SWARA РMemiliki rencana bepergian ke luar negeri?Lalu bingung apa saja yang harus dipersiapkan dan bagaimana nanti jika tiba di tempat tujuan. Tenang, tidak hanya kamu kok yang bingung, hal ini juga terjadi pada teman saya. Perjalanan pertamanya ke luar negeri dengan tujuan Hong Kong  membawa banyak cerita.

 

Menurutnya perjalanan pertama ke Hong Kong terhitung berantakan. Ia pun mengakui bahwa kebingungan ketika tiba di sana. Wajar saja, selalu ada pengalaman pertama untuk setiap kali kan! Saya yakin di luar sana pasti juga banyak yang mengalami hal seperti ini.

 

Artikel terkait: Kamu baru pertama kali pergi ke luar negeri?

  1. Mau Buat Visa? Siapkan Dokumen-dokumen untuk Berikut, Yuk!
  2. Pengin ke Eropa? Perhatikan 5 Hal Ini Agar Tembus Mengurus Visa Schengen
  3. 5 Destinasi Wisata Musim Dingin Terbaik di Asia, Kamu Pilih yang Mana?

 

Nah, agar bepergian kamu lancar dan tanpa kebingungan, berikut ini beberapa tips yang bisa dipersiapkan supaya perjalanan pertama kali ke luar negeri berjalan lancar.

 

1. Kelengkapan dokumen

Kamu bukan mau pergi lintas kota. Jadi jangan lupa untuk membawa paspor, visa, dan dokumen penting lainnya yang akan kamu butuhkan. Kalau paspor sudah barang wajib ketika kamu ingin ke luar negeri. Untuk visa, beberapa negara ada yang membebaskan WNI memasuki negaranya tanpa visa seperti Singapura dan Malaysia. Selain itu visa juga ada yang dibuat saat sampai di negara tujuan atau dibuat di negara asal. Karena itu penting untuk mempelajari negara yang akan kamu tuju. Kalau sulit, kamu bisa mengajukan visa dengan bantuan biro perjalanan.

 

2. Pelajari negara yang ingin dituju

Ini merupakan hal yang penting. Karena sekali lagi, kamu bukan pergi lintas kota yang seandainya kamu bingung mau ke mana, kamu bisa bertanya dengan bebas pada warga sekitar. Pelajari budayanya, kulturnya, kondisi terkininya, dan apapun yang kamu rasa akan bersinggungan dengan dirimu di negara nanti. Enggak lucu kan kalau kamu berencana berjemur di pantai tapi ternyata di sana sedang musim dingin? Atau seperti bule yang sedang berlibur ke Indonesia dan ditegur masyarakat karena mengenakan baju komunis. Itu akibatnya kalau kamu enggak mempelajari negara tujuan kamu nanti.

 

3. Booking penginapan

Mungkin kamu tipe seseorang yang senang perasaan get lost saat berada di lokasi yang baru kamu datangi. Tapi saat berada di luar negeri, kamu jangan seperti itu ya. Minimal kamu sudah memesan kamar untuk 1-2 malam pertama di sana. Kenapa? Karena penginapan itu sangat mempengaruhi liburan kamu. Biaya dan lokasi penginapan akan cukup mempengaruhi rencana liburan kamu dengan signifikan, lho. Belum lagi ada beberapa negara yang mewajibkan kamu mencantumkan alamat kamu menginap selama berada di sana sebagai syarat pengajuan visa. Jadi, anggap saja tempat menginap itu sama pentingnya dengan tiket penerbangan. Pastikan hal tersebut sudah siap barulah kamu siap untuk berangkat.

4. Siapkan tiket pesawat

Ini sudah jelas ya. Mau kamu sudah sesiap apapun, kalau enggak ada tiket pesawat ya kamu enggak bisa pergi. Pastikan kamu memesan tiket jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga yang bersahabat.

 

5. Buat rencana perjalanan yang matang

Untuk menghindari mati gaya saat berada di sana, lebih baik kamu sudah membuat daftar tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi di sana. Di internet pastinya banyak pengalaman seseorang yang bisa membantumu untuk menentukan di mana tempat makan yang enak, tempat malam yang seru, dan lain sebagainya. Jangan lupa googling tempat oleh-oleh khas di negara tujuanmu, untuk meminimalisir oleh-oleh seperti gantungan kunci atau kaos polos hitam.

 

6. Jangan lupa tukarkan uang

Tukarkan uang rupiah kamu dengan mata uang negara tujuan kamu sebelum kamu ke sana. Selain untuk menghindari repotnya mencari money changer di sana, kurs mata uang rupiah juga biasanya akan bernilai lebih rendah di negara tujuan kamu. Ada baiknya membawa mata uang US Dollar sebagai jaga-jaga.

 

7. Bawa barang secukupnya saja

Sama seperti anak kecil yang akan berkemah untuk pertama kalinya, biasanya orang dewasa juga cenderung suka melibatkan emosi dalam hal membawa barang yang ingin dibawa. Kamu kan sudah punya rencana mau berapa hari di sana dan mau ke mana saja, harusnya kamu sudah paham apa saja yang dibutuhkan dan mana yang enggak. Kan lucu kalau kamu enggak jadi beli barang tertentu hanya karena barang bawaanmu sudah kebanyakan.

 

8. Jangan bawa barang palsu

Oh iya, ini juga cukup penting. Jangan bawa barang palsu saat kamu bepergian ke luar negeri. Kenapa? Karena kalau sampai ketahuan oleh petugas pelabuhan atau bandara, barang palsu tersebut akan disita. Dan enggak jarang barang tersebut langsung dirusak di depan umum. Mungkin harga barangnya enggak seberapa, tapi harga diri kamu?
Nah, itu dia beberapa tips yang perlu kamu tau kalau ingin bepergian ke luar negeri untuk pertama kalinya. Setelah mengetahui tips-tips tersebut, kamu sudah siap berangkat deh.

 

Artikel terkait: Rekomendasi liburan murah?

  1. Rencana Liburan ke Bali Bujet Rp2,5jt, Ini Rincian Biaya Plus Itinerarynya
  2. Jalan-Jalan ke Vietnam? Ini 5 Rekomendasi Hostel Backpacker di Ho Chi Min City yang Ngehits
  3. 8 Cara Bisa Liburan Tanpa Harus Takut Kehabisan Uang

 

Kenapa? Tabungan kamu belum cukup untuk berjalan-jalan ke luar negeri? Santai, Tunaiku punya solusinya. Kamu bisa meminjam uang sebesar 2 juta sampai 20 juta dari Tunaiku untuk kamu menghilangkan penat di luar negeri. Waktu pengembaliannya? Tenang, paling cepat 6 bulan dan paling lama 20 bulan.

 

Prosesnya pun mudah. Dalam waktu kurang dari 24 jam permohonan kamu bisa segera diproses. Tunggu apalagi? Segera meluncur ke tunaiku.com dan segera pesan tiket perjalananmu.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

KTA


AGUSTO REYNALDOAGUSTO REYNALDO