Sebagai makhluk sosial, membangun kebiasaan kerjasama itu penting dan bisa dilakukan mulai di rumah. Apalagi bagi kamu yang sudah berkeluarga, melatih anggota keluarga untuk membangun kebiasaan bekerjasama adalah satu kewajiban.

 

Membangun kebiasaan kerjasama harus dibentuk sedini mungkin agar seluruh anggota menjadi terbiasa dan tidak terbata-bata jika melakukan kerjasama dengan orang lain di luar rumah.

 

Manfaat kerjasama di rumah

 

Sejatinya ada beberapa manfaat melakukan kerjasama di rumah, berikut penjelasannya.

 

Menumbuhkan kekompakan keluarga

Melakukan beberapa pekerjaan secara bersama-sama sudah pasti menumbuhkan kekompakan. Apalagi, jika hal itu dilakukan secara rutin.

 

Dalam proses kerjasama, pastinya semua anggota keluarga akan turut serta melakukan pekerjaan sesuai dengan tujuan.

 

Artinya, semua anggota keluarga paham akan tujuan yang sedang dikerjakan dan saling tolong menolong untuk satu dua pekerjaan tersebut sampai benar-benar selesai.

 

Tentu, jika pekerjaan telah selesai akan menumbuhkan rasa puas akan pekerjaan yang telah dilakukan masing-masing anggota keluarga.

 

Membuat pekerjaan terasa lebih mudah

Selain menumbuhkan kekompakan keluarga, melakukan kerjasama di rumah juga tentu membuat pekerjaan terasa lebih mudah. Pekerjaan seperti membersihkan rumah yang luas dan dikerjakan sendirian tentu akan sangat berat jika dikerjakan sendirian.

 

Nah, berbeda jika pekerjaan seperti membersihkan rumah dikerjakan secara keroyokan bersama keluarga. Ada yang bagian menyapu, mengepel, merapikan barang, dll. Tentu semua akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

 

Pekerjaan rumah cepat selesai

Jika kamu merasa pekerjaan di rumah terasa berat dan lama pengerjaannya, maka mengandalkan kerjasama di rumah bareng keluarga adalah solusi.

 

Sudah tentu pekerjaan yang tadinya butuh waktu lama untuk membereskan menjadi begitu cepat karena dilakukan oleh banyak anggota keluarga.

 

Menumbuhkan keharmonisan keluarga

Kerjasama di rumah secara tidak langsung akan menumbuhkan keharmonisan keluarga. Mengapa? Mengerjakan pekerjaan rumah tentu melibatkan banyak hal, seperti emosi, fisik, komunikasi dan banyak hal.

 

Semakin sering melakukan kerjasama di rumah maka semakin banyak kontak komunikasi dan perasaan yang terbentuk pada keluarga. Inilah yang membuat keluargamu semakin harmonis dalam bercengkrama dan sifat canggung pun akan memudar.

 

Menanamkan sikap tanggung jawab dan rasa kepemilikan

Kerjasama di rumah tentunya akan membentuk sikap disiplin, tanggung jawab, dan rasa kepemilikan yang tinggi.

 

Semakin sering melakukan kerja sama , maka semakin sering pula kita sadar betapa pentingnya untuk merawat barang-barang di rumah.

 

Dengan begitu tanggung jawab atas kepemilikan rumah pun akan tumbuh seiring berjalannya waktu.

 

Baca juga:

Enggak ke Mana-mana? Ini 7 Kegiatan Seru untuk Menikmati Liburan di Rumah

Cuci Gudang untuk Tambah Penghasilan keluarga

 

Contoh kerjasama di rumah yang bisa dilakukan

Nah, jika sudah tahu apa saja manfaat melakukan kerjasama di rumah, saatnya untuk melakukan praktik. Ya, berikut adalah 5 contoh kegiatan yang bisa kamu terapkan dalam lingkungan keluargamu.

 

1. Rapikan ruang keluarga

 

Ruang keluarga adalah salah satu ruangan yang selalu digunakan untuk berkumpul. Tentu saja, ruangan inilah yang seringkali berantakan dan perlu untuk dirapikan.

 

Ruang keluarga juga termasuk ruangan yang besar. Jika satu orang saja yang bertugas merapikannya, pasti akan sangat melelahkan, bukan?

 

Sebenarnya, bukan hanya ruang keluarga saja, masih banyak ruang lain seperti dapur, kamar mandi, dan lainnya yang sering digunakan bersama-sama.

 

Cobalah untuk rutin melakukan kerjasama dengan merapikan ruang keluarga agar pemakaiannya tetap nyaman.

 

2. Kerjasama di rumah dengan Masak

 

Siapa bilang urusan masak hanya boleh dilakukan oleh ibu rumah tangga? Tentu saja tidak. Justru, kegiatan masak ini bisa kamu lakukan bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya.

 

Kegiatan memasak bersama anggota keluarga bukan saja menjadikan aktivitas ini menjadi seru, tapi secara otomatis sebagai sarana untuk anggota keluarga belajar tentang memasak.

 

Perlu diketahui, memasak adalah salah satu keterampilan basic yang harus diketahui tanpa memandang gender.

 

Dengan rajin masak bareng dengan anggota keluarga, semua akan belajar tentang cara memasak dan bagaimana membuat masakan tersebut enak untuk seluruh anggota keluarga.

 

Jadi, tidak ada lagi saling protes jika masakannya kurang enak. Sebab, ini dikerjakan langsung oleh seluruh anggota keluarga. Asyik, bukan?

 

3. Kerjasama di rumah dengan berkebun

 

Jika kamu memiliki pekarangan rumah yang luas, maka buatlah sepetak kecil kebun untuk alternatif aktivitas weekend bersama keluarga.

 

Ya, berkebun bersama keluarga bisa menjadi sarana untuk melakukan kerjasama dan berpotensi menambah keharmonisan keluarga.

 

Jangan salah, berkebun juga bisa menjadi alternatif untuk kamu yang malas melakukan olahraga berat, loh! Sebab, aktivitas ini juga cukup menguras tenaga.

 

4. Bersih-bersih gudang

 

Coba cek gudang penyimpanan di rumah. Sudah sangat berdebu, bukan? Sudah saatnya untuk mengajak anggota keluarga untuk kerjasama membersihkan gudang di rumah.

 

Meskipun gudang difungsikan untuk menyimpan barang lama atau bekas, bukan berarti gudang dibiarkan berjamur begitu saja.

 

Justru, jika dibiarkan berlama-lama akan merusak barang-barang simpananmu. Cobalah untuk membersihkan minimal 1 kali sebulan agar barang-barang bekas atau simpananmu tetap aman.

 

5. Kerjasama di rumah dengan cuci kendaraan

 

Jika di rumah memiliki kendaraan seperti mobil dan motor, tentu jika dicuci sendirian bakal memakan tenaga dan waktu yang banyak.

 

Ajaklah anggota keluarga untuk bersama-sama mencuci kendaraan yang ada. Sebab, di sinilah kedisiplinan dan rasa kepemilikan akan sesuatu akan muncul.

 

Jika dilakukan secara bersamaaan dengan anggota keluarga, kegiatan ini akan dengan mudah dan cepat untuk selesai.

 

Itulah contoh dan manfaat melakukan kerjasama di rumah bersama anggota keluarga. Bagaimana? Apakah kamu mempunyai ide lain untuk kegiatan bersama anggota keluarga? Yuk, jangan lupa untuk bagikan tulisanmu di Swara Kamu juga, ya!