SWARA – Saya pernah berpikir kalau penyakit terutama berbahaya hanya dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Faktanya, ternyata saya salah. Penyakit-penyakit rawan juga dialami oleh perempuan usia 20-an. Hal ini nggak lepas dari gaya hidup kurang sehat mereka.

 

 

Kamu suka begadang? Malas berolahraga? Makan sembarangan dan sering mengonsumsi junk food? Nggak mencukupi kebutuhan air putih dalam tubuh setiap hari? Jika ya, ada baiknya kamu memperbaiki pola hidupmu. Kebiasaan-kebiasaan kurang baik inilah yang bisa mengancam kesehatan dan mengundang penyakit rawan.

 

Artikel Terkait: Kamu Bisa Menerapkan Gaya Hidup Sehat dengan Cara Ini

  1. Tahukah Kamu, Terapkan Gaya Hidup Sehat Bisa Bikin Kantongmu Lebih Hemat!
  2. Harus Tahu! 5 Alasan Mengapa Tidur Siang Itu Baik untuk Kesehatan
  3. 5 Manfaat Terong Bagi Kesehatan yang Tak Banyak Orang Ketahui

 

Seenggaknya, kamu harus berhati-hati dengan beberapa penyakit yang rawan mengancam perempuan usia 20-an tahun. Ini dia beberapa di antaranya!

 

1. Melanoma

Melanoma merupakan penyakit kanker kulit yang paling berbahaya. Penyakit ini bisa menimpa perempuan usia berapa saja karena saat muda terpapar sinar matahari langsung. Selain itu, mereka terlalu lama berada di bawah terik matahari. Untuk mencegahnya, sejak sekarang kamu harus menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit. Pemakaiannya pun harus tepat, ya. Nggak mungkin satu oles tabir surya buat melindungi kulitmu seharian, kan?

 

2. Kanker payudara

Kanker payudara ini juga sangat rawan bagi perempuan. Hindarilah makanan-makanan yang biasanya mengundang kanker. Pastikan kamu juga melakukan deteksi dini dengan melakukan pengecekan di rumah sakit atau laboratorium sedini mungkin.

 

3. Kanker serviks

Selain kanker payudara, kanker yang biasanya rawan mengancam perempuan adalah kanker serviks. Kamu juga perlu melakukan deteksi dini khusus untuk ini. Untuk pencegahan, kamu bisa menjaga kebersihan bagian kewanitaan. Pastikan sering mengganti pembalut sebelum penuh saat menstruasi. Hindari juga makanan minuman yang bisa mengundang penyakit ini. 

 

Artikel Terkait: Perempuan Sangat Berisiko Terkena Kanker Serviks, Baca Ini!

  1. Perempuan, Yuk Cegah Kanker Serviks dengan BPJS Kesehatan!
  2. Wahai Perempuan, Ini Serba-Serbi Kanker Serviks yang Perlu Kamu Tahu
  3. Wanita, Kamu Wajib Pahami Jenis Medical Check Up Ini!

 

4. Lupus

Lupus merupakan salah satu penyakit autoimun. Penyakit ini terjadi ketika kekebalan dalam tubuh menyerang organ-organ sel dalam tubuh. Ada pun risiko yang bisa terjadi pada keturunan. Jika garis keturunan di atasmu ada yang memiliki riwayat penyakit ini, ada baiknya kamu melakukan pemeriksaan lebih dini.

 

5. Depresi

Usia 20-an tahun memang merupakan usia rawan. Di usia ini, kamu tengah mengalami tahap kehidupan yang agak berat. Lulus dari sekolah, memasuki dunia kerja, berkeluarga, dan tetek bengek lainnya. Jadi, kalau nggak pandai-pandai mengatur emosi, alamat kamu terkena penyakit mental berupa depresi. 

 

6. Skizofrenia

Skizofrenia juga merupakan penyakit yang sering menyerang orang-orang usia 20-an. Untuk perempuan sendiri, biasanya skizofrenia menyerang di usia 20-an akhir. Orang yang mengidap penyakit ini biasanya mengalami delusi dan berperilaku aneh 

 

7. Fibromyalgia

Fibromyalgia merupakan jenis penyakit yang menyerang pada sendi dan otot. Perempuan yang terkena penyakit ini akan merasakan sakit yang luar biasa pada sendi dan otot tadi. Bahkan, ketika hanya menyetir sekalipun. Dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari pun kamu bisa cepat capek. Untuk pencegahan, pastikan pekerjaanmu terlalu diforsir. Rajin-rajinlah juga berolahraga.

 

Itu dia 7 penyakit yang sering dialami perempuan usia 20-an tahun. Kita perlu berhati-hati, ya. Ternyata penyakit rawan nggak hanya merawan lansia, sedari muda pun sudah berisiko.