SWARA – Samsung Galaxy A02S adalah smartphone pertama yang diluncurkan oleh Samsung di tahun 2021. Kehadiran smartphone ini sudah dinantikan oleh banyak penggemar Samsung di Indonesia sejak akhir tahun lalu.

 

Sama seperti smartphone Samsung dalam seri A lainnya, Galaxy A02S juga dijual dengan harga yang relatif terjangkau, hanya sekitar Rp1 jutaan. Lalu, seperti apa sih spesifikasi dari smartphone Samsung keluaran terbaru ini?

 

Spesifikasi Samsung Galaxy A02S

 

Meskipun harganya tidak jauh berbeda dari seri A sebelumnya, yaitu Galaxy A01, smartphone ini memiliki beberapa perbedaan dari segi spesifikasi. Berikut ini spesifikasi umum Samsung Galaxy A02S:

 

  • Resolusi layar dan kamera

 

Ukuran layar smartphone ini sebesar 6,5 inci dengan resolusi HD plus. Mengutip Kompas, terdapat empat kamera yang disediakan di smartphone ini. Dari empat kamera tersebut, tiga di antaranya berada di belakang, sementara satu lagi menjadi kamera depan.

 

Kamera utamanya memiliki resolusi 13 MP, didampingi dengan kamera beresolusi 2 MP sebagai kamera makro. Kemudian, ada juga kamera live focus 2 MP.

 

Sementara, di bagian depannya, resolusi kamera selfie sebesar 5 MP. Kamera depan ini berada di notch atau “poni” pada layar ponsel. 

 

  • Chipset dan memori

 

Dilansir dari Kontan, Galaxy A02S menggunakan chipset Snapdragon 450, dengan GPU Adreno 506, dan OS Android 10. Selain itu, smartphone ini juga dijual dalam dua versi dengan kapasitas memori yang berbeda. 

 

Memori Galaxy A02S tersedia dalam kapasitas 3 GB RAM & 32 GB ROM, serta 4 GB RAM & 64 GB ROM. Kamu juga bisa menambahkan memori eksternal MicroSD dengan kapasitas sampai dengan 1 TB.

 

  • Baterai dan fitur lainnya

 

Galaxy A02S memiliki daya tahan baterai mencapai 5.000 mAh. Baterai ini juga dilengkapi dengan fitur fast charging sebesar 15W.

 

Ada juga tambahan fitur pendukung lainnya pada smartphone ini, seperti fitur audio jack 3,5mm, USB type C, serta Dual SIM. Jadi, kamu bisa menggunakan dua nomor di smartphone ini.

 

Ketersediaan Samsung Galaxy A02S di Indonesia

 

Sebelumnya, Galaxy A02S telah lebih dulu dirilis di negara-negara lain di Eropa pada akhir tahun lalu. Di tahun 2021, seri smartphone ini akhirnya resmi masuk ke Indonesia pada awal Januari.

 

Galaxy A02S sudah bisa dipesan oleh pengguna Indonesia melalui situs resmi Samsung Indonesia sejak tanggal 4 Januari 2021 lalu. Pada tanggal 4-6 Januari, diadakan flash sale untuk smartphone ini di situs resmi serta sejumlah e-commerce resmi.

 

Meskipun masa flash sale sudah lewat, kamu tetap sudah bisa mendapatkan smartphone ini secara resmi. 

 

Terdapat tiga pilihan warna untuk smartphone ini, yaitu black, white, dan navy. Untuk harganya, Galaxy A02S bisa kamu dapatkan dengan Rp1,799 juta untuk varian 3GB/32GB dan Rp1,999 Juta untuk varian 4GB/64GB. 

Bagi kamu yang berencana untuk mengganti gadget baru, Samsung Galaxy A02S bisa menjadi pilihanmu di tahun 2021 ini. Dengan harga terjangkau, kamu sudah bisa mendapatkan smartphone canggih dengan teknologi mumpuni.