SWARA – Siapa, sih, yang nggak akan dibuat gemas dengan dualisme kafein? Oke, kafein memang sering dicap buruk untuk kesehatan. Apalagi untuk kamu yang rutin minum kopi, pasti pernah dong mengalami asam lambung naik karena mabuk kafein?

Namun, di sisi lainnya, kafein punya manfaat positif untuk kesehatan, lho. Kafein yang bisa ditemukan dalam pelbagai produk, seperti teh dan kopi ini bisa membuatmu terjaga, lebih kuat, dan Panjang umur. Sebelum benar-benar anti kafein, yuk lihat dulu apa saja manfaatnya dikutip dari Elle.com!

 

1. Perawatan rambut

Apakah rambutmu mudah rontok dan terus menipis tiap harinya? Sepertinya, kamu harus sering-sering keramas pakai shampo kafein, nih! Nggak berarti kamu langsung menuangkan secangkir kopi di kepala ya, he-he. Kamu bisa membeli shampo yang mengandung kafein.

 

Artikel Terkait: Serba-serbi Soal Kopi

  1. Benarkah Minum Kopi Membuat Kulit Lebih Cantik? Ini Alasannya!
  2. 8 Cara Menghemat Uang buat Kamu yang Sudah Kecanduan Minum Kopi
  3. Buat Kamu Pecinta Kopi, Yuk Kenalan Lebih Dekat dengan Jenis-Jenis Kopi Khas Nusantara

 

Shampo kafein hanya butuh waktu dua menit saja untuk bekerja, lho. Kafein akan mulai bekerja setelah memasuki folikel rambut, Pertama, bisa menghambat suatu enzim yang menyebabkan rambut rontok. Kedua, mempercepat pertumbuhan rambut. Terpenting, harus pakai shampo kafein ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

 

2. Membantu berpikir jernih

Pernah mendengar kalau kafein bisa mencegah demensia? Sebenarnya, masih butuh penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenarannya. Namun minimal, kafein memang punya khasiat untuk bikin seseorang terjaga. Kalau kamu merasa lelah dan susah konsen, kafein pada kopi bisa jadi penyelamat, lho.

Dengan meminum secangkir kopi, kamu menjadi terjaga dan lebih waspada. Pasalnya, reseptor adenosin di otak akan diblokir oleh kafein, Sehingga, kamu bisa waspada dan berpikir jernih. Karena alasan ini, nggak salah bila kafein jadi stimulan favorit orang kantoran.

 

3. Membuat tubuh kuat dan berstamina

Jika kamu sering loyo dan cepat capek di kantor, sepertinya harus sering-sering minum kafein, nih! Kafein memang bisa membuat otot tubuh lebih kuat dan berstamina. Bahkan, para atlet sering memakai kafein untuk meningkatkan kekuatan tubuh. Dengan kafein, para atlet ini bisa latihan lebih lama dan kuat untuk beberapa aktivitas fisik seperti lari dan bersepeda. Lalu, untuk kamu yang bukan atlet, jadi lebih tahan banting saat bekerja lembur di kantor.

4. Berfungsi sebagai antioksidan

Selain kopi, kafein juga ada di dalam teh. Jika kamu rutin mengkonsumsi kedua minuman ini, niscaya memiliki harapan hidup yang tinggi. Kafein punya kandungan antioksidan yang bisa menangkal pelbagai penyakit. Sehingga, kamu punya harapan hidup lebih tinggi dari mereka yang jarang mengkonsumsi kafein.

Dari sebuah penelitian, orang yang mengkonsumsi dua atau tiga gelas kopi perhari punya harapan hidup 14 persen lebih baik ketimbang yang nggak minum. Selain itu, kopi juga cocok untuk mengantisipasi diabetes tipe dua, kanker kulit dan payudara. Nggak disangka-sangka, kafein punya segudang manfaat, ya?

 

5. Meningkatkan metabolisme

Hanya segelintir orang yang tahu kalau kafein bisa membantu metabolisme. Kalau kamu meminum 200 mg kafein, maka tiga jam sesudahnya metabolisme akan meningkat sebanyak 7 persen. Dengan begini, tubuh akan lebih panas dan membakar lemak lebih banyak. Kerennya lagi, kafein sering ditambahkan pada suplemen penurun badan sampai obat penghilang rasa sakit. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan khasiat.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Kedai Kopi

  1. 10 Kedai Kopi Kekinian yang Wajib Kamu Coba
  2. 5 Kedai Kopi di Jakarta dengan Harga Terjangkau dan Diburu Penikmat Kopi
  3. Kedai Kopi Hits Siap Pesan Antar Sekitaran Surabaya

 

Semua manfaat kafein bisa kamu dapatkan secara maksimal, asalkan rutin untuk mengkonsumsi atau memakainya. Kalau memang sudah ada penyakit asam lambung maupun maag, lebih baik mengurangi konsumsi kafein. Terpenting, nggak perlu sampai berlebihan dan selalu cek kondisi tubuh.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


DEWI AYU NURJANAHDEWI AYU NURJANAH