Beranda > Gaya Hidup > Hai Orang Tua, Kepribadian Anak Ternyata Bisa Diketahui dari Kecil

Hai Orang Tua, Kepribadian Anak Ternyata Bisa Diketahui dari Kecil

Hai Orang Tua, Kepribadian Anak Ternyata Bisa Diketahui dari Kecilwatermark

TUNAIKU.COM – Dalam dunia psikologi, dikenal pembagian tipe kepribadian. Empat tipe pembagian tersebut meliputi Sanguinis, Koleris, Melankolis, dan Plegmatis. Tidak bisa dikatakan salah satu tipe kepribadian lebih baik dari tipe lain karena setiap kepribadian itu unik, serta memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bagi kamu yang sudah punya keponakan atau anak, penting banget untuk mengenali kepribadian mereka sejak kecil. Dengan begitu kamu dapat lebih memahami cara memperlakukan dan mendidik mereka. Pasalnya setiap anak dengan tipe kepribadian berbeda, memerlukan metode pengasuhan yang berbeda pula.

Yuk, kenali tipe kepribadian mereka sejak kecil!

 

Sanguinis

Sanguinis dikenal sebagai pribadi yang menyenangkan. Mereka gemar sekali berkumpul dengan orang-orang. Dalam suatu komunitas, mereka ingin menjadi pusat perhatian. Ceria, aktif, enerjik, dan selalu melakukan hal-hal yang seru untuk menghindari kebosanan adalah ciri khas orang dengan kepribadian sangunis.

Orang yang memiliki kepribadian sanguinis, sejak kecil suka dan pandai bergaul. Energinya sangat besar, riang gembira, dan suka sekali bersenang-senang dengan teman sebayanya. Sejak kecil sudah sangat senang menjadi pusat perhatian. Di lingkungan keluarga mereka menginginkan orang tua memiliki harapan lebih kepadanya.

 

Artikel terkait: Tips membentuk kepribadian anak sejak dini

  1. Wahai Orang Tua, Pola Asuhmu Memengaruhi Kebahagiaan dan Jumlah Penghasilan Anakmu Kelak
  2. 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mengajari Anak Mengatur Uang
  3. Ajarkan Anak tentang Manfaat Puasa, Salah Satunya Hidup Hemat!

 

Koleris

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari atau pekerjaan, orang koleris cenderung mandiri. Jiwanya adalah pemimpin sehingga lebih senang mendelegasikan pekerjaan daripada mengerjakan bersama-sama. Kemauannya sangat keras dan berorientasi pada produktifitas dan tujuan. Pokoknya apa yang dikerjakan harus baik dan maksimal meskipun terkadang mereka cepat marah dan mengabaikan perasaan orang lain. Dalam bergaul pun mereka lebih senang dengan yang ‘se-level’.

Pada tipe ini keinginan berprestasi sudah tertanam sejak kecil. Oleh karenanya, mereka sangat menyukai penghargaan karena mendapat nilai 100 di ulangan, jago dalam mewarnai gambar, dan lain sebagainya. Sayangnya, terkadang mereka kurang bisa menjaga perasaan teman sepermainannya. Tidak heran dalam bermain mereka sering bertengkar yang akhirnya temannya menangis.   

 

Melankolis

Kesempurnaan menjadi ciri khas tipe kepribadian ini. Dalam menghadapi suatu permasalahan mereka akan memikirkannya terlalu dalam. Namun, mereka adalah tipikal orang yang tertib, teratur dan sesuai jadwal. Mereka juga tergolong orang yang setia dan bisa menjadi pendengar yang baik.

Jika anak atau keponakanmu sering merasa kecewa terhadap hasil yang mereka capai, bisa jadi di kemudian hari mereka adalah tipe melankolis. Bisa jadi mereka menangis bahkan tidak ingin melakukan kegiatan tersebut. Pasalanya, mereka cenderung menginginkan kesempurnaan pada apa yang mereka kerjakan. Tipe anak seperti ini sangat membutuhkan dorongan semangat dari orang tua dan lingkungan sekitar.

 

Artikel terkait: Orang tua dan anak

  1. Hai, Orang Tua! Mari Kenali serta Asah Minat dan Bakat Buah Hati Sedari Ia Kecil dengan 3 Langkah Berikut
  2. Sri Mulyani: Orang Tua Harus Terlibat dalam Setiap Perjalanan Pendidikan Anak
  3. Para Orang Tua, Apa Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Sekolah Anak?

 

Plegmatis

Pada tipe ini biasanya memiliki manajemen emosi yang baik dan termasuk kategori orang yang baik hati. Mereka adalah pendengar yang baik dan tidak suka menyinggung perasaan (cinta damai). Karena sifat-sifatnya yang menyenangkan, orang dengan kepribadian ini tergolong mudah bergaul dan disukai banyak orang. Apalagi, mereka mereka adalah orang yang peka dan peduli.

Orang yang tipe kepribadian plegmatis, biasanya sejak kecil mereka sudah bisa mengalah meski pada teman seumuran. Mereka tidak akan keberatan jika mainannya dipinjam teman. Bahkan, tanpa diminta pun mereka akan meminjamkannya jika tahu ada teman yang tidak memiliki mainan.

 

Setelah membaca artikel di atas, kamu pasti langsung ingat pada sifat dan sikap keponakan atau anakmu, kan? Kamu juga jadi tahu, kira-kira tipe seperti apa mereka kelak. Dukung dan selalu dorong mereka menjadi anak yang baik, yah! Karena pada dasarnya, setiap tipe kepribadian adalah unik dan baik.

 

Semoga artikel yang kamu baca hari ini bermanfaat! Oh iya, ada satu manfaat lagi yang nggak boleh kamu lewatkan. Solusi keuangan bagi kebutuhan-kebutuhanmu sekarang hadir lebih dekat, lebih mudah, dan lebih cepat.

Kamu dapat mengajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kredit di Tunaiku. Info lebih lanjut bisa dilihat di link berikut: Tunaiku.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett