SWARA – Punya pasangan egois memang jadi tantangan tersendiri. Kamu nggak pengin kan berantem setiap hari? Untuk itu, kamu butuh tips jitu untuk menghadapinya.

Well, sebenarnya sebelum men-judge dia egois ada baiknya kamu melakukan koreksi terlebih dahulu. Apakah kamu juga egois terhadapnya selama ini? Karena, biar bagaimanapun juga, sikapnya yang egois juga bukan tanpa alasan. Dan itu juga jadi kewajibanmu untuk mencari tahu.

 

Punya pasangan egois bukan berarti kamu nggak bisa bahagia. Semua tergantung bagaimana kamu menghadapinya. Berikut tips jitu menghadapi pasangan yang egois:

 

1. Cari tahu penyebab

Saya jadi ingat lirik lagunya Sherina saat masih jadi penyanyi cilik dulu. “Lihat segalanya lebih dekat, dan kau akan mengerti,” Sifat seseorang yang menurut kita annoying seperti halnya egois itu pasti punya sebab. Kamu perlu menggali masa lalunya, cerita pahit manis apa saja yang sudah dia lewati. Dari sana kamu jadi tahu, apa yang menyebabkan pasanganmu memiliki tabiat demikian. 

 

Artikel terkait: Suka dengerin lagu? Berikut beberapa rekomendasi buat kamu

  1. Legend, Ini 5 Lagu Banda Neira yang Jadi Favorit dan Terus Dikenang
  2. 6 Lagu Anak-anak yang Jadi Ajang Nostalgia Millennial
  3. Lagu Teromantis Sepanjang Masa Penambah Nuansa Manis di Pernikahan

 

2. Beri batas toleransi

Sabar memang sifat yang baik, apalagi jika digunakan untuk menghadapi pasangan yang egois. Namun, sabar juga ada batasnya. Setelah mengetahui penyebab yang melatarbelakangi sifat egoisnya, kamu boleh memberikan batas toleransi terhadap sikap pasanganmu. Ada baiknya juga kamu mendiskusikan untuk menetapkan batas ini bersama pasangan.

3. Jangan selalu mengalah

Dalam suatu hubungan, jangan hanya satu pihak yang berjuang. Jadi, janganlah jadi sosok yang selalu mengalah. Itu artinya kamu berjuang sendirian. Hanya kamu yang bertekad untuk mempertahankan hubungan atau tidak. Apakah dia juga melakukan hal yang sama terhadapmu? Jadi, apakah dia benar-benar sayang?

 

4. Puji saat dia baik

Saya akui memang nggak ada manusia yang sempurna. Nggak ada manusia jahat yang benar-benar jahat pula. Setiap orang punya sisi jahat dan baik sendiri-sendiri. Mungkin sifat egoisnya adalah salah satu dari kekurangannya. Namun, pasti dia juga memiliki kelebihan dari sifat baik. Nah, jangan lupa untuk memuji saat dia berperilaku baik. Niscaya dia akan jadi lebih termotivasi untuk mengulanginya lagi dan lagi.

 

Artikel terkait: Tips langgeng dengan pasangan

  1. 5 Tips Cepat Redakan Emosi saat Marahan dengan Pasangan
  2. 5 Kiat Kembali Menangkan Hati Pasangan Setelah Bertengkar
  3. Agar Usia Pernikahan Langgeng, Ini Umur yang Tepat untuk Menikah Menurut Penelitian!

 

5. Menghilang sejenak

Segala upaya telah dicoba tapi dia masih sama saja? Ada baiknya kamu istirahat dari hubungan yang bisa dibilang toxic ini. Cobalah untuk menjauh bahkan menghilang dua tiga hari. Waktu ini akan digunakannya untuk mengoreksi diri. Dan lihatlah, apakah dia mencarimu saat kamu menghindar?

 

Itu dia tips jitu buat menghadapi pasangan yang egois. Pada hakikatnya, kamu harus bisa menerima kelebihan dan kekurangannya. Namun, nggak hanya kamu yang melakukannya, tapi juga dia. Kalian berdua harus saling pengertian dan berjuang bersama.