Beranda > Gaya Hidup > Ingin Open House Lebaran Haji? Yuk, Dekorasi Ulang Ruang Tamu!

Ingin Open House Lebaran Haji? Yuk, Dekorasi Ulang Ruang Tamu!

Artikel ini ditulis oleh:
Ingin Open House Lebaran Haji? Yuk, Dekorasi Ulang Ruang Tamu!watermark

TUNAIKU.COM – Saat Hari Raya Idul Fitri, biasanya rumah saya akan ramai. Banyak saudara berdatangan entah itu dari dalam kota maupun luar kota. Maka sudah kewajiban kami untuk menyambutnya dengan baik. Biasanya kami menyiapkan makanan dan nggak lupa merapikan rumah, terutama ruang tamu.

Lama-lama kebiasaan tersebut ingin saya terapkan juga di Lebaran Haji, biar rumah ramainya nggak cuma Lebaran Idul Fitri. Kebetulan, beberapa saudara juga datang ke rumah untuk menyantap daging kambing bersama. Jadi, nggak ada salahnya merapikan ruang tamu serta mendekornya agar lebih segar dipandang.

 

Artikel terkait: Kebiasaan Hari Raya

  1. 9 Inspirasi Makanan Unik Lebaran Ketika Pulang Kampung
  2. Ini 5 Kebiasaan Beracun yang Bikin THR Habis Begitu Saja
  3. Tenang, Ini Cara Bedakan Uang Asli dan Uang Palsu untuk THR

 

Saya pun mulai browsing terkait ide dekor ulang ruang tamu. Ternyata, perubahan kecil pun sudah bisa menunjukkan suasana baru. Bahkan, tanpa harus mengeluarkan biaya. Namun, kalau ingin hasil lebih, dalam artian mendapatkan tampilan yang lebih maksimal lagi, kamu memang harus mempersiapkan dana lebih. Nah, berikut informasi tentang ide mendekorasi ruang yang saya dapatkan setelah berselancar di dunia maya.

 

1. Mengubah tata letak perabotan

Pilihan pertama ini sangat cocok buat saya yang nggak ingin mengeluarkan biaya. Hal-hal sederhana, seperti mengganti letak sofa, meja, dan lemari hias–ternyata bisa bikin wajah baru untuk ruang tamu. Alhasil, pandangan pun jadi lebih segar.

Namun, harus diingat ya, perubahan tata letak ini, mesti memerhatikan luas ruangan.

 

2. Mengganti aksesori ruangan

Kamu mungkin nggak pengin mengeluarkan biaya, pun tenaga besar. Nah, tanpa mengubah tata letak–ruang tamu pun bisa tetap memiliki tampilan baru. Caranya, cukup mengganti sarung bantal, taplak meja, keset, dan tirai jendela.

Sekali lagi, karena nggak berniat mengeluarkan biaya, jadinya saya menggunakan koleksi sarung bantal di lemari. Nah, buat kamu yang bosan dengan koleksi di rumah, nggak ada salahnya membeli yang baru.

 

3. Menambah hiasan ruangan

Hiasan dalam ruang tamu bisa berbentuk guci, vas bunga, akuarium, dan lain sebagainya. Saya berencana memindahkan guci dan vas bunga di ruang keluarga ke ruang tamu. Sebenarnya,  bisa membelinya agar koleksi hiasan bertambah. Namun, karena lagi menekan bujet, lebih baik saya memanfaatkan apa yang sudah ada saja di rumah.

 

4. Bercerita dengan foto keluarga

Mimpi saya adalah memiliki ruang tamu yang bisa bercerita. Jadi ketika ada tamu datang, mereka bisa mengetahui hal-hal yang kami alami begitu memasuki rumah. Nah, caranya adalah dengan menambah deretan foto di ruang tamu untuk peristiwa mengesankan selama satu tahun ke belakang.

Misalkan, ada saudara menikah, orang tua umrah, liburan ke daerah yang belum pernah dikunjungi, wisuda saudara, dan masih banyak lagi. Dijamin, obrolan di ruang tamu pasti lebih seru, deh.

 

5. Cat ulang dinding ruang

Untuk dua poin terakhir, kamu memang harus mempersiapkan bujet lebih. Nah, bagi kamu yang sudah bosan dengan warna dinding yang itu-itu saja; atau barangkali catnya sudah luntur–inilah saatnya untuk mengganti warna tembok. Ide mengunakan minimal dua warna yang berbeda, juga boleh dicoba. Adapun untuk pengecetan ruang tamu (yang nggak begitu luas) cukup membutuhkan waktu satu hari saja.

Berikut adalah gambarannya:

  • Biaya 2 cat warna (@5kg tergantung merek): Rp200.000
  • Biaya 1 tukang (bukan borongan): Rp60.000
  • Biaya makan tukang: Rp40.000
  • Total: Rp300.000

*Biaya tukang dan makan untuk ukuran Yogyakarta.

 

Artikel terkait: Renovasi Rumah

  1. Ini Rincian Biaya Renovasi Kamar Tidur, Pinjaman Tanpa Agunan Bisa Bantu Wujudka…
  2. Pinjaman KTA Tunaiku Bantu Nasabah Wujudkan Mimpi Merenovasi Rumah
  3. Ini Rincian Biaya Renovasi Kamar Mandi Modern Minimalis dengan Bujet Maksimal Rp…

 

6. Memasang stiker dinding

Kalau mau lebih ramai lagi, dinding bisa ditempel stiker, lho. Kamu bisa memilih stiker sesuai selera, tapi juga cocok untuk dipasang di ruang tamu. Karena nggak mungkin kamu memasang stiker Doraemon di ruang tamu. Soal harga, terbilang variatif, kok. Kisarannya, dari Rp40 ribu hingga ratusan ribu. Semua tergantung luas dan jenis stiker.   

Setelah dihitung-hitung, ternyata cukup murah juga rencana mendekorasi ulang ruang tamu ini. Wah, jadi nggak sabar pengin menyajikan pemandangan baru, nih. Siapa tahu bikin saudara semakin betah main ke rumah.

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett