Beranda > Gaya Hidup > Mau Kredit Mobil Bekas di Bank atau Leasing? Pahami Kelebihan dan Kekurangannya!

Mau Kredit Mobil Bekas di Bank atau Leasing? Pahami Kelebihan dan Kekurangannya!

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
Mau Kredit Mobil Bekas di Bank atau Leasing? Pahami Kelebihan dan Kekurangannya!watermark

TUNAIKU.COM – Zaman sekarang, memiliki mobil bukan lagi soal gengsi. Sarana transportasi yang satu ini sudah menjadi sebuah kebutuhan yang wajib dimiliki oleh keluarga. Nggak hanya untuk mencukupi kebutuhan transportasi keluarga, mobil juga bisa dimanfaatkan sebagai solusi untuk menambah penghasilan keluarga. Didaftarkan ke penyedia platform transportasi online misalnya.

 

Memang, kamu butuh biaya yang nggak sedikit untuk memiliki mobil.  Itu sebabnya, kalau kamu pengin punya mobil tapi nggak sanggup membelinya secara tunai, kredit atau mencicilnya setiap bulan bisa jadi solusi. Ada banyak lembaga seperti bank atau leasing yang akan membantumu lewat penawaran-penawaran yang mereka berikan. Nah, kalau kamu masih bingung lantaran nggak tahu mana yang lebih tepercaya, simak penjelasan berikut, ya.

 

Artikel Terkait: Pengin Punya Mobil Tapi Uang Pas-pasan? Ini Triknya!

  1. Hati-Hati, Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Kredit Mobil Bekas
  2. Perhatikan 5 Pengeluaran Berikut Sebelum Kamu Beli Mobil!
  3. Pengen Punya Mobil? Mungkin 5 Mobil Murah Ini Pas dengan Dompetmu

 

Persamaan bank dan leasing

Sesuai dengan Surat Edaran Ekstern Nomor 14/10/DPNP tanggal 15 Maret 2012, tentang Penerapan Manajemen Risiko pada Bank yang Melakukan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), “down payment dikenakan minimal 30 persen untuk pembelian kendaraan bermotor roda empat nonproduktif”.

 

Nah, meski jadi solusi, kamu jangan senang dulu. Pasalnya, sebelum memiliki mobil siapkan dahulu dana minimal 30 persen dari harga mobil yang diinginkan sebagai down payment (DP).

 

Selain itu, kedua lembaga ini juga mewajibkan kamu untuk menyerahkan beberapa dokumen persyaratan pengajuan kredit seperti slip gaji, KTP atau surat domisili, kartu keluarga, akta kelahiran atau dokumen penting lainnya.

 

Kredit melalui bank

Setelah mengetahui persamaan dari kedua lembaga tersebut, sekarang saya ingin membahas perbedaannya.

 

Pertama-tama soal keuntungan yang akan kamu dapatkan bila mengambil kredit lewat bank. Bank akan menawarkan bunga pinjaman atau kredit lebih rendah dibandingkan lewat leasing. Selain itu, kalau kamu tiba-tiba ketiban rezeki berlimpah, kamu bisa melunasi sebagian utang pokok pada waktu tertentu. Cara ini akan meringankan beban angsuran setiap bulannya.

 

Kalau soal kekurangan, prosedur kredit lewat bank akan lebih bertele-tele dan merepotkan. Kamu sebagai peminjam diwajibkan untuk memberikan dokumen-dokumen yang dijadikan persyaratan. Dokumen-dokumen seperti slip gaji, KTP atau surat domisili, akta kelahiran, hingga kartu keluarga dan dokumen-dokumen penting lainnya.

 

Prosedur selanjutnya adalah peninjauan yang akan dilakukan bank lewat survei. Tim survei akan datang ke tempat tinggalmu sebelum pengajuan kredit benar-benar dinyatakan lolos.

 

Kredit melalui leasing

Hal yang paling menguntungkan dari pengajuan kredit lewat leasing adalah proses yang tidak terlalu bertele-tele. Berbeda dengan bank, pengajuan kredit lewat leasing akan memungkinkanmu mendapatkan kredit lewat proses yang lebih mudah dan cepat. Kamu akan didampingi oleh staff khusus yang akan menemanimu menjalani proses pengajuan mulai dari penyiapan dokumen persyaratan hingga akhir proses administrasi.

 

Namun, dengan segala kemudahan yang diberikan, tentu ada harga yang harus kamu bayar. Mekanisme kredit lewat leasing membutuhkan biaya lebih banyak pada kewajiban pembayaran suku bunga setiap bulannya. Selain itu, kamu masih harus menanggung biaya lainnya seperti administrasi, biaya fidusia, biaya provinsi, dan biaya asuransi.

 

Salah satu persyaratan yang diwajibkan oleh leasing adalah, kamu wajib mengasuransikan mobil dengan dua pilihan asuransi—TLO (total lost only) pemberi asuransi asuransi akan menjamin jika mobil hilang, atau all risk yang akan menanggung semua kejadian mulai dari penyok tertabrak sampai hilang dicuri.

 

Kewajiban asuransi ini memang akan sedikit merepotkan. Namun, kamu akan tetap didampingi oleh pihak leasing, kok. Toh, asuransi juga perlu, sebab nasib nggak selamanya mujur.

 

Artikel Terkait: Tips Atur Keuangan Agar Nggak Bangkrut di Tengah Bulan?

  1. 7 Kesalahan Kaum Millennial dalam Mengatur Keuangannya
  2. 6 Kebiasaan Mengelola Keuangan yang Baik, Begini Caranya!
  3. 10 Cara Hidup Hemat meski Kamu Kurang Pandai Mengatur Keuangan

 

Itulah letak perbedaan dari kedua pemberi jasa layanan kredit mobil ini. Kamu pilih mana? Ribet a la bank tapi lebih murah karena suku bunga lebih rendah dan kamu nggak diwajibkan asuransikan mobil, atau mudah a la leasing tetapi mahal karena suku bunga bulanan lebih tinggi?

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

4

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett