SWARA – Jika sudah berkeluarga, weekend jadi kesempatan untuk quality time bersama keluarga tanpa harus memikirkan pekerjaan kantor. Apalagi kalau sudah punya anak. Sebisa mungkin 2 hari bercengkrama dengan anak setelah 5 hari waktu kebersamaan dengan mereka kurang.

Weekend bisa dijadikan waktu untuk memupuk kedekatan antara orang tua dengan anak. Kamu juga bisa menyimak pertumbuhan dan perkembangan anak. Untuk itu, perlu kegiatan menarik yang harusnya kamu lakukan agar weekend kalian berkesan. Kira-kira, kegiatan apakah itu?

Well, kamu bisa kok melakukan liburan di rumah dan dekat rumah atau yang saat ini disebut dengan staycation. Berikut ada beberapa ide staycation yang bisa kamu coba bersama anak.

1. Bersepeda

Selain gratis dan fun, bersepeda membuat keluarga menjadi lebih sehat. Bersepadalah di Sabtu dan Minggu pagi sebelum jalanan komlpek rumahmu terkena polusi dari asap kendaraan. Kamu bisa mulai bersepeda setelah subuh. Dengan bersepeda kalian juga bisa lebih peka terhadap lingkungan sekitar.

2. Berlatih keterampilan

Masa kanak-kanak adalah masa golden age di mana seharusnya mereka sudah mulai memupuk bakat dan minat. Daripada macet-macet di jalan dan menghabiskan banyak uang dengan percuma, alangkah lebih baik jika kamu mengajak anakmu mengasah bakatnya di rumah. Kamu bisa mulai dengan membaca buku cerita, menulis, menggambar, bernyanyi, atau apapun. Weekend kalian pun menjadi lebih berkesan. Tentunya kamu nggak perlu mengeluarkan biaya.

 

Artikel terkait: Cara mendidik anak

  1. Akrab dengan Internet dan Gadget, Ini 5 Hal Penting dalam Mendidik Anak-anak Generasi Z!
  2. Ingin Anak Sukses? Orang Tua Harus Lakukan 5 Hal Ini!
  3. 12 Cara Seru Mengajarkan Anak Tentang Uang yang Bisa Kamu Coba

 

3. Membuat kerajinan tangan

Poin ini jika dilakukan juga bisa mengasah kreativitas dan kerapian anak. Kamu bisa mengajaknya membuat kerajinan apapun yang dihasilkan dari tangan. Sebagai contohnya adalah pigura yang nantinya diisi oleh foto keluarga. Kamu cukup mengeluarkan uang 50ribu atau kurang dari itu. 

4. Mengunjungi taman

Jika di dekat tempat tinggalmu terdapat taman kota, kamu bisa mengajak si buah hati kesana. Biasanya taman kota akan dilengkapi dengan wahana permainan gratis untuk anak. Tentu mereka akan bahagia berada di tempat ini. Kamu pun bisa quality time di sini bersama buah hati.

5. Menonton film

Weekend juga bisa diisi dengan menonton film bersama keluarga dan buah hati. Tentu film yang kalian pilih adalah film tentang keluarga, ya. Dalam film tentu banyak hikmah yang bisa dipetik. Dengan menonton film pun kalian bisa saling mendekatkan diri dan juga daya imajinasi anak semakin terasah. Siapa tahu juga, di masa depan mereka bisa menjadi sutradaya atau penulis skenario.

 

Artikel terkait: Film yang cocok kamu tonton bersama keluarga

  1. Wajib Ditunggu! 10 Film Keluarga 2018 yang Cocok Ditonton Bareng Buah Hati
  2. 7 Film Keluarga yang Wajib Kamu Tonton Saat Liburan
  3. Film dengan Nilai Harmonis yang Wajib Ditonton Keluarga

 

6. Memasak

Kegiatan ini mungkin identik dengan ibu rumah tangga. Tapi tentu nggak ada salahnya kamu coba. Kamu bisa memasak menu yang nggak setiap hari bisa kalian. Sebagai contoh, kalian membuat kue. Setelah itu, kalian bisa menikmatinya dengan menggelar tikar di taman belakang sembari menikmati udara rumah yang sejuk. Kegiaan fun yang murah bukan? Kamu nggak akan menghabiskan lebih dari 100ribu untuk memasak kue.

7. Bermain air

Selain mainan, anak-anak bisanya juga senang bermain air. Sebenanrnya nggak perlu jauh-jauh ke kolam renang, kok. Kamu bisa membeli kolam karet yang dipompa lalu diisi air. Bahkan, kamu bisa menggunakan ember yang diisi air dan dimasukkan mainan seperti bola-bola kecil. Adapun harga kolam karet sekitar 160ribu.

Bagaimana dengan ide staycation di atas? Sudah murah, mudah, cukup dilakukan di rumah pula. Waktu kebersamaanmu pun nggak akan berkurang karena harus dihabiskan dengan bermacet-macet di jalan, kan?

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

1


TRI PUSPITASARITRI PUSPITASARI