Beranda > Gaya Hidup > Mau Liburan Pakai Jasa Open Trip, Jalan Sendiri atau Biro Perjalanan? Mana Pilihanmu?

Mau Liburan Pakai Jasa Open Trip, Jalan Sendiri atau Biro Perjalanan? Mana Pilihanmu?

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Mau Liburan Pakai Jasa Open Trip, Jalan Sendiri atau Biro Perjalanan? Mana Pilihanmu?watermark

TUNAIKU.COM – Berlibur bisa menjadi sebuah momen yang ditunggu-tunggu. Namun, nggak hanya mempersiapkan tempat tujuan perjalanan saja, tapi juga bagaimana teknis keberangkatanmu saat berlibur. Ada yang suka liburan sendirian karena lebih menantang dan seru, ada juga yang suka pakai jasa open trip agar bisa bertemu orang baru, dan ada juga yang suka pakai biro perjalanan karena sudah nggak perlu lagi repot-repot memikirkan perjalanan.

 

Belakangan ini, jasa open trip memang sedang naik daun karena keseruannya untuk bisa bertemu dengan orang-orang baru yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Beberapa open trip recommended bisa ditemui di Instagram untuk kamu ikuti yaitu Piknik Nusantara yang menawarkan paket open trip mulai Rp2,1 jutaan, Govakansi yang menawarkan paket open trip mulai Rp500 ribuan, Langkah kaki yang menawarkan promo tiket pesawat, dan Indonesia Juara Trip yang menawarkan destinasi khusus ke pantai daerah Labuan Bajo dengan bandrol mulai Rp2,5 jutaan saja.

 

Nah, buat kamu yang masih bingung ingin liburan dengan jalan sendiri, pakai jasa open trip atau biro perjalanan, yuk, simak perbedaannya di bawah ini!

 

1. Budget

Budget traveling sendiri sebenarnya relatif dan nggak tentu lebih murah daripada open trip atau memakai biro perjalanan. Saat liburan sendiri, kelebihannya adalah mudah menentukan kendaraan untuk perjalanan, tempat menginap, tempat makan, dan tujuan mana saja yang ingin dikunjungi. Kamu juga bisa lebih leluasa memotong beberapa anggaran yang dianggap bisa lebih dikecilkan lagi. Namun, ada risiko saat pergi sendirian, apalagi jika pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi, karena bisa saja ada pembengkakan pengeluaran karena kamu belum mengetahui dengan baik destinasi wilayahnya.

 

Berbeda dengan open trip, budget kamu akan dibagi merata ke seluruh anggota tim yang ikut, sehingga nggak akan menghabiskan biaya yang terlalu mahal. Namun, untuk destinasi, transportasi, makan, dan tempat tinggal tentu sesuai kesepakatan dari pihak open trip-nya.

 

Lain halnya dengan biro perjalanan, kamu akan dibebankan budget yang cenderung lebih mahal dari yang lainnya, tapi kenyamanan dan kepastian dalam perjalanan sudah nggak membebani pikiranmu lagi.

 

Artikel Terkait: Destinasi Wisata di Bandung

  1. Tak Perlu Jauh-jauh ke Korea untuk Menikmati Kota Seoul, di Bandung Kamu Bisa Mengunjungi Little Seoul Ini!
  2. 10 Destinasi Libur Lebaran Asyik di Kota Bandung
  3. Bingung Liburan Mau Kemana? Bandung Yuk!

 

2. Waktu 

Jika pergi sendirian, akan lebih enak dalam mengatur waktu karena sesuai dengan waktu yang kamu inginkan, sehingga cocok banget buat kamu yang memiliki banyak waktu senggang untuk mempersiapkan segalanya. Jika open trip, cocok untuk kamu yang memiliki waktu senggang cukup banyak tapi ingin lebih terjadwal durasi traveling-nya. Sedangkan untuk biro perjalanan, lebih cocok bagi kamu yang nggak punya waktu untuk mempersiapkan perjalanan karena kamu sudah hanya tinggal berangkat tanpa repot mempersiapkan hal-hal lainnya.

 

3. Kebutuhan logistik

Kalau pergi sendiri kamu tentu bakal ribet bawa segala macam kebutuhan sendiri, mulai dari obat-obatan, makanan, minuman, dan camilan. Jadi, sudah pasti tas yang kamu bawa bakal besar banget. Lain halnya kalau pergi dengan rombongan open trip, kamu bisa saling berbagi barang bawaan dengan rombongan sekaligus menambah keakraban antar rombongan. Sedangkan kalau ikut biro perjalanan, kamu sama sekali nggak perlu pusing memikirkan makanan, minuman, dan cemilan karena semuanya sudah disediakan oleh biro perjalanan.

 

4. Pengalaman saat traveling

Ketika liburan sendiri, kamu bakal mendapatkan pengalaman betapa serunya mengatur itinerary sendiri, memesan tiket, mencari diskonan penginapan, sampai tersesat saat mengunjungi destinasi wisata. Sedangkan kalau pakai open trip, kamu bakal merasakan pengalaman seru saat dapat banyak kenalan baru yang sebelumnya sama sekali belum pernah kamu temui. Apalagi saat kamu dan rombongan mengubah rencana di tengah-tengah perjalanan, pasti bakal kerasa serunya. Siapa tahu kamu juga ketemu jodoh di rombongan open trip. Nggak jauh beda dengan ikut biro perjalanan, kamu juga bisa dapat teman baru, tapi tentu dengan kenyamanan yang lebih karena kamu nggak perlu mengatur kebutuhan perjalanan bersama orang lain.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Wisata di Korea

  1. 10 Tempat Wisata Gratis yang Wajib Kamu Kunjungi Kalau Sedang Ke Negeri Ginseng, Korea Selatan!
  2. 8 Restoran Halal di Korea yang Bisa Kamu Kunjungi
  3. 7 Lokasi Syuting Drama Korea yang Wajib Dikunjungi saat Traveling

 

5. Risiko

Saat jalan sendiri, jika terjadi apa-apa yang menimpamu, kamu harus menanggungnya sendirian. Risiko tersesat juga menjadi tanggunganmu. Sedangkan saat ikut open trip, risiko jika terjadi sesuatu bisa ditanggung bersama anggota tim, bahkan saat ini juga sudah ada jasa open trip yang menyediakan asuransi selama perjalanan. Nah, untuk biro perjalanan, jika kamu ikut biro perjalanan resmi maka sudah nggak perlu khawatir terjadi apa-apa karena akan ditanggung asuransi, kamu juga nggak perlu khawatir tersesat karena sudah dijamin oleh pihak biro perjalanan.

 

Itulah 5 hal yang membedakan traveling sendiri, dengan rombongan open trip atau biro perjalanan, yang ketiganya memiliki kelebihan dan keseruan masing-masing. Jadi kembali kepada diri kamu sendiri, ingin merasakan sensasi liburan yang seperti apa. Jika sudah tahu perbedaan ketiganya, jangan ragu untuk mencoba traveling dengan cara yang belum pernah kamu coba, ya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

CTABARU1

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett