SWARA – Saat ini, fintech pinjaman online semakin menjamur. Hal ini mungkin membuat kamu tergoda untuk mengajukan pinjaman, bahkan sekadar untuk liburan. Lalu, sebenarnya bolehkah mengajukan pinjaman online untuk keperluan yang kurang mendesak?

 

Sebelumnya, mungkin kamu perlu membedakan dua jenis pinjaman berdasarkan tujuannya, yaitu pinjaman produktif dan pinjaman konsumtif. Pinjaman produktif adalah pinjaman yang digunakan untuk keperluan penting dan mendesak, seperti dana pendidikan, modal usaha, dan lain-lain.

 

Sedangkan, pinjaman konsumtif merupakan pinjaman yang dananya bukan dipakai untuk keperluan mendesak. Salah satu contohnya adalah jalan-jalan atau liburan. 

 

Efek Menggunakan Pinjaman Online untuk Liburan

 

Sebenarnya, boleh atau tidaknya mengajukan pinjaman online untuk liburan kembali lagi ke kebutuhanmu sendiri. Apakah liburan memang menjadi keperluan yang sangat mendesak untukmu? 

 

Biasanya, liburan dilakukan sebagai sarana untuk menghibur diri. Hiburan bukanlah termasuk sebagai keperluan mendesak. Karena itu, pinjaman untuk liburan seringkali dianggap sebagai pinjaman konsumtif dan didasarkan pada keinginan saja, bukan kebutuhan.

 

Dikutip dari Detik, rata-rata pinjaman online memberikan tenor pinjaman yang cenderung cepat. Sementara, dana pinjaman yang dipakai untuk liburan tidaklah sedikit. Akibatnya, kamu akan kesulitan untuk melunasi nantinya. 

 

Tidak seperti pinjaman untuk modal usaha, pinjaman untuk liburan tidak bisa mendatangkan keuntungan dari segi material. Kamu harus menggunakan penghasilan tetapmu sendiri untuk bisa melunasi cicilan pinjaman.

 

Jika pinjaman digunakan sebagai modal usaha, ada peluang bagimu untuk mendapatkan laba dari usaha tersebut. Laba itulah yang digunakan untuk menutupi cicilan pinjaman. Sehingga, kamu tidak akan dibebankan dengan utang. 

 

Harus diakui bahwa terkadang liburan memang perlu dilakukan. Ada orang yang baru bisa kembali bekerja dengan optimal setelah berlibur. Ada juga orang yang melakukan liburan di hari raya tertentu sebagai bagian dari tradisi keluarga.

 

Apabila hal seperti ini terjadi, maka mengajukan pinjaman online untuk liburan mungkin tidak bisa dihindari. Meski begitu, kamu tetap perlu berhati-hati supaya tidak salah langkah ketika mengajukan pinjaman.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Liburan dengan Pinjaman Online

 

Mengajukan pinjaman online untuk liburan sah-sah saja jika kamu memang memerlukannya. Sebaiknya, supaya pinjaman ini nantinya tidak memberatkanmu, cobalah perhatikan hal-hal ini sebelum mengajukan pinjaman:

 

  • Ajukan nominal yang realistis

 

Biaya untuk berlibur memang tidak kecil. Usahakan untuk tidak mengajukan pinjaman dengan nominal yang terlalu besar. Sebagai alternatif, kamu bisa menabung sejak jauh-jauh hari untuk mempersiapkan dana berlibur. Nantinya, dana pinjaman bisa dikombinasikan dengan uang yang sudah kamu tabung. 

 

Dengan begitu, kamu tidak perlu mengajukan dana pinjaman yang terlalu besar. Sehingga, kamu pun tidak akan kesulitan untuk membayar cicilan pinjaman nantinya. 

 

  • Pilih pinjaman online dengan bunga rendah

 

Salah satu hal yang membuat banyak orang gagal melunasi pinjaman adalah bunga pinjaman yang terlalu tinggi. Ketika mencari pinjaman online, carilah pinjaman dengan bunga yang relatif rendah. 

 

Salah satu pinjaman online dengan bunga cicilan yang ringan adalah Tunaiku. Di Tunaiku, kamu bisa mengajukan pinjaman sampai dengan Rp20 juta, dengan bunga hanya sebesar 3 persen per bulannya. 

 

Memilih pinjaman online dengan bunga yang rendah bisa memudahkan kamu untuk melunasi cicilan pinjaman nantinya. Jadi, bijaklah dalam memilih pinjaman online untuk mendapatkan dana liburan tambahan. 

 

  • Buat rencana pembayaran

 

Strategi pembayaran cicilan sebaiknya sudah direncanakan sejak sebelum mengajukan pinjaman. Misalnya, kapan target yang kamu inginkan untuk bisa melunasi semua pinjaman tersebut? Lalu, berapa persen dari penghasilan yang mau kamu pakai untuk membayar cicilan?

 

Ini penting dipertimbangkan sejak awal. Dengan begitu, kamu bisa membayar pinjaman secara konsisten dan disiplin. Selain itu, kamu juga bisa terhindar dari risiko gagal bayar. 

 

  • Manfaatkan promo

 

Tips ini merupakan tips tambahan supaya pinjaman online yang kamu gunakan untuk liburan tidak memberatkan. Ketika akan berlibur, carilah promo sebanyak-banyaknya. 

 

Dengan memanfaatkan promo, kamu bisa mendapatkan tiket pesawat dan juga tempat penginapan dengan harga yang lebih terjangkau. Tentunya hal ini bisa membantumu untuk menghemat pengeluaran. 

 

Menggunakan pinjaman online untuk liburan memang tidak disarankan. Akan tetapi, jika kamu memang benar-benar memerlukannya, maka berhati-hatilah dalam memilih pinjaman online agar tidak memberatkanmu nantinya.