Beranda > Gaya Hidup > Ini Gerakan Yoga yang Pas Untuk Kamu Lakukan, Sesuai Zodiak

Ini Gerakan Yoga yang Pas Untuk Kamu Lakukan, Sesuai Zodiak

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Ini Gerakan Yoga yang Pas Untuk Kamu Lakukan, Sesuai Zodiakwatermark

TUNAIKU.COM – Untuk mencari tahu gerakan yoga terbaik yang sesuai dengan kebutuhan diri adalah dengan melihat dari zodiak. Kini, sudah banyak kok gerakan yoga yang disesuaikan dengan zodiak masing-masing orang. Dengan begini, kamu bisa melakukan gerakan yoga yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, nggak ngasal ikutan yoga tanpa tahu manfaatnya untuk tubuhmu. Pasalnya, setiap orang pasti punya kebutuhan yang berbeda.

Kamu bisa melakukan beberapa gerakan pose yoga yang cocok dengan zodiakmu dikutip dari Elitedaily.com! Ikuti panduannya di bawah ini.

 

1. Aries: Virabhadrasana 1


View this post on Instagram

A post shared by fatos suda (@yoganada_) on

Gerakan Virabhadrasana 1 atau juga disebut Warrior 1 ini selintas mirip dengan pose akan bertarung, he-he. Ambil posisi tegak dengan kaki terpisah 3 kaki. Lalu, putar kaki kanan ke arah kanan 90 derajat dan kaki kiri 30 derajat.

Selanjutnya, lakukan gerakan memutar pada panggul ke arah depan matras. Saat posisi lutut menekuk di atas pergelangan kaki, angkat kedua tangan ke arah langit. Pertahankan posisi ini selama 60 detik dan lakukan secara bergantian.

 

2. Taurus: Bitilasana


View this post on Instagram

A post shared by Eli. C (@eli_lifestyle_) on

Alasan utama mengapa gerakan ini cocok untukmu adalah karena gerakan ini mengutamakan ritme yang stabil dan sedikit lambat. Caranya adalah posisikan tubuh seperti pose sapi dengan kepala menghadap ke lantai. Saat menarik napas, segera angkat dada ke arah langit diikuti oleh posisi kepala yang menengadah.

 

Artikel Terkait: Workout Baik untuk Kesehatan

  1. Pilih 9 Asupan Ini Ketika Alami Nyeri Otot setelah Workout
  2. 3 Full Body Workout yang Akan Membuat Perut Rata Dalam Waktu Singkat
  3. 5 Workout Ringan Rekomendasi Personal Trainer Buat Kamu yang Sibuk

 

Pastikan posisi punggung membentuk cekungan, ya. Sementara posisi kedua tangan dan kedua kaki tetap. Buang napas dan kembali ke posisi semula. Idealnya, kamu melakukan gerakan ini selama 12 kali.

 

3. Gemini: Bhujangasana


View this post on Instagram

A post shared by @geminy96 on

Nah, buat kamu yang suka mager di depan komputer, maka bisa melakukan gerakan yoga Bhujangasana ini, nih. Kamu bisa mengambil posisi tengkurap di atas matras, pastikan kaki dan bagian bawah tubuh menempel lantai. Lalu, posisikan kedua telapak tangan di samping dada dengan siku tetap menempel tubuh.

Ketika menarik napas, tekan kedua telapak tangan ke lantai dan tarik badan melengkung ke belakang. Posisi pundak jatuh ke belakang dan posisi kepala menengadah.  Tahan posisi selama 30 detik dan kembali ke posisi awal saat menghembuskan napas.

 

4. Cancer: Uttanasana


View this post on Instagram

A post shared by Martina Sergi | @yogawithmarti (@martina_sergi) on

Kalau ingin menjaga kesehatan organ pencernaan, kamu bisa rutin melakukan gerakan yoga Uttanasana. Caranya sangat gampang, lho. Kamu cukup berdiri tegak dengan kedua tangan di samping tubuh. Lalu, tekuk pinggul ke arah depan dan posisikan kedua jari meraih lantai atau ujung kaki. Jaga posisi lutut untuk terus lurus dan posisi kepala menunduk ke arah lutut selama 1 menit.

 

5. Leo: Marjaryasana


View this post on Instagram

A post shared by sonyoga (@zojaxyoga) on

Nggak ada singa, gerakan kucing pun jadi. Gerakan Marjaryasana ini terinspirasi dari pose kucing, lho. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengambil posisi tabletop. Posisikan kepala menghadap ke lantai dengan kondisi rileks.

Lalu, tarik punggung ke arah langit dan buang napas. Setelah posisi kepala menengadah, tarik kembali ke arah bawah dengan posisi merunduk ke dalam. Pastikan posisi dada dalam keadaan cekung ke dalam. Untuk mendapatkan manfaatnya, lakukan berulang selama 10 kali.

 

6. Virgo: Paschimottanasana


View this post on Instagram

A post shared by Studio MindBody (@studiomindbody) on

Keliatannya, sih, sederhana, tetapi gerakan ini cukup rumit untuk dilakukan, lho. Pertama, kamu mesti duduk di atas lantai dengan kaki lurus ke depan. Secara perlahan, membungkuk ke arah depan dan pastikan posisi mata melihat ujung jari kaki. Perpanjang posisi torso saat melakukan gerakan merunduk ini dan posisi tangan memegang telapak kaki selama satu atau dua menit.

CTABARU1

Mobile Site CTA

7. Libra: Navasana


View this post on Instagram

A post shared by voyager_yoga (@voyager_yoga) on

Kamu bisa melatih keseimbangan tubuh dengan melakukan gerakan yoga navasana atau disebut boat pose. Posisikan tubuh dalam posisi duduk, lalu tekuk kedua kaki. Pastikan kalau posisi kedua pundak ke arah belakang. Pegang kedua paha lalu angkat kaki ke atas secara perlahan hingga membentuk 90 derajat. Lepaskan kedua tangan dan luruskan ke arah kaki. Tahan posisi ini selama satu menit.

8. Scorpio : Malasana


View this post on Instagram

A post shared by Yogi Shauna (@mrsshaunawood) on

A gentle reminder, kalau gerakan yoga malasana ini memang cukup sulit dilakukan. Tetapi, cocok banget untuk melepaskan tensi pada tubuh. Ambil posisi jongkok dan tekan tubuh ke arah bawah hampir menyentuh lantai. Posisikan kedua tangan di bawah kaki ke arah belakang dengan posisi membuka ke atas. Kamu mesti mempertahankan posisi ini selama satu menit hingga tangan benar-benar ditarik keluar.

 

9. Sagittarius: Virabhadrasana 2


View this post on Instagram

A post shared by Erin Jorich (@erinjorich) on

Gerakan ini mirip dengan gerakan yoga virabhadrasana 1, lho. Kamu mesti berdiri tegak dengan posisi kaki mengangkang, beri jarak sekitar 4 kaki. Lalu putar kaki kanan ke arah kanan 90 derajat dan kaki kiri 30 derajat. 

Lalu, rentangkan kedua tangan dan pertahankan posisi. Secara bergantian, tekuk kaki kanan dan biarkan kaki kiri lurus dan condong ke arah kanan dan sebaliknya. Lakukan secara berulang-ulang untuk satu posisi selama 1 menit.

 

10. Capricorn: Tadasana


View this post on Instagram

A post shared by Alexandra Dean (@alexdeanyoga) on


Mungkin ini adalah gaya yoga yang terlihat benar-benar seperti yoga. Kamu perlu melakukan mountain pose untuk mengobati nyeri punggung. Pertama, ambil posisi berdiri dengan kaki sejajar. Lalu, tautkan kedua tangan lurus di depan tubuh beberapa saat dan tarik ke atas kepala.

 

Baru sesudahnya, tarik kedua tangan ke atas diikuti dengan kedua kaki berjinjit beberapa saat. Setelah itu, kembali tarik kedua tangan di atas kepala, lalu kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan ini selama 7 kali berturut-turut.

 

11. Aquarius: Adho Mukha Svanasana


View this post on Instagram

A post shared by ⒺⓈⓉⒺⓇ (@esteryoga) on

Jika ingin memiliki sirkulasi yang bagus pada bagian pergelangan kaki dan betis, bisa melakukan gerakan Adho Mukha Svanasana ini. Pertama-tama, kamu mesti mengambil posisi membungkuk di lantai dengan posisi kedua tangan dan kaki terlentang ke arah dalam. Posisikan lutut di bawah pinggul dan tangan di depan bahu.

 

Artikel Terkait: Workout Sederhana yang Bisa Ditiru

  1. Ini Dia Program Workout Buat Pemula
  2. 7 Stretching Ringan di Kasur yang Bikin Tidur Jadi Nyenyak
  3. Lakukan Workout Ini untuk Menunjang Rasa Percaya Dirimu

 

Pastikan juga kamu meregangkan jari-jari tangan dengan posisi jari tengah lurus ke depan. Baru deh kamu mengangkat pinggul ke atas, dengan posisi lutut dan kaki lurus dan begitu juga dengan kedua tangan. Lalu, tekuk lutut untuk kembali pada posisi awal. Konon, gerakan ini bisa membuatmu lebih cerdas dan bijak, lho.

 

12. Pisces: Balasana


View this post on Instagram

A post shared by Angela (@angela_yogaimpuls) on

Balasana adalah pose yoga yang selintas mirip seseorang yang sedang bersujud. Ambil posisi duduk seperti orang Jepang dengan badan tegak lurus. Lalu, tarik tubuh ke arah depan dengan kaki masih dalam posisi duduk. Sementara tangan lurus ke depan ya.

 

Setelah posisi table pose, tarik kembali tubuh ke belakang dengan posisi kepala merunduk ke lantai. Kedua tangan masih di depan kepala ya. Lalu, tarik kedua  tangan ke belakang untuk menyangga kepala. Tarik tangan lurus ke belakang dan kepala menempel ke lantai.

 

Ini dia beberapa gerakan yoga yang sesuai dengan zodiak. Dengan melakukan yoga, kamu akan memiliki tubuh dan jiwa yang sehat!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett