Beranda > Gaya Hidup > Jarang Diketahui, 4 Fitur Kamera DSLR ini Punya Peran Penting

Jarang Diketahui, 4 Fitur Kamera DSLR ini Punya Peran Penting

dhandyDhandy
Jarang Diketahui, 4 Fitur Kamera DSLR ini Punya Peran Pentingwatermark

TUNAIKU.COM – Akhir-akhir ini, fotografi menjadi salah satu aktivitas yang sedang digandrungi oleh banyak orang. Setiap momen yang sedang terjadi, pasti dengan segera akan diabadikan lewat kamera masing-masing. Oleh karena itu, kebutuhan alat penunjang seperti kamera cukup dibutuhkan bagi sebagian kalangan.

 

Banyak jenis kamera yang bisa digunakan untuk menangkap gambar, mulai dari kamera smartphone hingga kamera untuk profesional. Untuk cara pemakaiannya pun, dapat dicari dari google atau buku-buku referensi. Oleh karena itu, sudah mulai banyak para penggiat kreatif yang menggunakan kamera sebagai salah satu alat penunjang utama dalam menghasilkan karya.

 

Para penggiat kreatif tersebut diantaranya, para influencer seperti selebgram, YouTuber, dan juga blogger. Mereka menggunakan beberapa macam kamera yang saat ini banyak digunakan atau sedang trending di kalangan masyarakat, seperti Mirrorless, DSLR, Action Cam, atau sekadar menggunakan kamera smartphone.

 

Nah, salah satu jenis kamera yang sudah muncul lebih awal dibanding jenis kamera terbaru adalah kamera DSLR. Kamera ini sudah digunakan banyak orang karena gambar yang dihasilkan memiliki resolusi yang sangat bagus.

 

Banyak kalangan para penyuka fotografi atau yang memang bekerja di dunia fotografi masih menggunakan kamera DSLR sebagai salah satu alat utamanya. Mereka menganggap kualitas DSLR masih lebih baik dibanding dengan kamera jenis terbaru, walaupun kamera jenis terbaru memiliki bentuk yang lebih ramping, ringan, mudah dibawa, dan memiliki hasil gambar yang cukup bagus.

 

Artikel Terkait: Serba-serbi Kamera yang Perlu Kamu Tahu

  1. 5 Fungsi Kamera Ponsel Selain Swafoto, Biar Makin Maksimal dan Permudah Aktivitas
  2. Kamu Hobi Foto-foto atau Selfie? Ini Dia 5 Smartphone dengan Kamera Terbaik Sepanjang 2018
  3. 8 Kamera Pocket Harga 1 Jutaan Terbaik 2018, Mumpuni dan Nggak Kalah dari DSLR

 

Kalian tahu nggak sih, apa saja bagian utama dari kamera DSLR?

 

1. Lensa

 

Zoom Tele, Zoom Wide

 

2. Bagian Depan Kamera

 

Shutter Buttot, Lens Mount, Mirror, Battery Compartment, Tripod Socket, Lens Release Button, Lens Mount Index, Built-in Flash

 

3. Tampilan Bidik Kamera

 

AF Poin, Shutter Speed, Aperture Value, ISO Speed

 

4. Bagian Belakang Kamera

 

Eyecup, Viewfinder Eyepiece, Menu Button, LCD Monitor, Playback Button, Erase Button, Access Lamp, SET Button/ Multi-controller, Speaker, Focus Boint, Selection Button, Live View Shooting/ Movie Shooting Switch, Dioptic Adjustment Knob

 

5. Layar Monitor LCD

 

Shooting Mode, Shutter Speed, Battery Level Display, Shots Remaining, Image-recording Quality, ISO Speed, Aperture Value

 

6. Bagian Atas Kamera

 

Focus Mode Switch, Microphone, Strap Mount, Hot Shoe, Mode Dial, Power Switch, ISO Speed Setting Button, Main Dial, Zoom Ring, Focus Ring

 

Artikel Terkait: Fakta menarik tentang fotografi

  1. Rekomendasi Kamera untuk Anak yang Suka Fotografi
  2. 7 Alasan Penting untuk Mempunyai Kamera Dashboard Mobil
  3. Cek Tipe Kamera Digital Sebelum Membeli, Begini Caranya!

 

Namun, selain itu terdapat beberapa fitur dari DSLR yang terkadang diabaikan oleh sebagian orang. Fitur-fitur ini tentunya memiliki peranan yang sangat penting dalam berjalannya fungsi kamera DSLR.

 

1. Tombol Pelepas Lensa

 

Jarang Diketahui, 4 Fitur Kamera DSLR ini Punya Peran Penting

Fungsi tombol pelepas lensa hanyalah sebagai pelepas lensa dari bodi. Tapi, jangan sekalipun kamu menyepelekan fungsi dari tombol ini. Lensa dan bodi kamera akan rusak jika tombol ini tidak ditekan saat melepas lensa, selain itu hal ini juga akan merusak sistem elektronis lensa dan bodi

 

Posisi tombol ini biasanya sama di setiap kamera. Berada di depan bodi dan terletak di samping lensa. Tekan tombol ini, lalu putar lensa untuk melepasnya.

 

2. Main Dial

 

Jarang Diketahui, 4 Fitur Kamera DSLR ini Punya Peran Penting

Bentuk main dial mirip dengan bentuk mode dial, seperti roda gerigi. Namun bedanya adalah hanya terlihat separuh bagian saja. Bentuk gerigi ini berguna untuk mempermudah pengaturan dengan menggunakan jari tangan.

 

Fungsi dari main dial adalah mengatur eksposur atau diafragma. Namun selain itu, menu lain juga diatur dengan manggunakan main dial, seperti ISO atau white balance.

 

3. Dioptri Viewfinder

 

Jarang Diketahui, 4 Fitur Kamera DSLR ini Punya Peran Penting

Fitur ini terbilang sangat jarang digunakan oleh banyak kalangan selain fotografer profesional. Karena letaknya yang berada di samping view finder, dan bentuknya terbilang kecil.

 

Selain itu, fungsi dioptri view finder ini biasanya digunakan oleh fotografer yang mempunyai permasalahan dalam segi pandangan mata seperti minus atau plus.

 

4. Light Meter

 

Jarang Diketahui, 4 Fitur Kamera DSLR ini Punya Peran Penting

Salah satu fitur kamera DSLR yang tidak bisa diabaikan, karena fungsinya sebagai pengukur berapa besar pencahayaan yang masuk ke dalam sensor. Fitur ini terletak di viewfinder atau pada live view dengan indikasi jika penunjuk bergerak ke kanan berarti pencahayaan kurang dan bila penunjuk bergerak ke kiri berarti mengalami pencahayaan yang berlebih.

 

Nah, itu dia 4 fitur kamera DSLR yang mungkin baru kamu ketahui fungsinya. Setelah baca artikel ini, kamu bisa lebih menggali fungsi atau fitur kamera DSLR lainnya agar bisa menghasilkan gambar yang lebih berkualitas. Selamat mencoba!

CTABARU1

Tunaiku


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett