Ramadan sudah berlalu, kini saatnya menyambut hari raya Idul Fitri dengan penuh suka cita. Momen yang berlangsung selama satu tahun sekali ini tentu tak boleh dilewatkan. Sangat disayangkan jika  libur lebaran hanya diisi oleh aktivitas membosankan.

 

Tentu di momen yang bahagia ini, banyak keluarga atau sanak family yang berkumpul, merencanakan apa saja yang bakal dilakukan selama libur lebaran ini. Nah, bagi kamu yang bingung kegiatan apa yang seru untuk dilakukan bersama orang terdekat, kamu berada di artikel yang tepat.

 

Di sini, kami akan membagikan 10 kegiatan seru yang bisa dilakukan saat libur lebaran. Tapi, sebelum berlanjut, mari kita bahas dulu berapa lama sih libur lebaran tahun ini?

 

Tanggal Merah Libur Lebaran 2022

Sejatinya, pemerintah telah menetapkan libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada tanggal 2 sampai 3 Mei 2022. Hal ini sudah menjadi ketetapan awal libur nasional di kalender masehi.

 

Namun, tanggal merah tersebut belum termasuk tanggal cuti yang diberikan oleh pemerintah. Gak terbayang dong betapa sempitnya waktu libur jika libur lebaran cuma dua hari. Oleh karena itu, pemerintah melalui kebijakannya beberapa waktu lalu mengeluarkan aturan. Aturan tersebut mengatur tentang jadwal cuti bersama Idul Fitri 1443 Hijriah.

 

Jadwal Cuti Bersama Libur Lebaran 2022

Melansir Detikcom, pemerintah telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 3 dan 4 Tahun 2021. SKB itu mengatur tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2022.

 

Nah dari SKB tersebut, ditetapkan oleh pemerintah bahwa hari libur lebaran jatuh pada tanggal 29 April, 4-6 Mei 2022. Dan, hari raya Idul Fitri pada tanggal 2-3 Mei 2022.

 

Jadi, jika kita hitung secara keseluruhan, libur lebaran yang bisa kamu nikmati bersama orang terdekatmu adalah 10 hari. Lumayan, bukan?

 

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Selama Libur Lebaran

Nah, kamu sudah tahu bahwa libur lebaran tahun ini ada 10 hari. Tentu saja, kamu tidak ingin momen langka ini dilewatkan begitu saja, bukan?

 

Berikut kami berikan 10 rekomendasi kegiatan seru di bulan ramadan agar momentmu bersama orang terdekat tak terlupakan. Apa saja?

 

1. Silaturahmi ke rumah kerabat

Lebaran identik dengan mempererat tali silaturahmi antar keluarga. Saat hari raya itu tiba, semua keluarga baik dari kerabat dekat maupun jauh ramai-ramai datang untuk saling bermaaf-maafan.

 

Menghabiskan libur lebaran dengan cara mengunjungi sanak family tentu mengasyikkan. Kapan lagi kan bertemu dengan mereka di tengah kesibukan masing-masing. Kamu bisa berbagi cerita tentang masa kecil bersama dan saling tanya kabar masing-masing.

 

2. Ziarah kubur

Di Indonesia, aktivitas ziarah kubur saat hari lebaran hampir menjadi tradisi. Sebenarnya tidak ada kewajiban untuk mendatangi makam orang yang sudah tiada saat hari raya. Namun, karena para keluarga kebetulan berkumpul, maka saat yang tepat untuk berziarah ke makam. Di sini, kamu bisa mengetahui nenek sampai buyut kamu, loh!

 

3. Libur lebaran camping

Nah, aktivitas seru lainnya saat libur lebaran adalah melakukan camping. Jika kamu suka dengan alam terbuka, camping adalah pilihan yang terbaik. Sebab, di alam terbuka ini kamu bisa menyegarkan kembali pikiranmu dari beban kerja yang ada.

 

Katanya, bermain di alam juga bisa mendamaikan hati serta menentramkan pikiran. Bukan tidak mungkin, mood dan kesehatan mentalmu bisa terjaga dan siap kembali bertempur dengan aktivitas kerja pasca libur lebaran.

 

4. Jalan-jalan ke pantai

Aktivitas alam terbuka lainnya yang bisa kamu coba bareng orang terdekat adalah jalan ke pantai. Ya, mungkin tidak semua kerabatmu suka aktivitas camping, maka pilihan selanjutnya bisa jalan ke pantai.

