SWARA – Sebagai karyawan yang juga manusia biasa, pernahkah kamu mlipir di jam makan siang untuk tidur? Jujur saja saya pernah. Saya yakin kamu pun pernah. Saya dan kamu, semua karyawan sejatinya pernah mlipir di jam makan siang untuk tidur sejenak.

 

Apakah mlipiri tidur siang ini suatu tindakan yang dianggap negatif? Saya rasa nggak, ya. Pasalnya tidur siang itu memberikan banyak manfaat. Nggak hanya untuk tubuh, tapi juga mendukung performa kantor. Jadi, sekarang kalau tidur siang nggak perlu sembunyi-sembunyi, ya. Jangan ada anggapan kalau tidur siang itu negatif karena mlipir.

 

Lalu apa saja sih manfaat dari tidur siang? Ini dia beberapa ulasannya!

 

1. Meningkatkan mood

Tiba-tba bad mood di tengah pekerjaan? Pikiran jadi kacau dan susah konsentrasi? Ada baiknya kamu mengambil waktu istirahat sebentar untuk pergi tidur siang. Ketika bangun, dijamin mood kamu akan lebih baik lagi. Asal tidurnya jangan terlalu lama, ya!

 

Artikel Terkait: Hal-hal Ini Bisa Meningkatkan Mood Kamu

  1. Hal – hal Kecil Berikut Tanpa Kamu Sadari Bisa Bikin Moodmu Jadi Bahagia Sepanjang Hari
  2. Warna Kuteks Ini Bisa Meningkatkan Mood, Cocok Dipakai Saat Meeting atau Presentasi!
  3. 10 Hal Ini Tanpa Disadari Bisa Bangkitkan Mood Kerjamu di Tengah Minggu

 

2. Meningkatkan daya kosentrasi

Saat bangun dari tidur siang biasanya otak dan pikiran jadi lebih fresh. Kamu pun jadi bisa berpikir lebih jernih. Kamu jadi lebih siap untuk melanjutkan meeting atau memecahkan case-case yang ada di kantor. Yap, tidur siang bisa meningkatkan daya kosentrasi.

 

3. Mengembalikan energi dan antusias

Tidur siang itu merupakan sarana untuk mengistirahatkan badan yang sudah kelelahan. Jika sudah bangun, badanmu pun sudah nggak letih lagi. Energimu kembali dan kamu pun lebih antusias untuk melanjutkan pekerjaan.

 

4. Meningkatkan produktivitas

Hal-hal di atas akhirnya membuat badanmu lebih bugar. Dengan badan yang lebih bugar, kamu pun punya tenaga dan kemampuan untuk melanjutkan pekerjaan. Dengan badan dan pikiran yang sehat, kamu pun bisa lebih produktif dalam bekerja.

 

5. Meningkatkan daya ingat

Apakah kamu termasuk karyawan yang suka lupa jadwal meeting dan di mana meletakkan pulpen? Jika ya, ada baiknya kamu rutin tidur siang selama 45 menit saat waktu istirahat tiba. Paslanya sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur siang selama 45 menit mampu meningkatkan daya ingat.

 

6. Menstabilkan emosi

Orang yang kelelahan itu biasanya lebih berpotensi untuk emosi. Untuk mencegahnya, kamu perlu istirahat. Karena tidur siang merupakan sarana istirahat yang tepat, kamu bisa menjadikannya alternatif. Begitu bangun emosimu pun akan lebih terkontrol.

 

7. Menurunkan stres

Ternyata tidur siang bisa menurunkan tingkat stres. Sebuah penelitian telah dilakukan dan mendapatkan hasil bahwa hormon stres bisa menurun drastis setelah tidur siang.

 

Artikel Terkait: Usir Stres dengan Ini

  1. Selain Dapat Menghilangkan Stres, Berikut 10 Manfaat dari Hobi Traveling!
  2. 5 Cara Ampuh Menghilangkan Stres Saat Membuat Skripsi
  3. Kata Zodiak, Begini Cara Mengatur Pekerjaan yang Pas Agar Tidak Stres

 

8. Menyehatkan jantung

Kamu sudah tahu kalau tidur siang bisa menghilangkan stres. Efek jangka panjangnya, jantungmu pun akan sehat. Nggak hanya jantung, anggota tubuh lainnya pun sehat dengan menurunnya tingkat stres.

 

Ternyata banyak ya manfaat dari tidur siang. Jadi, sekarang kamu nggak perlu mlipir untuk tidur siang lagi. Toh, ini juga demi meningkatkan kinerjamu di kantor.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

TRI PUSPITASARI    TRI PUSPITASARI

 

 

 

 

 

Tunaiku