SWARA – Sebelum melanjutkan membaca tulisan ini, pastikan kamu memiliki hobi dan ketertarikan di dunia baca-tulis. Jika ya, bisa jadi tulisan ini akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan hobimu.

 

Saat ini kamu lagi senang-senangnya menulis? Selamat! Gairah menulismu muncul di waktu yang tepat! Zaman saya dulu, untuk membuat tulisan bisa dibaca oleh banyak orang sangatlah susah.

 

Jika ingin dibaca dan mendapatkan fee, tulisan harus dimuat di majalah. Biasanya majalah terbit mingguan bahkan bulanan. Tentu hal ini jadi hal yang suah untuk penulis pemula seperti saya waktu itu.

 

Beda cerita dengan zaman yang teknologinya sudah canggih ini. Ketika peradaban buku beralih ke ebook, nggak lantas mematikan penulis. Justru, penulis bisa semakin berjaya. Saat ini mulai banyak ada User Generated Content (UGC) di media-media yang jadi wadah buat penyaluran hobi menulis. Lalu, media apa sajakah itu? Berikut beberapa media yang bisa kamu akses:

 

1. Swara.tunaiku.com

Swara.tunaiku.com

Nah, yang pertama mau saya kasih tahu ya di sini nih, Tunaiku. Sudah tahu dong ya tentang Tunaiku. Nah, sebagai perbankan yang dijalankan dengan prinsip semi start up, Tunaiku memiliki web edukatif seputar finansial, lifestyle dan travelling.

 

Segmen pembacanya juga luas. Mulai dari mahasiswa, pekerja, sampai ibu rumah tangga. Kalau kamu termasuk salah satunya dan kamu punya tips finansial yang harus dibagi, bisa menyalurkannya di sini.

 

Kamu tinggal menulis artikelmu, lalu dikirim ke swara@tunaiku.com. Selanjutnya, tulisan kamu akan melalui kurasi editor dan setelah selesai akan di-publish di swara.tuniaku.com.

 

Pastikan tulisanmu orisinal, belum pernah dipublikasikan, dan nggak mengandung SARA, ya! Karena tulisan itulah yang jadi kriteria pokok Tunaiku. Alangkah lebih baik juga jika tulisan tersebut merupakan pengalamna pribadi.

 

Dengan mengirimkan tulisan di Tunaiku kamu memang nggak mendapatkan fee. Tapi, Tunaiku akan dengan senang hati mempublikasikan profilmu yang artinya, kamu akan dikenal oleh lebih banyak pembaca.

 

Ya, siapa tahu kan salah satu pembaca Tunaiku adalah dosen ekonomi dan setelah membaca artikelmu di Tunaiku, kamu mendapat tawaran jadi asisten, hehe.

 

Artikel terkait: Mengambil peruntungan lewat media sosial

  1. Ayo, Menulis dan Posting Tulisanmu di SWARA KAMU Sekarang!
  2. Untuk Personal atau Brand, Ini 10 Strategi Marketing di Instagram yang Sering Di…
  3. Hati-hati Update Status di Medsos Kalau Mau Karirmu Aman

  

2. Careernews.id

Career news Be our contributor

Kalau kamu punya wawasan seputar dunia kerja atau pengembangan diri, Careernews adalah wadah untuk tulisanmu. Kamu pernah dengar layanan karier bernama ECC UGM?

 

Nah, Careenews inilah portal edukasinya. Dulu zaman saya masih kuliah, sekitar tahun 2013 sempat menjadi reporter freelance selama satu tahun di sini. Setelah mengobrol dengan teman yang bekerja di sana, ternyata sekarang Careernews juga sudah membuka kesempatan untuk penulis luar, lho.

 

Sejauh ini pembaca Careernews merupakan mahasiswa dan jobseeker. Namun, ke depan Careernews ingin memperluas jangkauan hingga perusahaan dan praktisi. Dengan jangkauan pembaca yang lebih luas, Carerenews juga terus berbenah untuk meyajikan artikel berbasis data-data.

 

Ada tips nih, buat kamu yang mau mengirimkan tulisan ke Careernews. Coba tuliskan temuan baru di dunia kerja atau isu yang masih hangat. Misalnya, lagi hangat-hngatnya isu keselamatan kerja dan kebetulan kamu bekerja dan paham dalam bidang tersebut.

 

Kamu bisa menuliskan gagasanmu dengan bahasa serius tapi santai. Atau jika di daerahmu terdapat komunitas pengembangan untuk pemuda, Careernews akan senang hati menerimanya.

 

Bahkan kalau kamu ingin menulis profil bosmu, teman kantor, atau siapa saja yang menurutmu cukup inspiratif, juga bisa. Nantinya, rekomendasimu akan dimuat untuk mengisi rubrik My Job. Tulis dan kirim ke redaksi@careernews.id .

 

Untuk tulisan yang dimuat di Careernews.id, kamu berhak mendapatkan bayaran. Besaran bermacam-macam, sekitar Rp45-100 ribu tergantung bobot tulisannya dan seberapa banyak data yang diambil. Kalau datanya riset sendiri, tentu bayarannya lebih banyak. Sedangkan kalau yang menulis praktisi, bisa mencapai Rp500 ribu – Rp1 juta.  
 

3. Hipwee

Menulis di Hipwee

Saya yakin, kamu sudah nggak asing lagi dengan Hipwee. Ya, sejak pertama kehadirannya, tulisan Hipwee langsung diterima di tengah masyarakat dengan hangat. Saya sendiri jadi salah stau penikmatnya. Mulai dari tips sehari-hari, berita dari daerah yang menarik-menarik, sampai curhatan penulis, bisa dinikmati pembaca usia 18-34 tahun.

 

Tentu kamu nggak hanya ingin salamanya jadi penikmat, bukan? Sudah saatnya kamu bergabung dengan penulis Hipwee agar tulisanmu bisa dinikmati oleh orang lain. Caranya, kamu bisa langsung menulis di platform Hipwee yang tentu saja akan domoderasi oleh moderator agar nggak berbau SARA.

 

Buat kamu yang tinggal di Jogja, kebetulan Hipwee sering mengadakan beberapa kegiatan. Saya sendiri pernah bergabung dalam satu acara yang cukup seru untuk anak muda yang melek akan dunia digital. Kalau kamu jadi penulis Hipwee, kesampatan untuk diundang dalam acara lebih terbuka lagi, lho. Tentu melalui itu, kamu bisa mengembangkan diri.

 

 

4. Cewekbanget.id

Menulis di cewekbanget.id

UGC di Cewekbanget.id disebut Creator’s Room. Sesuai namanya, cewek banget, target pembaca juga adalah remaja cewek dari segi umur 13–20 tahun, atau SMP hingga kuliah awal.

 

Meski pembaca utama adalah cewek, kontributornya bisa dari siapa saja. Asalkan tulisan mengenai isu menarik di kalangan remaja yang bisa ditarik ke dalam hiburan, seperti fashion, beauty, love, life, friendship, DIY, dan family, sex education.

 

Tentu saja tulisan yang nggak mengandung unsur SARA dan bersifat merendahkan cewek atau seksis ya. Pokoknya sesuai dengan misi yang diusung Cewekbanget.id, yaitu empowering young girl.

 

Nah, kalau kamu merasa punya ide tentang isu tersebut, langsung saja kirimkan naskah dengan sign up menggunakan email, facebook, twitter atau Google+. Nanti akan ada email konfirmasi. Langkah selanjutnya melengkapi biodata lalu untuk upload tulisan tinggal klik tombol ‘Tulis Artikel’. Selesai! Tulisan akan muncul di kanal Creator’s Room.

 

Buat para kontributor akan masuk dalam Cewekbanget Creator Community yang merupakan wadah semua kreators. Keuntungannya adalah bisa gathering dengan anggota dan redaksi Cewekbanget.id yang tentu bisa belajar menulis bersama.

 

Selain itu, setiap kreator punya kesempatan lebih besar untuk diundang ke acara yang diadakan oleh Cewekbanget.id, baik acara mandiri ataupun hasil kerjasama Cewekbanget.id dengan pihak lain.

5. Teen.co.id

Menulis di Teen.co.id

Kamu masih muda dan punya banyak ide yang siap dituangkan dalam tulisan? Saatnya kamu bergabung di Teen! Lalu, apa aja yang biasa dicari Teen?

 

Pada dasarnya kamu bisa menulis apapun, baik tentang idola, inspirasi, lifestyle, hiburan, travel, relationship, hobi, ekskul dan lain-lain. Asal nggak mengandung promosional, komersil, dan provokatif. Bahkan, kamu juga bisa re-post dari blog pribadi, lho! Nah, kalau sebelumnya pengunjung blog sepi, siapa tahu setelah gabung di Teen jadi ramai. Hehe.

 

Untuk bergabung, daftarkan diri kamu terlebih dahulu. Kemudian klik  “Mulai Menulis”, isi data pribadi, lalu kamu pun bisa mulai menulis deh! Untuk panjang tulisan 750-1500 kata ya!

 

Sama dengan GCU lainnya, tulisan akan menalami kurasi oleh moderator terlebih dahulu sebelum ditampilkan di Teen.co.id. Nanti kalau lolos kamu akan dapat notifikasi melalui email. Sedangkan untuk tulisan yang belum lolos, pihak Teen akan meberikan notifikais melalui halaman list artikel.

 

6. Kumparan.com

Menulis di Kumparan.com

Kalau kamu ingin berinteraksi dengan Kumparan, ada berbagai cara yang bisa kamu coba. Kamu bisa menulis komentar atau juga membuat story yang memungkinkan hobi menulismu tersalurkan.

 

Kumparan sendiri ingin mendengarkan cerita kamu atau informasi apapun yang berkaitan dengan minatmu. Kamu juga bisa menambahkan dengan foto, video, audio, GIF dan tautan yang nantinya akan dimuat di Kumparan.com.

 

Untuk mulai bergabung dengan komunitas di kumparan, kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Sama seperti dengan media lainnya, dengan mengirimkan konten ke kumparan akan mengalami kurasi dari moderator. Kurasi pada story meliputi perbaikan ejaan dan visual story, juga bisa menambah ilustrasi pendukung dan tentunya nggak mengubah isi.

 

7. Brilio.net

Menulis di Brilio.net

Ingat Nia dan Adit Afi (Akademi Fantasi Indonesia)? Kini mereka telah berbahagia punya 2 buah hati. Seringkali saya membaca berita dari Brilio.net yang di-share teman-teman melalui FB tentang kehidupan terbaru artis yang dulu pernah naik daun. Cukup sering memang berita serupa muncul. Lama-lama saya jadi penasaran, sebenarnya apa sih, Brilio ini?

 

Ternyata, Brilio nggak hanya menyajikan kabar seputar artis saja. Ada beragam informasi yang bisa diperoleh melalui situs ini. Berita baiknya, ternyata Brilio juga memiliki platform UGC dengan nama brilio.creator. Ternyata nggak hanya tentang tulisan saja, kamu bisa mengirimkan foto dan video. Nah, jadi kesempatan eksis di sini nggak hanya terbuka untuk penulis saja, tapi juga kreator foto dan video. Ntap!

 

Adapun segmen pembaca Brilio adalah millenial usia 18-35 tahun. Agar tulisan kamu dilirik brilio, tulislah isu yang berpotensi viral. Jadi, Brilio memiliki 32 kategori konten, di antaranya kategori selebritis (semua kisahnya), kategori wow (bikin takjub), kategori duh (yang bikin miris, tragis), kategori ngakak (yang membuat orang tertawa).

 

Nah, usahakan konten yang akan kamu kirimkan ke Brilio memuat 4 kategori konten yang sudah populer tersebut, ya. Kamu juga bisa mengirim untuk kategori cinta, kuliner, music, dan fashion.

 

Buat kamu yang udah nggak sabar, saya kasih tahu cara mengirimkannya, ya! Pertama, akses creator.brilio.net. Setelah di submit, konten akan mengalami proses kurasi oleh tim editorial. Jika diterima konten akan masuk ke halaman creator di situs brilio.net. informasi nih, buat kamu. Setiap hari ada beberapa konten/artikel dari Content Creator yang beruntung masuk ke halaman utama situs brilio.net, lho!

 

Nah, setelah itu siap-siap aja kamu jadi terkenal lewat kontenmu yang jadi viral. Hehe. Oh ya, buat konten yang terpilih masuk ke halaman utama brilio.net, akan mendapatkan uang sebesar Rp200 ribu yang ditransfer melalui bank. Siapa tahu kamu yang beruntung!

 

Artikel terkait: Menulis selain hobi, juga bisa menambah penghasilan

  1. 5 Pekerjaan Freelance yang Bisa Kamu Lakoni Sambil Nunggu Panggilan Kerja
  2. 6 Cara Cari Uang Masa Kini, Anak Muda Melek Teknologi Pasti Ngerti!
  3. Tahukah Kamu 5 Hobi Receh ini Bisa Menghasilkan Uang Banyak!

 

Sebenarnya, selain 7 media di atas juga masih banyak lagi media yang bisa dijadikan wadah untuk publikasi tulisanmu. Sering-seringlah menjalin komunikasi melalui komunitas media tersebut agar hobi menulismu tersalurkan, ya. Selamat mencoba!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.


Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, Ajukan pinjamanmu di sini sekarang!


 

TRI PUSPITASARITRI PUSPITASARI