 

Suasana alam di pantai juga tak kalah menariknya, suara angin yang sepoi-sepoi serta deburan gelombang laut bisa menentramkan pikiranmu. Agar lebih asyik lagi, manfaatkan fasilitas pantai yang ada. Mungkin seperti speed boat, dan lainnya.

 

5. Menikmati air terjun

Jika kamu dan kerabatmu suka yang bernuansa adventure, maka menjelajahi tempat yang ada air terjun bisa jadi pilihan menarik. Lokasi air terjun biasanya sulit untuk diakses karena teletak di tengah hutan atau perbukitan.

 

Nah, di sini kamu bisa menjelajah sambil foto-foto di alam dengan riang. Mungkin perjalanan akan sedikit membuatmu lelah, tetapi percayalah semua akan terbayar ketika sampai di tempat air terjunnya. Jangan lupa untuk tetap menghormati tempat di sana dengan tidak membuang sampah sembarang, ya!

 

Baca juga: Mau Budget Aman Saat Libur Lebaran? Simak 5 Tips Hemat Ini

 

6. Wisata ke pulau

Mungkin kamu sudah bosan dengan pantai, Nah, rekomendasi tempat libur lebaran yang seru selanjutnya yakni pulau. Mungkin di tempatmu ada pulau yang dijadikan tempat wisata dan belum kamu kunjungi. Atau, kamu bisa ke luar kota untuk menjajali pulau yang ada di sana.

 

Percayalah, jalan ke pulau juga tak kalah serunya, pastinya ada banyak fasilitas yang bisa menemani dan membuat aktivitasmu tambah seru. Di Indonesia, ada banyak rekomendasi pulau yang bagus, seperti pulau Dutungan di Sulawesi, pulau Pahawang di Bandar Lampung, pulau Derawan di Kalimantan, dan masih banyak lagi.

 

7. Libur Lebaran dengan shopping

Kegiatan seru lainnya yakni shopping. Mungkin kamu belum sempat membeli baju-baju sebelum lebaran. Atau, mungkin kamu masih ingin membelanjakan sisa uang THRmu pasca lebaran. Shopping bisa menjadi alternatif pilihan.

 

Shopping bersama keluarga atau kerabat dekat tentunya menyenangkan. Selain shopping, kamu bisa sembari nonton dan mencicipi makanan di tempat kamu berbelanja. Yakin, deh. Pasti asyik! Tapi ingat, jangan sampai kamu boros dalam berbelanja ya. Kalau kamu butuh uang tambahan, ingat ada Tunaiku!

 

8. Libur lebaran kulineran

Kamu tipikal orang yang tidak terlalu suka jalan-jalan? Nah, mungkin kulineran bisa jadi pilihan bagus untuk mengisi libur lebaranmu.

 

Kamu bisa menikmati makan-makan setelah berpuasa selama 1 bulan penuh. Jajaki semua kuliner terenak yang ada di tempatmu. Rasakan kenikmatan lidah yang belum pernah kamu rasakan. Sesekali memanjakan lidah tidak masalah, yang penting tetap perhatikan keseimbangan gizinya, ya!

 

9. Mengunjungi tempat bersejarah

Rekomendasi kegiatan selanjutnya yang selain bikin seru juga menambah wawasan adalah mengunjungi tempat bersejarah. Ya, di setiap kota atau tempat pasti ada tempat-tempat bersejarahnya. Kamu bisa mengunjungi tempat tersebut sembari menambah wawasanmu tentang budaya Indonesia.

 

Percayalah, dengan mengunjungi tempat bersejarah, pandangan kamu tentang kekayaan Indonesia semakin bertambah. Dan, tentu saja rasa cinta tanah airmu bisa semakin bertumbuh. Sebab, Indonesia adalah tempat di mana banyak misteri yang tersembunyi, serta memiliki kekayaan budaya yang melimpah-ruah.

 

10. Spending time dengan keluarga di rumah

Kalau kamu orangnya mageran dan malas ke mana-mana. Mengisi libur lebaran dengan spending time dengan keluarga di rumah juga tak kalah serunya, loh! Apalagi, jika kamu tipikal pekerja rantau yang berkumpul dengan keluarga setahun sekali. Mungkin ini saatnya kamu bercerita intens dengan keluarga.

 

Kamu bisa bercerita tentang hidupmu, bertanya kabar rumah selama kamu merantau, dan obrolan lainnya yang bisa membuat keluarga makin harmonis.

 

Begitulah 10 kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi libur lebaran agar makin seru. Masih banyak aktivitas lainnya yang tak kalah menarik. JIka kamu ada rekomendasi tambahan, kamu bisa menulis selebihnya di Swara Kamu (Platform menulis swara tunaiku). Selamat mencoba!