Beranda > Gaya Hidup > Ini 5 Hal yang Akan Terjadi Seandainya Internet Nggak Diluncurkan 25 Tahun Silam!

Ini 5 Hal yang Akan Terjadi Seandainya Internet Nggak Diluncurkan 25 Tahun Silam!

Ini 5 Hal yang Akan Terjadi Seandainya Internet Nggak Diluncurkan 25 Tahun Silam!watermark

TUNAIKU.COM – Kawan Tunaiku, tahukah kamu kalau situs internet pertama kali diluncurkan ke publik pada dua puluh lima tahun silam? Yup! Situs ini menjadi bagian dari proyek World Wide Web yang diprakarsai oleh Tim Berners-Lee, Pada 23 Agustus 1991, situs yang kemudian akrab disebut web ini dikunjungi secara perdana oleh para pengunjungnya. Sejak saat itu, situs mulai dipakai sebagai alat informasi yang digunakan banyak orang.

 

Nah, pernahkah terbayang di benakmu seandainya internet dan segala pelengkap yang menyertainya, nggak pernah ditemukan? Hm, kayanya hidupmu bakal makin ribet, deh. Berikut lima hal yang Tunaiku prediksi bakal kamu alami tanpa kemunculan internet. Iseng disimak, yuk!

 

1. Komunikasimu hanya sebatas telepon dan sms. Nggak bisa kirim chat via Whatsapp, Line, BBM, dan sebagainya. Boros di pulsa, deh!

 

Hayo ngaku, apakah kamu masih menggunakan sms sebagai cara utama berkirim pesan? Pasti kamu sudah beralih ke chat messenger alias pengirim pesan instan seperti Whatsapp, Line, BBM, dan sebagainya! Selain kamu bisa bebas berkiriman teks, suara, foto, hingga video dengan lebih dari satu orang di saat bersamaan, ongkosnya pun lebih murah.

Berbeda dengan tarif sms yang dibanderol Rp 100-Rp 300 untuk sekali kirim pesan. Itupun dibatasi hanya sampai 140 karakter. Jadi, terbayang ‘kan kalau internet urung diciptakan?Aktivitas berkomunikasi bakal nggak leluasa, uang pun cepet habis cuma buat pulsa.

 

2. Tanpa internet, kamu nggak bisa belanja online. Kamu harus mengerahkan tenaga untuk mendatangi lokasi penjualan.

Zaman sekarang, kamu bisa melihat berbagai barang dagangan yang dijajakan orang lain hanya dengan membuka media sosial maupun situs e-commerce. Mulai dari jualan pakaian, alat make up, alat pancing, hingga rumah kontrakan dapat kamu telusuri lewat internet. Nah, bayangkan kalau teknologi yang satu ini nggak pernah ada di muka bumi!

Kamu harus pergi ke pusat perbelanjaan untuk membeli barang-barang yang kamu inginkan. Nggak ada istilah ‘sista-sista ol shop’ yang akan melayani pesananmu dengan sabar. Kamu pun terpaksa mencermati satu per satu iklan baris di koran yang mewartakan info kontrakan, lalu mendatanginya langsung untuk sekadar melihat kondisi rumah. R-i-b-e-t!

 

3. Kamu pun nggak bisa memanfaatkan peluang usaha berjualan online. Mau nawarin baju daganganmu ke teman? Ya, kudu ngetok pintu rumahnya.

Dunia tanpa internet juga akan menutup peluangmu berjualan online. Padahal selama ini, internet udah ngasih kesempatan supaya barang daganganmu bisa dipasarkan ke sesama penghuni dunia maya secara cuma-cuma. Meski domisilimu di Yogyakarta, tapi sambal kemasan buatanmu bisa dibeli oleh orang di Samarinda.

Urung ditemukannya internet membuatmu harus memasarkan dagangan secara langsung. Entah buka warung, dititipkan ke toko orang lain, hingga berjualan ala sales door to door. Kurang efektif dan efisien, ‘kan?

 

4. Segala macam booking online pun nggak bisa kamu lakukan, mulai dari pesan ojek online, pesan tiket pesawat online, sampai pesan hotel lewat aplikasi.

Salah satu manfaat internet yang sangat berarti adalah memudahkan kita memesan jasa dalam keadaan mendesak atau justru dari jauh hari. Harus datang ke wawancara kerja tapi sopir angkot lagi mogok beroperasi? Biasanya sih abang ojek online bakal jadi superhero-mu, tapi karena di dunia lagi nggak ada internet, akhirnya kamu terpaksa merelakan kesempatanmu terlewati.

Nihilnya internet juga membuatmu nggak bisa pesan tiket pesawat promo buat liburan tahun baru. Pesan hotel pun harus datang langsung ke TKP pas hari H. Duh, nggak praktis!

 

5. Yang terakhir ini emang nggak berhubungan dengan keuangan atau cara hidupmu, sih. Tapi dunia tanpa internet bikin kamu nggak bisa kepoin mantan. Eaaa

Ini, nih dampak lain kalau internet nggak pernah tercipta di dunia. Kamu nggak akan ketemu jodoh lewat media sosial. Barangkali kamu akan ketemu calon pasanganmu saat bertabrakan secara nggak sengaja di lorong kampus atau berkat jasa perjodohan orang tua. Komunikasi saat pacaran pun hanya melalui telepon, sms, atau surat pos kalau mau lebih romantis. Nah, kamu pun nggak bisa stalking kehidupan mantan pacar seandainya hubunganmu kandas. Hm, kalau kaya gini termasuk dampak negatif atau positif ya?

 

Di era milenial ini, internet memang sudah melebur dengan segala aktivitas harian kita. Internet akan membawa banyak manfaat bagi kita, asal digunakan secara bijak. Pulsa providermu nggak akan cepat habis karena keseringan dipakai ber-sms-an ria. Penghasilan tambahan juga akan masuk ke kantongmu melalui jualan online. Jadi, jangan gunakan internet untuk hal-hal yang merugikan dirimu sendiri ya, Kawan Tunaiku. Jangan lupa untuk tetap waspada saat berselancar di dunia maya.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett