SWARA – Sampai sekarang, saya masih ingin membeli tiket konser John Mayer. Memang sih, tiket konsernya sudah terjual. Tapi masih banyak sekali tiket konser John Mayer yang dijual oleh penonton yang berhalangan menonton pada hari konser sehingga saya masih ingin membeli tiket dan merasakan kebahagiaan menonton idola saya sejak SD. Sayangnya, saldo tabungan saya berkata lain. Saya menyesal tidak menabung dari dulu.

 

Banyak orang yang berkata bahwa menabung adalah cara melatih pengendalian diri. Lebih dari itu kamu juga bisa membeli barang yang kamu idam-idamkan.

 

Tidak perlu menabung dengan nominal yang besar, kamu bisa mulai dengan menabung uang receh. Kumpulkan uang kembalian yang biasa kamu dapatkan saat berbelanja ke minimarket, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Siapa tahu setelah bertahun-tahun bisa terkumpul hingga jutaan.

 

Agar rencana menabungmu berjalan lancar, simak cara-cara berikut ini!

 

1. Miliki tujuan menabung

 

Image result for turki

 

 

Salah satu kunci keberhasilan menabung adalah konsistensi. Banyak sekali orang yang memilih berhenti menabung karena tidak memiliki tujuan yang jelas. Hal ini menyebabkan mereka tidak semangat dalam menyisihkan uang.

 

Oleh karena itu, penting banget untuk kalian memiliki tujuan menabung. Misalnya liburan ke Turki atau ganti gadget. Jangan lupa, tempelkan tujuan menabungmu di wadah uang yang kamu gunakan.

 

Dengan cara ini kamu akan termotivasi dalam mengumpulkan uang. Tujuanmu juga akan segera tercapai.

 

 

Artikel terkait:

5 Tips Jitu Menabung Selama 12 Bulan untuk DP Rumah

Langkah Tepat Menabung dan Investasi bagi yang Bergaji UMR

Cara Mudah Menabung Metode Tanggalan yang Menghasilkan

 

 

2. Memilih tempat penyimpanan uang

 

 

Image result for celengan

 

 

Pilihlah tempat penyimpanan uang yang menarik untuk uang-uang recehmu. Misalnya, kamu bisa menggunakan celengan berbentuk hewan kesukaanmu, ataupun penyimpanan hemat dengan memakai botol air mineral.

 

Ini akan memunculkan kepuasan tersendiri untukmu ketika melihat botol sedikit demi sedikit terisi. Kamu juga bisa memakai tempat penyimpanan yang besarnya menyesuaikan dengan nominal yang kamu tabung. Misalnya pisahkan nominal uang di wadah tertentu. Semakin besar nominalnya, semakin besar wadahnya. Menarik kan?

 

Ketika tabunganmu sudah penuh, setorkan ke bank. Sebaiknya kamu pilih jenis tabungan yang memang dikhususkan untuk menabung karena tidak ada biaya administrasi.

 

3. Menentukan pecahan nominal

 

 

Image result for celengan

 

 

Ada beberapa recejh yang beredar di Indonesia saat ini, mulai dari Rp 100 hingga Rp 1.000. Sedangkan uang receh dalam bentuk kertas, ada nominal Rp 2.000.

 

Sebelum kamu menabung, kamu bisa menetapkan nominal yang ingin kamu tabung. Tujuannya agar dapat memudahkan penghitunganmu setelah tabunganmu penuh.

 

Atau kamu bisa mengelompokkan beberapa pecahan uang receh agar kamu memiliki berbagai nominal uang.

 

 

4. Memisahkan nominal pecahan

 

 

Image result for celengan

 

 

Jangan mencampur nominal dalam wadah yang sama. Selain mempersulitmu dalam menghitung jumlah uang yang sudah kamu tabung, kamu juga tidak akan mengetahui secara pasti jumlah uang pecahan yang kamu tabung. Hal ini juga membuatmu secara tidak langsung termotivasi mengumpulkan uang receh lebih banyak lagi. Benar kan?

 

5. Uang receh itu berguna banget

 

 

Image result for celengan

 

 

Hayo, siapa yang sering membuang-buang uang receh dengan meletakkannya sembarangan? Mulai sekarang, simpanlah uang yang kamu miliki, sekecil apapun nilainya. Dengan begitu, kamu akan menghargai uang dan menyimpan sekecil apapun nominal yang ada. Kamu juga  bisa membeli barang-barang mewah dengan uang receh yang kamu kumpulkan,

 

Inilah lima tips menabung yang paling sederhana. Daripada kamu membuang-buah uang receh, mending disimpan dan dijadikan modal keliling Eropa. Tapi sebelumnya, kamu sudah menentukan belum mau menabung dalam bentuk tabungan seperti apa? Mau tabungan regular, tabungan berjangka, atau deposito? 

 

Nah, supaya nggak bingung mau mulai nabung dengan tipe tabungan yang seperti apa, boleh juga nih, kamu mulai cek situs nabungyuk.com. Apa itu nabungyuk.com? Jadi, Amar Bank punya platform baru yang akan memudahkan kamu dalam menabung. Di situs NabungYuk, kamu dapat memilih 3 produk unggulan: Tabungan Aster, TAMARA, dan Deposito, yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

 

Klik salah satu jenis tabungan, pilih jumlah uang yang akan kamu simpan, dapatkan estimasi total tabunganmu nantinya. Lalu daftarkan dirimu dengan mengisi formulir singkat. Tim kami akan segera menghubungi kamu. Selamat mencoba!

 


Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas