SWARA – Memiliki rasa cinta yang besar pada pasangan itu, tentu saja hal yang baik. Tapi, jangan sampai rasa cinta yang besar ini mengarah ke rasa insecure. Saking cintanya, sampai-sampai ingin membatas kegiatan pasanganmu, bahkan di media sosial. Asal kamu tahu, yang namanya insecure biasanya sih bukan gara-gara pasangan, tapi karena kamu enggak PD aja dengan dirimu.

Nah, insecure itu tentunya bisa berakibat buruk untuk hubunganmu. Kalian bisa kehilangan rasa percaya satu sama lain, sering berantem gara-gara hal sepele, dan hubungan jadi hambar dan merenggang. Makanya, daripada ngatur-ngaturin pacar di media sosialnya, mending ngebahas hal-hal penting, misalnya mengenai keuangan untuk masa depan kalian.

Ngomong-ngomong tentang mengatur finansial, untuk pribadi saja udah bikin pusing ya? Apalagi saat harus mengatur keuangan dengan pasangan. Butuh proses lebih lama dan harus lebih sabar. Dengan kata lain, enggak apa-apa kok kalau enggak langsung hebat.

 

Untuk itu, mari ikuti 7 langkah keuangan untuk  pasangan berikut, yuk.

1. Diskusi mengenai finansial masing-masing

Sebaiknya sih, obrolan mengenai finansial dimulai sebelum menikah. Semakin cepat, semakin baik karena kalian butuh waktu untuk saling membiasakan diri. Mulailah dengan membahas hutang, simpanan, dan prinsip dasar mengatur pemasukan dan pengeluaran. Misalnya, wajib memberitahu jika akan membeli barang-barang seharga di atas Rp 1 juta.

 

2. Menentukan financial goal bersama pasangan

Setelah menentukan status finansial dan dasar-dasarnya, saatnya membahas tujuan finansial jangka panjang. Umur berapa ingin mencoba hamil? Umur berapa kalian ingin pensiun?  Atau mungkin, kalian ingin membuka usaha pribadi dan berhenti bekerja pada usia tertentu? Jika sudah menentukan tujuan, akan lebih mudah bagi kalian untuk merancang rencana meraihnya.  

 

3. Mengeset dana darurat keluarga

Setelah memahami dua poin di atas, sekarang siapkan dana darurat. Karena dana darurat sudah seharusnya menjadi salah satu prioritas top. Dana darurat adalah uang yang kalian sisihkan untuk hal-hal yang tak  direncanakan. Misalnya, saat mendadak terkena PHK, kecelakaan, atau bencana. Targetkan untuk memiliki setidaknya dana darurat sebesar 6x gaji di rekeningmu.  

 

Artikel terkait: Resep hubungan yang sehat

  1. 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Traveling Bareng Pasangan Sebelum Meneruskan ke Jenjang Pernikahan
  2. 4 Ciri Pasangan yang Bisa Bikin Kamu Semakin Sukses
  3. 5 Alasan Kenapa Cowok Tidak Harus Traktir Melulu Saat Kencan

 

4. Kenali pola pengeluaran dan merancang budget bulanan

Besaran budget saat masih single dan saat sudah berkeluarga tentu akan berbeda. Mulailah dengan meninjau pengeluaran bersama selama beberapa bulan terakhir untuk melihat seberapa banyak yang kalian habiskan. Kemudian, buat penyesuaian dengan misalkan, mengurangi budget untuk makan di restoran, menambah budget tabungan liburan, dan sebagainya. Tidak hanya dirancang, kalian pun harus cermat meninjau kembali ketercapainnya setiap bulan.  

 

5. ’Meeting’ keuangan setiap minggu

Jangan tunda-tunda membahas situasi keuangan kalian. Setiap minggunya, duduk berdua dan bahas mengenai budget dan pengeluaran apa saja untuk minggu selanjutnya. Diskusikan apa saja yang harus diantisipasi atau berapa banyak yang bisa ditabung. Mengobrol seperti ini nggak hanya agar kalian mengetahui status finansial, tapi juga bisa memperkuat hubunganmu sebagai suami istri.

 

6. Menyelesaikan utang-utang

Utang masih menghantui status finansial? Segera selesaikan, yuk. Buat daftar utang yang sedang ada, dan bicarakan dengan pasanganmu mengenai pembayarannya. Setelah itu, usahakan juga untuk menghindari utang jika memang enggak diperlukan.

 

7. Mulai rancang rencana pensiun

Poin satu ini penting untukmu, baik saat masih single ataupun sudah berkeluarga. Apalagi jika saat ini kamu masih berumur 20-an. Mulai dengan tentukan pada umur berapa kalian berencana untuk pensiun. Kemudian, tentukan jumlah dana yang diinginkan. Dan mulai pilih cara mengumpulkan uang untuk pensiun. Bisa melalui tabungan biasa, atau, pilih instrumen investasi yang tepat.

 

Artikel terkait: Single tapi mapan

  1. 5 Alasan Ini Buktikan Kamu Memang Fokus Menata Masa Depan Meski Belum Dipinang
  2. Masih Lajang di Usia 30-an? Bisa Juga Kok Membuka Pintu Rezeki
  3. 5 Kiat Jitu Move On dari Mantan sekaligus Mengejar Kesuksesan

 

Hmm, gimana menurutmu? Jauh lebih bermanfaat, kan, Kawan Tunaiku?

Yuk, nanti malam mulai obrolin ini bersama pasanganmu. Jangan khawatir, kalau dibicarakan bareng-bareng pasti bisa, kok. Kalau kamu masih single, yah anggap aja ini semacam latihan atau pemanasan kalau nanti sudah punya gandengan. Hehe. Selamat mencoba ya!

 

Selagi kamu di sini…

Kami punya informasi singkat yang sayang sekali dilewatkan. Sudahkah kamu tahu tentang Tunaiku? Tunaiku merupakan pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Tunaiku bisa menjadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Kebutuhan dadakan? Atau, butuh tambahan dana untuk kebutuhan tertentu? Kamu bisa ajukan Tunaiku yang prosesnya serba digital.

Yuk, langsung ajukan dan isi formulir di sini: Tunaiku.