SWARA – Sebentar lagi, film animasi terbaru dari Disney akan segera tayang di seluruh dunia. Film itu berjudul Raya and The Last Dragon, sebuah animasi yang mengangkat latar budaya Asia Tenggara ke dalam alur cerita utamanya. 

 

Film ini menjadi salah satu film Disney yang paling dinanti-nantikan tahun ini. Selain karena adanya keunikan budaya Asia Tenggara, film ini juga menjadi film animasi Disney pertama tahun ini yang ditayangkan secara serentak lewat layanan streaming Disney+.

 

Penggemar film Walt Disney Animation Studios di Indonesia bisa menonton film Raya and The Last Dragon pada tanggal 5 Maret 2021 di Disney+ Hotstar. 

 

Alur Cerita dan Karakter Raya and The Last Dragon

 

Dikutip dari Kompas, film ini bercerita tentang seorang kesatria perempuan bernama Raya. Sepanjang film, Raya akan berjuang untuk mempersatukan rakyatnya yang ada di tanah Kumandra. 

 

Raya ditemani seekor naga terakhir bernama Sisu. Tidak seperti karakter naga di legenda pada umumnya, Sisu justru berukuran kecil dan sering bertingkah lucu.

 

Kelucuan karakter Sisu juga sudah bisa dilihat di trailer film Raya and The Last Dragon yang sudah beredar sejak beberapa bulan lalu. Hal inilah yang menjadi daya tarik baru, membuat film ini semakin dinanti-nantikan.

 

 

Raya, sebagai karakter utama, diperankan oleh aktris Kelly Marie Tran. Sementara, Sisu akan diperankan oleh aktris sekaligus komedian Awkwafina.

 

Dilansir dari Tribunnews, menurut Kelly Marie, karakter Raya berbeda dengan karakter tokoh utama perempuan dalam film Disney sebelumnya. Raya memiliki sifat yang berani dan lucu, sehingga bisa menjadi inspirasi bagi banyak perempuan. 

 

Raya juga diprediksi akan menjadi karakter Disney princess terbaru. Namun, hal ini masih belum bisa dipastikan sampai filmnya bisa ditonton 5 Maret 2021 nanti.

 

Keunikan Budaya Indonesia dalam Raya and The Last Dragon

 

Secara keseluruhan, film ini mengangkat banyak budaya dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Indonesia termasuk sebagai salah satunya. 

 

Ketika menonton film ini, kamu bisa melihat adanya sejumlah budaya Indonesia yang diadaptasi ke dalam cerita. Beberapa di antaranya adalah wayang kulit, silat, dan musik gamelan. 

 

Instrumen gamelan dimasukkan ke dalam original soundtrack film. Gamelan ini dikombinasikan dengan sejumlah alat musik lain dari negara di Asia Tenggara, yaitu Laos, Thailand, dan Myanmar. 

 

Selain itu, ciri khas negara-negara Asia Tenggara juga bisa kamu lihat di sepanjang film dari segi warna, motif, arsitektur, makanan, hingga nilai dan adat istiadat. Bahkan, karakter Raya sendiri memiliki warna kulit dan fitur wajah yang menyerupai orang-orang di Asia Tenggara. 

 

Selama ini, Disney belum pernah membuat animasi film dengan keunikan budaya yang seperti ini. Dengan adanya film Raya and The Last Dragon, budaya-budaya di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, bisa semakin dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia. 

 

Di Indonesia, soundtrack berjudul ‘Lead the Way’ akan dibawakan ke dalam versi Indonesia oleh penyanyi dangdut Via Vallen. Lagu tersebut diadaptasi ke judul ‘Kita Bisa’.

 

Dilansir dari Kumparan, meskipun film baru akan ditayangkan pada tanggal 5 Maret, lagu ‘Kita Bisa’ versi Via Vallen sudah bisa didengarkan dari tanggal 26 Februari 2021. Kamu bisa mengaksesnya lewat berbagai macam layanan digital streaming platform. 

 

Produksi Raya and The Last Dragon Selama Pandemi

 

Menurut Detik, produksi film ini pertama kali dimulai tepat ketika pandemi virus corona melanda dunia. Karena adanya lockdown di berbagai negara, Walt Disney Animation Studios mengerjakan seluruh produksi dari rumah. 

 

Hal ini tentu menjadi tantangan besar bagi para animator. Apalagi, film ini merupakan film animasi yang cukup banyak menarik perhatian penggemar Disney di seluruh dunia. 

 

Karena pengerjaan yang dilakukan secara terpisah di rumah masing-masing, para animator mengalami sedikit kendala dalam hal memastikan kesamaan cahaya dan warna di layar. Namun, meskipun ada kendala, film ini tetap berhasil diproduksi sampai selesai dengan tepat waktu.

 

Kamu bisa mempersiapkan diri untuk menyaksikan film animasi Raya and The Last Dragon pada tanggal 5 Maret 2021 nanti. Pastikan kamu sudah memiliki akun dan berlangganan di aplikasi streaming Disney+ Hotstar.