SWARA – Sejak dunia dilanda pandemi, berbagai kegiatan dialihkan ke ranah digital. Perusahaan-perusahaan pun memanfaatkan layanan meeting online untuk tetap menjalin komunikasi selama work from home. Di antara sejumlah layanan yang tersedia, Zoom menjadi salah satu layanan meeting online yang cukup populer di kalangan masyarakat.

 

Sebenarnya, Zoom telah ada sejak tahun 2013. Beberapa lembaga pendidikan dan perusahaan dunia telah memanfaatkan aplikasi tersebut untuk berkomunikasi secara daring. Akan tetapi, aplikasi ini semakin populer sejak pandemi melanda. 

Mengenal Layanan Meeting Online Zoom

 

Zoom merupakan penyedia layanan konferensi video. Tidak hanya meeting online, Zoom juga bisa digunakan untuk webinar, live chat, dan konferensi. Seluruh aktivitas pada aplikasi Zoom menggunakan jaringan cloud, yaitu pengolahan data yang berbasis internet. 

 

Sejak pertama kali diluncurkan, Zoom telah mengalami perkembangan dan menyediakan berbagai macam fitur yang semakin lengkap. Terdapat dua jenis Zoom yang biasanya digunakan untuk keperluan pekerjaan, yaitu Zoom Meetings dan Zoom Rooms.

 

Zoom Meetings digunakan untuk mengadakan rapat jarak jauh. Setiap pemilik akun yang menghadiri rapat memiliki kebebasan untuk berinteraksi dengan peserta rapat lainnya, baik melalui video maupun audio. 

 

Berbeda dengan Zoom Meetings, Zoom Rooms lebih banyak digunakan sebagai sarana konferensi untuk menampung lebih banyak peserta dengan berbagai fitur tambahan. Karena fitur tambahannya, kamu harus membayar untuk bisa menggunakan Zoom Rooms. 

 

Selain perbedaan pada dua jenis Zoom, secara keseluruhan Zoom memiliki fitur yang bisa didapatkan oleh semua pengguna, yaitu: 

 

 

  • Meeting online one-on-one, memungkinkan kamu untuk melakukan interaksi satu per satu tanpa batas menggunakan layanan Zoom gratis.

 

 

  • Konferensi video grup, mampu menampung hingga 500 peserta jika menggunakan paket Zoom berbayar.

 

 

  • Screen sharing, membagikan tampilan layar agar kamu dan peserta yang lain bisa melihat pada satu layar yang sama.

 

 

Dibandingkan dengan penyedia layanan meeting online lainnya, Zoom memiliki beberapa kelebihan, yaitu fitur-fitur yang tidak ditemukan pada layanan lainnya. Fitur-fitur tersebut berupa penjadwalan waktu meeting yang cepat dan mudah, biaya berlangganan yang murah, serta bisa diakses dalam berbagai platform, seperti desktop ataupun mobile

 

Akan tetapi, Zoom juga memiliki sejumlah kekurangan, salah satunya adalah penggunaannya yang membutuhkan koneksi internet cepat. Saat koneksi internetmu lambat, kamu akan kesulitan untuk mengakses Zoom. 

Perkembangan Zoom Selama Pandemi

 

Zoom bukanlah satu-satunya penyedia layanan meeting online yang bisa diakses secara gratis. Masih ada beberapa aplikasi dengan manfaat sejenis, namun dengan fitur yang berbeda. 

 

Selama masa pandemi, nama Zoom semakin meroket dan jumlah penggunanya pun semakin bertambah. Pada April 2020, pengguna Zoom melonjak hingga tiga kali lipat. Saat puncaknya, pengguna Zoom per harinya mencapai lebih dari 300 juta pengguna yang hadir dalam pertemuan virtual. Selain itu, jumlah pengguna yang mulai menggunakan paket Zoom berbayar bertambah hingga lebih dari tiga kali lipat. 

 

Perkembangan Zoom yang semakin ramai digunakan membuat Zoom menjadi sasaran untuk pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Misalnya April lalu, beredar informasi mengenai kebocoran data privasi dari Zoom yang membuat konferensi daring di Zoom terbajak oleh orang-orang tak dikenal. 

 

Lemahnya keamanan Zoom cukup mengkhawatirkan banyak pengguna. Akan tetapi, hingga saat ini, masih banyak perusahaan-perusahaan dan institusi pendidikan dunia yang memanfaatkan zoom untuk menyelenggarakan pertemuan secara daring di tengah situasi pandemi. 

 

Tips Menggunakan Zoom untuk Meeting Online Efektif 

 

Jika kamu termasuk sebagai salah satu pengguna Zoom yang cukup sering melakukan aktivitas online, kamu mungkin bisa mengikuti beberapa tips berikut ini untuk menggunakan Zoom dengan efektif: 

 

  • Menggunakan fitur rekam

 

Saat mengakses Zoom, kamu bisa menggunakan fitur rekam pada tombol record yang tersedia di layar. Fitur tersebut akan membantumu untuk merekam meeting yang penting. Dengan merekam meeting, kamu bisa kembali mengakses video meeting tersebut di kemudian hari untuk mengingat kembali mengenai topik yang didiskusikan dengan rekan kerja. 

 

  • Matikan suara saat tidak bicara

 

Salah satu hambatan ketika berkomunikasi melalui meeting online adalah saat kamu dan rekan kerjamu berbicara di saat yang bersamaan. Untuk menghindari hal ini, jangan lupa untuk mematikan suaramu menggunakan tombol mute, kecuali saat kamu sedang mendapat giliran untuk berbicara.

 

  • Memanfaatkan virtual background

 

Zoom menyediakan fitur khusus untuk memasang virtual background pada videomu. Jika kamu berada di ruangan yang berantakan atau ramai, kamu bisa menggunakan fitur tersebut agar pengguna lainnya tidak melihat background ruanganmu. Selain membuat videomu terlihat lebih rapi, fitur ini juga membantu agar fokus peserta meeting yang lain tidak tertuju pada background videomu. 

 

  • Menggunakan fitur screen sharing 

 

Agar meeting online yang kamu jalankan terasa seperti saat meeting secara offline, kamu bisa memanfaatkan fitur screen sharing dengan membagikan materi presentasi yang akan kamu bawakan. Dengan begitu, peserta meeting lainnya bisa turut melihat apa yang sedang kamu lihat. Gunakan pilihan pause share jika kamu ingin membuka layar lain di laptop tetapi tidak ingin dilihat oleh peserta lainnya. 

Sama seperti penyedia layanan meeting online lainnya, Zoom dilengkapi dengan sejumlah fitur yang memberi keuntungan, tapiyo juga tidak terlepas dari kekurangan. Jika kamu dan perusahaan rutin melakukan rapat dalam jumlah besar, aplikasi Zoom bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu.