Beranda > Gaya Hidup > Ikuti 5 Tips ini Agar Irit Uang Bensin

Ikuti 5 Tips ini Agar Irit Uang Bensin

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Ikuti 5 Tips ini Agar Irit Uang Bensinwatermark

TUNAIKU.COM – Nggak bisa dimungkiri kalau transportasi menjadi biaya terbesar kedua setelah makan. Setiap hari kita bersinggungan dengan yang namanya transportasi. Dari mulai berangkat kerja hingga pulang kerja. Saat weekend ketika memutuskan hang out pun biaya transportasi menjadi prioritas utama.

 

Sebenarnya jika memilih menggunakan angkutan umum seperti MRT dan KRL jatuhnya akan lebih murah. Namun, tetap saja kendaraan pribadi menjadi pilihan yang paling digemari. Di situlah pengeluaran kita tetap besar untuk dialokasikan pada transportasi.

 

Artikel Terkait: Cara Mengatur Keuangan Biar Nggak Boros

  1. Bagaimana Cara Mengatur Keuangan untuk Makan Saat Traveling?
  2. Tips dan Trik Mengatur Keuangan Sesuai Zodiakmu
  3. Hai Moms, Bingung Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Suami Agar Kebutuhan Rumah Tangga Tercukupi? Ikuti Tips Ini!

 

Untuk menyiasatinya, kita harus merawat motor biar hemat bensin. Dengan bahan bakar yang hemat, pengeluaran untuk transportasi pun bisa ditekan. Ini dia tips agar biaya transportasimu jadi lebih irit.

 

1. Pilih BBM teknologi tinggi

Salah satu cara hemat BBM adalah memilih menggunakan BBM teknologi tinggi. BBM yang bisa dipilih adalah BBM Shell V-Power. Teknologi dalam DYNAFLEX dari Shell V-Power menjadikannya sebagai BBM yang punya 3 kali lebih banyak molekul. Dengan demikian, teknologi ini mampu membersihkan hingga 80% endapan dan mengurangi gesekan di dalam mesin. Kinerja pembakaran pun jadi lebih efisien dan komponen dalam mesin juga nggak cepat aus.

 

2. Rajin service

Ada banyak penyebab kenapa bensin itu boros. Beberapa di antaranya adalah adanya sumbatan pada lubang nozzle injector, timbulnya kerak di ruang bakar, ring piston filter udara kotor, dan piston yang mulai haus. Untuk itu, kamu perlu melakukan servis. Akan lebih baik lagi jika servis ini rutin dilakukan nggak usah menunggu ada keluhan terhadap mesin.

 

Artikel Terkait: Cara Merawat Motor dengan Baik

  1. 5 Cara Merawat Motor Matic yang Wajib Diketahui agar Tahan Lama
  2. Ini Tips Merawat Motor Sport Agar Tungganganmu Lebih Awet
  3. 5 Cara Tepat Merawat Rem Motor Agar Awet dan Bikin Aman Perjalanan

 

3. Jangan bawa beban terlalu berat

Tahukah kamu kalau masa beban yang kamu bawa itu juga memengaruhi terhadap boros nggaknya BBM? Semakin berat beban yang dibawa, bensin akan semakin boros. Jadi jika ingin lebih hemat, keluarkan barang-barang nggak penting di dalam mobil dan bawa seperlunya saja.

 

4. Jangan ngebut di jalanan

Selain beban, hal yang memengaruhi borosnya BBM adalah cara berkendaraanmu. Jika kamu suka ugal-ugalan di jalan sudah pasti BBM akan boros. Hal ini karena semakin besar bukaan gas akan berakibat pada semakin banyaknya BBM yang masuk ke ruang pembakaran.

 

5. Rajin cek tekanan udara pada ban

Kondisi ban juga memengaruhi terhadap boros nggaknya BBM. Kalau tekanan udara banmu dalam kondisi rendah, otomatis kendaraan akan semakin berat. Kamu pun semakin besar dalam tancap gas dan akhirnya ngebut lagi, deh. Ya, otomatis boros BBM-mu.

 

Itu dia tips agar BBM-mu nggak boros. Dengan BBM yang nggak boros, pengeluaran untuk transportasi pun bisa ditekan sehingga hidup bisa lebih hemat.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

CTABARU3

Mobile Site CTA

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett