SWARA – Umur bumi memang semakin tua. Seperti halnya manusia yang semakin renta semakin sakit-sakitan, begitu pula dengan bumi ini. Semakin hari semakin banyak sampah yang diproduksi manusia. Begitu pula dengan polusi yang timbul dari kendaraan, pabrik, dan aktivitas manusia lainnya. Nggak heran kalau udara jadi kotor dan berpolusi.

 

Polusi udara ini tentu nggak boleh dianggap enteng. Pasalnya, polusi udara mengandung zat-zat berbahaya yang bisa membahayakan tubuh. Jadi kalau nggak mau sakit-sakitan, kamu harus melindungi tubuhmu melalui masker yang kamu kenakan di wajah. Masker ini nantinya akan menyaring partikel halus sehingga bisa mencegah penyebaran infeksi.

 

Artikel Terkait: Menghabiskan Waktu Lama di Perjalanan? Baca Ini!

  1. Kamu Driver Ojek Online? Waspadai Penyakit Ini!
  2. Cek, Ini Waktu yang Tepat Servis Kendaraan sebelum Mudik atau Bepergian Jauh
  3. Jadi Penumpang Manusiawi, Yuk, Pahami Etika Berkendaraan Umum di KRL Berikut Ini!

 

Hanya saja, dalam pemilihan masker ini ada hal yang harus kamu perhatikan. Berikut ini jenis-jenis masker di luar sana yang bisa kamu pilih!

 

1. Simple mask

Simple mask merupakan masker yang biasanya digunakan pengendara motor di jalanan. Masker ini mampu menyaring 30-40% partikel besar. Namun, penggunaan masker ini hanya satu kali pakai. Jika sudah digunakan, kamu harus menggunakan yang baru lagi.

 

2. Masker flu dan bedah

Masker flu atau masker bedah ini juga sering ditemui pada pengendara motor di jalanan. Masker ini relatif mudah didapatkan, dijual di swalayan dan apotek, harganya pun murah. Sayangnya, masker ini kurang begitu efektif untuk menangkal polusi karena lapisan filternya lebih sedikit. Hal ini karena fungsi utamanya menghambat penyebaran infeksi, bukan penyaring udara. Masker ini sifatnya juga hanya satu kali pakai. 

 

Artikel Terkait: Tips Menjaga Kesehatan

  1. 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pekerja Millenial
  2. Harus Tahu! 5 Alasan Mengapa Tidur Siang Itu Baik untuk Kesehatan
  3. 4 Hal Mengejutkan yang Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatanmu!

 

3. Masker kain

Meskipun kurang efektif untuk menyaring polusi, masker ini juga banyak ditemui di jalanan. Pada bagian tengah nggak terdapat penyaring sehingga tidak bisa mencegah partikel kecil masuk hidung. Masker ini hanya mampu mencegah masuknya debu besar dalam tubuh. Hanya saja, masker ini memiliki kelebihan bisa dipakai berulang kali karena kamu bisa mencucinya. 

 

4. Masker N95, N99, N100

Nantinya akan ada masker dengan kode huruf dan angka yang berbeda. Adapun huruf di sini untuk menunjukkan tingkat ketahanan masker terhadap minyak, sedangkan angka menunjukkan seberapa besar ektivitasnya dalam menyaring udara.

 

Masker dengan kode N ini dilengkapi dengan lapisan penyaring yang berfungsi mencegah partikel berbahaya di udara masuk ke tubuh. Selanjutnya, angka di belakang kode yang semakin besar menunjukkan semakin berfungsinya masker tersebut. Sebagai contoh Masker N99 mampu menyaring polutan lebih banyak, yaitu sebesar 99%. 

 

5. Masker R95, R99, R100

Masker golongan ini merupakan masker yang cukup tahan dengan paparan minyak. Masker ini bisa melindungimu dari aerosol minyak, kabut asap hasil pembakaran bahan bakar fosil. Angka di belakang kode huruf juga menunjukkan tingkat kemampuan masker. Sebagai contoh masker R95 dapat menyaring 95% aerosol minyak dari udara. 

 

6. Masker P95, P99, P100

Bisa dikatakan masker ini lebih ampuh dari masker N dan masker R. Masker jenis P ini punya tingkat ketahanan tinggi terhadap polutan minyak yang mana nggak dimiliki oleh masker jenis N dan R.

 

Itu dia beberapa masker yang bisa kamu pilih. Well, setiap masker memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada baiknya kamu memilih masker yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan.