nih?

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan. 

 

CTABARU1

Tunaiku

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett