Edukasi & Inspirasi Finansial dari Amar Bank

 

Bagi masyarakat Indonesia, sunatan atau khitanan sudah menjadi suatu tradisi. Tidak jarang, acara khitanan dirayakan dengan cara yang mewah. 

 

Karena ingin mengadakan acara besar, ada orang tua yang menggunakan pinjaman online untuk mencari dana tambahan. Lalu, apakah ini hal yang tepat? 

 

Tunaiku dari Amar Bank bisa bantu penuhi kebutuhan acara khitanan anak. Cari tahu di sini.

 

Pertimbangan Menggunakan Pinjaman Online untuk Acara Khitanan Anak

 

Sebenarnya, mau menggunakan pinjaman online atau tidak, itu hak masing-masing orang tua. Kalau khitanan anak memang dirasa sangat penting tapi dana yang dimiliki terbatas, maka tidak ada salahnya menggunakan pinjaman online.

 

Tapi, kamu juga harus mempertimbangkan beberapa hal supaya pinjaman online tersebut nantinya tidak menjadi beban finansial. 

 

1. Pilih sumber pinjaman yang terpercaya

 

Saat ini ada banyak sekali kasus penipuan pinjaman online yang terjadi di media sosial. Jangan sampai kamu gegabah dalam memilih sumber pinjaman dan terjebak ke kasus penipuan. 

 

Pilihlah sumber pinjaman yang sudah terpercaya. Pinjaman online yang kredibel pasti sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

 

Cari tahu apakah suatu pinjaman online sudah terdaftar di OJK atau belum dengan mengunjungi situs resmi OJK. Atau, kamu juga bisa melihat logo OJK yang seharusnya ada pada aplikasi pinjaman online

 

2. Ajukan pinjaman sesuai kebutuhan

 

Sebelum mengajukan pinjaman, coba hitung dulu berapa dana tambahan yang kamu butuhkan untuk melangsungkan acara khitanan anak. Lalu, ajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan dana tersebut.

 

Jangan mengajukan pinjaman lebih dari yang kamu butuhkan. Ini penting supaya tidak memberatkan kamu ketika akan mencicil pinjaman nantinya. 

 

Kalau sudah tahu berapa nominal yang mau diajukan, kamu bisa coba pakai Tunaiku dari Amar Bank. Cari tahu di sini!

 

3. Siap berkomitmen dan disiplin

 

Begitu kamu memutuskan untuk menggunakan pinjaman online, ketahuilah bahwa kamu memiliki tanggung jawab baru. 

 

Kamu wajib menyisihkan sejumlah dana setiap bulannya untuk membayar cicilan pinjaman. Sejak awal, kamu harus bisa berkomitmen untuk melunasi pinjaman tersebut. 

 

Di tengah jalan, pasti akan terasa berat. Tapi, kalau dari awal sudah berkomitmen untuk disiplin, maka kamu bisa menghindari risiko gagal bayar. 

 

4. Pilih pinjaman dengan bunga kompetitif

 

Pinjaman Uang Online Aman Terdaftar di OJK

 

Cobalah untuk melakukan riset terhadap suatu pinjaman online. Pilih pinjaman online yang menyediakan bunga paling rendah serta biaya administrasi yang tidak memberatkan.

 

Semakin rendah bunganya, maka semakin ringan beban pelunasan cicilanmu. Jangan mau memilih pinjaman online yang bunganya terlalu tinggi, bahkan sampai melebihi batas legal yang sudah ditetapkan oleh OJK.

 

OJK menentukan bunga pinjaman online setiap bulannya tidak boleh lebih dari 24 persen atau 0,8 persen per hari. 

 

Estimasi Biaya untuk Acara Khitanan Anak

 

Mungkin biaya yang diperlukan untuk setiap acara khitanan anak akan berbeda-beda. Estimasi biaya berikut adalah perkiraan kebutuhan untuk khitanan dengan tamu sebanyak 50 orang. 

 

Barang Total Harga
Lokasi acara (gedung/aula) Rp3.000.000
Katering (50 orang) Rp1.750.000
Baju khitan Rp250.000
Dekorasi gedung Rp1.500.000
Dokumentasi Rp1.200.000
Souvenir (50 orang) Rp2.500.000
Total Biaya Rp10.200.000

 

Harga-harga di atas hanyalah perkiraan biaya. Bisa saja, kamu kamu menemukan vendor dengan biaya yang lebih murah.

 

Selain itu, kalau kamu mengadakan acara khitanan di rumah, maka kamu juga bisa menghemat biaya untuk menyewa aula. 

 

Acara khitanan memang spesial dan sudah sejak lama menjadi tradisi. Meski begitu, jangan sampai kamu merencanakan acara yang terlalu mewah, sampai melebihi budget yang kamu miliki.

 

Menggunakan pinjaman online untuk mengadakan khitanan boleh saja, selama kamu bisa melakukannya dengan bijak. Jangan lupa pertimbangkan hal-hal di atas sebelum meminjam, ya.

 

Nah, salah satu pinjaman online terpercaya yang bisa kamu pilih adalah Tunaiku dari Amar Bank, karena sudah resmi terdaftar di OJK. Coba ajukan sekarang, yuk! Cari tahu di sini!