Beranda > Gaya Hidup > Ketika Mengajak Anakmu Menjelajahi Dunia, Kamu Perlu Memperhatikan 4 Hal Ini

Ketika Mengajak Anakmu Menjelajahi Dunia, Kamu Perlu Memperhatikan 4 Hal Ini

Ketika Mengajak Anakmu Menjelajahi Dunia, Kamu Perlu Memperhatikan 4 Hal Iniwatermark

TUNAIKU.COM – Ketika kita sedang jomblo, traveling memang menyenangkan. Tapi, jalan-jalan bareng pasangan dan anak juga nggak kalah seru, lho. Bagi kamu orangtua muda yang menggemari traveling, kamu tentu tak sabar untuk segera mengajak anakmu melihat luasnya dunia.

Nah, sebelum kamu beneran mengajak si kecil bepergian bersama, simak dulu 4 hal berikut agar perjalanan kalian bisa terasa memorable tanpa mengesampingkan kenyamanan dan keamanan.

 

1. Libatkan si kecil menentukan tempat tujuan bersama-sama

Si Kecil akan merasa lebih terlibat jika mereka diajak untuk ikut merencanakan perjalanan kalian. Coba tanyakan apa yang mereka ingin lakukan dan beri mereka beberapa pilihan yang realistis. Jangan ragu untuk meriset spot-spot traveling yang ramah untuk anak agar mereka memiliki banyak opsi.

Bila buah hatimu sudah agak besar, kamu bisa memanfaatkan rencana perjalanan untuk mengajari mereka bagaimana melakukan penganggaran, menghitung waktu traveling, serta menjaga diri tetap sehat selama perjalanan.

 

2. Persiapkan perjalanan dengan sebaik-baiknya

Bepergian bersama anak kecil jelas lebih merepotkan dibanding traveling sendirian. Makanya, kamu perlu mempersiapkannya dengan baik dan memperhatikan hal-hal ini:

  • Kemas makanan kecil dan sejumlah hiburan (misalnya game, musik, atau mainan) untuk menjaga mereka tetap sibuk saat berada di atas kendaraan dan kala kamu perlu beristirahat.
  • Bila memungkinkan, lakukan perjalanan dari dan ke tempat tujuan pada jam-jam istirahat si Kecil, sehingga mereka lebih gampang tertidur dan tidak terlalu aktif.
  • Lakukan riset kecil-kecilan tentang budaya dan sejarah tempat yang akan kalian datangi. Hal ini memberi kesempatan bagi si Kecil untuk belajar memahami konteks destinasi yang dipilih.
  • Perjalanan bisa sangat panjang dan nggak nyaman. Jadi, bawalah perlengkapan untuk membuat kalian tetap fresh (misalnya tisu basah untuk menjaga kelembaban kulit) dan bersiaplah untuk membantu si Kecil menikmati perjalanan.

 

3. Buat si kecil tetap antusias dengan destinasi yang kalian datangi selama berada di sana

Agar perjalananmu bersama si Kecil menyenangkan dan memorable, kuncinya adalah menjaga mereka tetap tertarik terhadap sekelilingnya. Misalnya, kamu bisa mengajak mereka mencari perbedaan antara tempat tujuan dan tempat asal kalian. Ini bisa mengajak mereka berpikir kritis tentang keanekaragaman budaya.

Kamu juga bisa mengajak mereka mencatat pengalaman mereka dalam sebuah jurnal. Ajaklah mereka untuk merefleksikan apa yang mereka lihat, dengar, dan rasakan sepanjang perjalanan.

 

4. Rasakan manfaatnya bagi dirimu sendiri dan mereka

Meski traveling bersama anak itu melelahkan dan mahal, semua terbayar lewat pengalaman luar biasa yang kamu ajarkan kepada mereka. Sebuah perjalanan mampu memberikan mereka kesempatan untuk belajar mencintai alam dan budaya,  menghargai momen, dan menjaga dirinya sendiri.

Bagi dirimu, si Kecil juga memberikan pengalaman traveling yang istimewa. Mulai dari belajar melihat destinasi dari sudut pandang anak hingga makin rekatnya ikatan kalian.

 

Yuk, nikmati pengalaman traveling yang tak tergantikan bersama si Kecil sekarang juga! Kalau kamu pernah punya pengalaman serupa, ceritakan ke Tunaiku lewat kolom komentar ya.

Kalau ingin bertanya lebih jauh mengenai pinjaman tanpa agunan Tunaiku Amar Bank, kamu bisa bertanya di FB Page Tanya Tunaiku atau LINE @Tunaiku.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett