Beranda > Gaya Hidup > Ini Dia, 10 Gunung di Indonesia Cocok untuk Para Pendaki Pemula

Ini Dia, 10 Gunung di Indonesia Cocok untuk Para Pendaki Pemula

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Ini Dia, 10 Gunung di Indonesia Cocok untuk Para Pendaki Pemulawatermark

TUNAIKU.COM – Kalau lagi bosan sama pekerjaan, apa yang biasanya kamu lakukan? Mager di rumah melahap daftar film yang mengantre untuk ditonton? Sekadar tidur-tiduran saja? Atau kamu adalah sosok yang terbiasa hang out saat weekend? Jika ya, berarti kita sama!

 

Saat weekend datang, apa saja tempat yang biasanya kamu kunjungi? Kalau saya, suka hunting pemandangan di alam luar sana. Bisa ke tempat seperti hutan, danau, bahkan pegunungan.

 

Artikel Terkait: Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Weekend

  1. 5 Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan Untuk Habiskan Weekend Bersama Keluarga!
  2. 5 Kedai Kopi di Jakarta Selatan yang Cocok Kamu Kunjungi Untuk Habiskan Long Weekend
  3. Harus Dicoba, Tips Menikmati Weekend dengan Hal yang Positif dan Produktif!

 

Sebenarnya saya termasuk tipe orang yang suka naik gunung. Ya, meskipun saat ini frekuensi naik gunung sudah dibatasi. Namun, bercerita soal pegunungan memang nggak ada bosannya. Kalau kamu ingin mendaki gunung sedangkan masih pemula, saya bisa merekomendasikan 10 gunung ini!

 

1. Gunung Nglanggeran

Saya menemukan gunung ini dalam perjalanan menuju pantai di Gunung Kidul. Pegunungan ini bisa didaki kurang dari satu jam karena tingginya hanya 700 mdpl. Tertarik mencoba?

 

2. Gunung Ijen


View this post on Instagram

This is our last activity with my parents at the Ijen volcano, we started to climb around 3 am. We were super motivated and we reached the summit at 4.30 am. I think it’s my record time on the Ijen volcano climb! Unfortunately there is prohibited to go down since October 2018, because we wanted to see the blue flames closely. Then obviously we are waiting for the sunrise on the summit where there are some trees. The sunrise was coming, and I think it’s my best sunrise at Ijen Volcano (I came here for the fourth time), I’m grateful for this last beautiful moment with my family after making a long trip to Indonesia! We did Bali, Nusa Penida, Sumba, Kupang, Flores, Komodo Islands, and Java. ~~ It was a magical month with you with our laughs, our chatter, our confidants… Thank you for coming to Indonesia just for me, we had so much and great quality time. I hope you had a good month and experiences in Indonesia and you’re always welcome here. Love you Dad & Mum! ✨🤟🏽 • #indonesia #eastjava

A post shared by @ where.is.gio on

Kalau ke Banyuwangi, kamu nggak hanya bisa melihat objek wisata kawah saja. Kamu bisa sekalian berlatih untuk mendaki gunung. Cobalah mendaki sampai puncak Gunung Ijen. Dengan tinggi yang hanya 2.779 mdpl, kamu nggak membutuhkan waktu lebih dari 3 jam.

 

3. Gunung Besek

Gunung yang terletak di perbatasan antara Pacitan dan Wonogiri ini memang belum banyak diketahui orang. Tingginya hanya 850 mdpl. Gunung ini cocok untuk didaki terutama kamu yang masih pemula.

 

4. Puncak Gadjah

Kalau lagi di Purbalingga, cobalah untuk mendaki ke puncak Gajah. Puncak Gadjah ini merupakan rangkaian dari Gunung Pulosari. Mendaki sampai puncak nggak akan membuatmu rugi karena kamu akan disuguhkan oleh golden sunrise berlatar belakang Gunung Sindoro.

 

5. Gunung Papandayan

Gunung yang terletak di Garut ini sangat ramah buat pemula. Selain jalur pendakiannya yang landai, di puncak juga disediakan toilet dan warung. Adapun ketinggian gunung ini hanya sekitar 2.665 mdpl.

 

6. Gunung Batur


View this post on Instagram

🍂

A post shared by A.A Istri Wulan Ratih D (@gungwulanratih) on

Gunung keenam ini terletak di Bali. Ketinggiannya sekitar 1717 mdpl. Kamu nggak akan rugi mendaki gunung ini karena di atas sana kamu bisa melihat pemandangan Pulau Bali dari atas sana.

 

7. Gunung Penanggungan


View this post on Instagram

jangan menjadi yang terakhir untuk berawal:)

A post shared by All (@aldibagass) on

Gunung yang terletak di Mojokerto ini dikenal sebagai miniaturnya Gunung Semeru. Tingginya hanya sekitar 1.653 mdpl. Ada pun buat kamu yang ingin mendaki gunung ini, dianjurkan melalui jalur Tamiajeng di Trawas, Mojokerto.

 

8. Gunung Sibanyak


View this post on Instagram

Dan letihku tergantikan dengan pemandangan yang indah #gunungsibanyak

A post shared by Enjelita (@enjelita24) on

Gunung berapi nggak hanya terdapat di Pulau Jawa saja. Di Karo Sumatra Utara, terdapat Gunung Sibanyak yang cocok didaki untuk para pemula. Tingginya hanya sekitar 2.094 mdpl.

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Pulau Bali

  1. Yuk, Berkenalan dengan Budaya Unik di Pulau Dewata
  2. 6 Destinasi Wisata Terbaik di Bali Selain Pantai yang Miliki Daya Tarik
  3. 10 Tempat Menakjubkan di Bali yang Mungkin Belum Pernah Kamu Kunjungi

 

9. Gunung Andong

Gunung yang tingginya hanya 1.463 mdpl ini sebenarnya bisa didaki nggak sampai 2 jam. Namun, saat mendakinya dulu saya butuh lebih dari 2 jam karena kondisi pendakian yang sudah ramai oleh pendaki lain. Begitu sampai puncak, saya juga kesulitan mendapatkan tempat untuk membangun tenda. Namun, saya tetap merekomendasikan gunung ini terutama buat kamu yang sedang mulai mendaki. Oh ya, gunung ini terletak di Magelang, ya.

 

10. Gunung Kembang


View this post on Instagram

#Repost @lulusaniaa • • • • • • On this day, a queen was born 👹 #gunungkembang2340mdpl #mountain

A post shared by Gunung Kembang 2340 MDPL (@gunung.kembang) on

Belum lama ini saya mendaki Gunung Kembang yang terletak di Desa Blembem Wonosobo. Meskipun tingginya hanya 2.320 mdpl, saya nggak bisa mencapai puncak. Sebenarnya medannya sangat ramah untuk pendaki apalagi pemula. Hanya saja, saya kurang persiapan saat pendakian kemarin.

 

Well, dalam pendakian entah itu sudah berpengalaman maupun pemula, sama-sama butuh persiapan. Kesalahan saya waktu itu adalah satu minggu sebelumnya nggak olahraga. Persediaan logistik juga nggak mencukupi untuk tim sampai puncak. Jadi, buat kamu yang ingin mendaki, sempatkan olahraga, pastikan kondisi fisik fit, dan persiapan logistik mencukupi, ya.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

CTABARU1

Mobile Site CTA

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett