SWARA – Di tradisi Jawa, ada satu seremoni yang dikenal dengan nama tedhak siten alias “Turun Tanah”. Salah satu prosesi uniknya yaitu saat si kecil dimasukkan ke dalam kurungan ayam dan dihadapkan dengan beberapa barang untuk dipilih, seperti cincin/uang, alat tulis, kapas, cermin, dan sebagainya. Konon, prosesi ini dapat menyaratkan hobi dan masa depannya kelak, tergantung dari benda yang ia pilih.

Nah, tradisi ini seakan menjadi bukti bahwa sebagai orang tua, pastilah kamu ingin mengenal dengan baik proses tumbuh kembang si kecil. Baik perkembangan fisik, mental, maupun bakat dan minatnya.

Setiap anak tentunya memiliki ketertartikan dan keahlian pada hal-hal tertentu. Penyanyi Andien dan putranya yang biasa dipanggil Kawa, terlihat sangat anteng saat dibacakan buku. Atau, buah hatimu yang terlihat lihai di bidang seni, sains, atletik, dan lain-lain.    

Menurut Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi, Psikolog Anak Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI), penting bagi orang tua untuk memberikan anak akses seluas-luasnya untuk berbagai bidang, agar mereka mencicipi banyak hal dan menemukan minat serta bakatnya.

Kamu sebagai orang tua adalah lingkungan terdekat di kehidupan sang anak. Maka, sudah sepantasnya kamu menjadi supporter utama mereka untuk membantu mereka mengenali dan mengasah keahliannya. Dan, ternyata kita bisa menerapkan ini semenjak mereka masih berusia dua bulan, lho.

 

Artikel terkait: Kebahagiaan dan tumbuh kembang si kecil

  1. Dear Orang Tua, Prestasi Akademis Anak Ternyata Tidak Tentukan Kesuksesannya Kelak
  2. Ketika Mengajak Anakmu Menjelajahi Dunia, Kamu Perlu Memperhatikan 4 Hal Ini
  3. Sri Mulyani: Orang Tua Harus Terlibat dalam Setiap Perjalanan Pendidikan Anak

 

Berikut adalah 3 hal yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui minat dan bakat anak sedari kecil.  

 

Peka dengan gerak-gerik si kecil

Coba amati, saat sedang sendiri, apa sih yang paling menarik perhatiannya? Apa sih mainan favoritnya? Apakah ia suka dibacakan buku dongeng atau membuka lembar-lembar buku? Atau ia lebih tertarik dengan bunyi-bunyian dari lagu yang dimainkan dari gadgetmu?

 

Berikan ‘peralatan tempur’ yang sesuai

Si kecil mungkin nggak menyadari bahwa melukis adalah bakatnya. Karena yang ia tahu, ia  suka memainkan kuas dan cat ke dinding. Kalau kamu gencar memberikan krayon, pensil warna, dan kertas gambar, kamu sedang melatihnya menuangkan imajinasi sekaligus melatih motorik mereka.

 

Dampingi dan berikan semangat!

Bakat tak bisa tumbuh tanpa rangsangan aktif dari diri sendiri dan support dari orang tua. Pastikan bahwa si kecil tahu bahwa kamu ada dan mengetahui apa yang ia lakukan dan butuhkan. Berikan pujian, semangat, dan kesempatan baginya untuk menunjukkannya. Tak hanya di depan keluarga, tapi juga orang banyak.

 

Artikel terkait: Menjaga si kecil

  1. Supaya Anak Nggak Gampang Sakit di Musim Hujan Seperti Ini, Yuk Terapkan 5 Tips Praktis Berikut!
  2. 5 Kiat Mudik Nyaman Bareng Si Buah Hati
  3. 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Day Care (Tempat Penitipan Anak)

 

Itulah dia 3 hal mendasar yang bisa kamu lakukan untuk mengenali sekaligus mengasah bakat dan minat anak. Enggak susah, kan?

 

Selagi kamu di sini…

Kami punya informasi singkat yang sayang sekali dilewatkan. Sudahkah kamu tahu tentang Tunaiku? Tunaiku merupakan pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Tunaiku bisa jadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Kebutuhan dadakan? Atau, butuh tambahan dana untuk kebutuhan tertentu? Kamu bisa ajukan Tunaiku!

Nggak mau ribet dan nggak pakai lama ajukan pinjaman? Klik di sini.